Orang Indonesia Juara Jualan di Facebook dan Instagram se-Asia

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Senin, 24 September 2018 13:30
Orang Indonesia Juara Jualan di Facebook dan Instagram se-Asia
Mana lebih banyak dipakai orang Indonesia, Facebook, Instagram, atau WhatsApp?

Dream - Untuk urusan jualan online, netizen Indonesia patut berbangga diri. Para pelapak asal Indonesia sejajar dengan warganet dari negara tetangga di kawasan Asia dalam urusan berjualan di media sosial (Medson).

Temuan menggembirakan itu diperoleh Paypal yang menemukan fakta para pedagang Indonesia cukup banyak menggunakan jasa jual beli online. Ada 80 persen pedagang di Indonesia yang menjual barang dagangannya di Medsos.

Dilansir dari laman Paypal, Senin 24 September 2018, perusahaan ini bekerja sama dengan Blackbox dan meneliti empat konsumen di tujuh pasar di Asia, yaitu Tiongkok, Hong Kong, India, Singapura, Thailand, Filipina, dan Indonesia.

Mereka juga mewawancarai 1.400 merchant di pasar-pasar tersebut. Mereka ingin mengetahui pemahaman konsumen dan merchant tentang platform medsos dan pembayaran digital.

Salah satu isi laporan Asia Social Commerce Report adalah jumlah penjual yang berjualan online. Secara keseluruhan, ada 80 persen penjual di Asia yang menggunakan medsos untuk berjualan. 

Dari jumlah pedagang yang menggunakan jasa Medson, pelapak Indonesia tercatat memiliki penjualnya paling banyak keempat memanfaatkan medsos untuk jualan. Jumlahnya ada 80 persen.

Porsi pelapak Indonesia yang menggunakan jasa online ini memang angkanya berada di bawah Thailand yang mencapai 92 persen dan Filipina 87 persen. Namun pelapak Indonesia hanya terpaut 1 persen di bawah Tiongkok yang memiliki raksasa e-Comerce Alibaba sebesar 81 persen.

1 dari 2 halaman

Medsos Mana yang Jadi Favorit?

Facebook menjadi platform sosmed favorit yang digunakan oleh berbelanja. Indonesia menjadi negara kedua di Asia yang menggunakan Facebook untuk berjualan.

Sebanyak 92 persen penjual di Indonesia memanfaatkan medsos besutan Mark Zuckerberg untuk mempromosikan jualannya.

Untuk WhatsApp, lagi-lagi Indonesia menjadi negara yang penjualnya terbanyak kedua menggunakan aplikasi ini untuk berdagang, yaitu 76 persen. Posisi Indonesia berada di bawah India yang mencapai 83 persen.

Sementara Instagram, Indonesia jadi jawaranya. Sebanyak 72 persen penjual di Indonesia memanfaatkan platform ini untuk berdagang.

2 dari 2 halaman

Facebook Messenger Kurang Dilirik

Asia Social Commerce Report juga memasukkan Facebook Messenger sebagai platform yang digunakan untuk berjualan. Tapi, Facebook Messenger kurang diminati oleh penjual di Indonesia.

Hanya 49 persen pedagang di Indonesia yang memanfaatkan aplikasi ini untuk berjualan. Angka ini menjadi Indonesia sebagai negara keenam di Asia yang penjualnya memanfaatkan platform ini untuk berjualan.

Beri Komentar