9 Manfaat Kucing sebagai Hewan Peliharaan, Cocok Jadi Sahabat dan Jaga Kesehatan Mental

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Jumat, 22 April 2022 19:47
9 Manfaat Kucing sebagai Hewan Peliharaan, Cocok Jadi Sahabat dan Jaga Kesehatan Mental
Kucing adalah hewan yang ideal yang bisa dipelihara dan mampu meningkatkan kebahagiaan.

Dream – Kucing menjadi salah satu binatang yang banyak dipelihara. Dengan polahnya lucu dan menggemaskan, kucing cocok sekali menjadi sahabat manusia. Cara perawatan maupun pemeliharaan kucing juga tidak terlalu sulit juga karena bisa dilakukan di rumah. Sahabat Dream hanya perlu memerhatikan kebersihan kucing dengan memandikan secara rutin dan memberi makanan secara rutin.

Selain menggemaskan, manfaat kucing juga baik bagi kesehatan manusia, terutama kesehatan mental. Mungkin hal ini tidak banyak diketahui orang, tetapi bisa saja pengalaman ini dirasakan oleh sahabat Dream yang memelihara kucing di rumah.

Misalnya saja setelah kamu pulang bekerja atau sekolah, lalu sampai rumah melihat kucingmu dengan semangat berlari menuju ke arahmu. Saat itu juga rasa lelahmu terasa hilang, bahkan kamu tidak sabar ingin segera menggendongnya dan mengajak bermain.

Nah, berikut adalah beberapa manfaat kucing sebagai hewan peliharaan yang perlu kamu ketahui sebagaimana telah dirangkum Dream melalui merdeka.com.

1 dari 3 halaman

Manfaat Kucing sebagai Hewan Peliharaan

Manfaat Kucing sebagai Hewan Peliharaan© Unsplash.com

Meredakan Stres dan Kecemasan

Manfaat kucing yang pertama adalah bisa meredakan stres dan kecemasan. Saat sahabat Dream mengelus lembut kucing dan bermain dengannya, maka hal ini akan melepaskan semua zat kimia yang ada di otak. Selain itu, ada juga bukti lain yang menyatakan bahwa dengkuran dari kucing bisa membantu untuk menurunkan tekanan darah dan mengendurkan sistem saraf.

Jadi, tak mengherankan jika kucing menjadi binatang yang banyak dipelihara karena memang tidak terlalu sulit merawatnya. Jika perawatannya sulit, hal inilah yang biasanya bisa membuat pemiliknya merasa stres.

Meredakan Rasa Sepi

Bagi sebagian orang, rasa sepi menjadi momen yang sangat membosankan. Selain manusia, sahabat Dream bisa bersahabat dengan kucing yang ampuh untuk meredakan rasa sepimu. Apalagi kucing adalah hewan yang penyayang dan cocok sekali menjadi sahabatmu.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Austria membuktikan bahwa memelihara kucing hampir sama dengan memiliki pasangan yang romantis. Ada interaksi yang baik antara manusia dan kucing. Dengan begitu, manusia tidak akan merasa kesepian, bahkan bisa memberikan semangat.

Meningkatkan Kebahagiaan

Manfaat kucing berikutnya adalah bisa meningkatkan kebahagiaan. Bahkan hal tersebut sudah dilakukan penelitian dan membuktikan bahwa kucing cenderung memiliki kesehatan psikologis yang lebih baik daripada orang yang tidak memiliki hewan peliharaan. Apalagi saat sahabat Dream merawat dan bermain dengan kucing, maka akan ada rasa puas yang kamu rasakan.

2 dari 3 halaman

Manfaat Kucing sebagai Hewan Peliharaan

Manfaat Kucing sebagai Hewan Peliharaan© Unsplash.com

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Penyakit jantung menjadi salah satu penyakit berbahaya yang bisa merenggut nyawa. Namun hebatnya, memelihara kucing di rumah ternyata bisa menurunkan risiko penyakit jantung. Hal ini karena kucing mampu menurunkan tingkat stres dan mengurangi dari risiko penyakit kardiovaskular, seperti penyakit stroke dan jantung.

Kemudian dalam sebuah studi membuktikan bahwa orang yang memelihara kucing akan lebih kecil kemungkinannya meninggal disebabkan oleh serangan jantung daripada orang yang tidak memiliki kucing.

Mendukung Pulihnya Penyakit Mental

Manfaat kucing yang tak kalah istimewa adalah bisa mendukung pulihnya penyakit mental seperti depresi dan PTSD. Memelihara kucing bisa membantu untuk lebih bisa mengelola emosi dan mengalihkan perhatian dari gejala penyakit mental.

Selain itu, memelihara kucing juga membuat pemiliknya seperti ada tujuan. Di mana ia harus merawat kucing tersebut dengan baik. Sehingga ini bisa meredakan gejala depresi ringan.

Mencegah Alergi

Manfaat kucing berikutnya adalah bisa mencegah dari alergi. Di mana kucing mampu membantu anak-anak untuk mengatasi alergi, bahkan bulu kucing dianggap sebagai alergi umum.

Memelihara kucing sejak kecil, hal ini justru akan membuat seseorang bisa mengembangkan sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat pada alergi kucing dan jenis alergi lainnya. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2002 silam, membuktikan bahwa anak-anak yang berusia di bawah satu tahun, lebih kecil kemungkinannya untuk bisa mengembangkan alergi setelah terkena kucing.

3 dari 3 halaman

Manfaat Kucing sebagai Hewan Peliharaan

Manfaat Kucing sebagai Hewan Peliharaan© Unsplash.com

Meningkatkan Kualitas Tidur

Manfaat kucing berikutnya adalah bisa meningkatkan kualitas tidur. Hal ini telah dilakukan penelitian dan membuktikan bahwa pemilik kucing lebih suka tidur dengan kucing dibanding dengan pasangannya karena mereka bisa tidur lebih nyenyak. Oleh karena itulah, tidur bersama kucing bisa memberimu kenyamanan dan membuat tidurmu lebih berkualitas.

Menjadi Terapi di Masa Sulit

Penyakit mental bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Penyembuhannya pun tidaklah mudah, bahkan membutuhkan kesabaran dan waktu yang cukup lama. Namun, kucing mampu memberikan terapi yang baik untuk mengatasi penyakit mental atau pun mereka yang baru saja mengalami kehilangan.

Kucing bisa memberikan efek terapi yang ringan dan berfungsi memberikan dukungan secara emosional yang sederhana ketika melalui masa-masa sulit. Jadi, memelihara kucing tidak bisa dianggap sederhana. Ada efek yang sangat besar di baliknya, terutama dari sisi kesehatan mental.

Membangun Kebiasaan Sehat

Memelihara kucing juga bisa membangun kebiasaan yang sehat. Di mana sebagai makhluk hidup, kucing haruslah dirawat dengan baik dan diberika makan secara rutin. Rutinitas inilah yang membuat manusia memiliki tanggung jawab di dalam hidupnya meskipun suasana hati setiap waktu kerap mengalami perubahan.

Tanggung jawab itulah yang membuat mereka memiliki alasan kuat untuk menetapkan waktu kapan harus memandikan kucing, memberi makan, dan mengajaknya bermain. Hal ini juga berdampak pada diri kita sendiri agar selalu ingin untuk merawat diri.

Beri Komentar