Pandemi Belum Berakhir, Sangat Penting Konsumsi Vitamin E untuk Jaga Imunitas Tubuh

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya
Jumat, 18 Februari 2022 12:36
Pandemi Belum Berakhir, Sangat Penting Konsumsi Vitamin E untuk Jaga Imunitas Tubuh
Yuk jaga imunitas tubuh dengan optimalkan fungsi B-cell dan T-cell

Dream - Pandemi Covid-19 sudah berlangsung selama dua tahun. Namun pandemi belum menunjukkan akan berakhir karena virus corona terus bermutasi. Varian Omicron merupakan mutasi yang perlu diwaspadai karena tingkat penularannya tinggi.

Menjaga imunitas tubuh menjadi kunci penting untuk terus sehat di masa pandemi. Karena sistem imun yang diproduksi dalam tubuh memiliki sistem kekebalan yang fokus pada zat asing tertentu, yang dinamakan B-Cell dan T-Cell, dengan salah satu fungsinya adalah memproduksi antibodi.

Ferdike Yunuri Nadya/ Dream© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

“ B-Cell berfungsi sebagai garda penting memerangi patogen berbahaya yang akan masuk ke dalam tubuh, termasuk virus,” jelas Prasna Pramita, dokter spesialis penyakit dalam, pada konferensi virtual Natur-e Nyaman Berakvitias di Tengah Varian Omicron, Rabu 16 Februari 2022.

Prasna juga menjelaskan bahwa T-Cell melakukan fungsinya sebagai sel yang memerangi sumber penyakit dalam jangka waktu yang lebih lama. T-Cell akan lebih lama mengingat dan mengenali patogen berbahaya. Kedua sel ini sangat penting dalam pertahanan kekebalan tubuh kita.

1 dari 6 halaman

Optimalkan B-Cell dan T-Cell

Salah satu cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh adalah dengan menjalankan gaya hidup sehat seperti mengonsumsi nutrisi seimbang.

Ferdike Yunuri Nadya/ Dream© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

Apabila asupan nutrisi kurang seimbang dalam mengoptimalkan sistem kekebalan tubuh, mengonsumsi suplemen yang tepat bisa menjadi solusi dalam menjaga kondisi tubuh kita, dan juga sel-sel yang berperan menjaganya.

“ Dari beberapa penelitian, Vitamin E berperan penting dalam mengoptimalkan kondisi B-Cell dan T-Cell,” tambah Prasna.

2 dari 6 halaman

Fungsi Vitamin E

Tubuh membutuhkan asupan suplemen, salah satunya Vitamin E untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk memerangi bakteri dan virus yang datang.

Selain itu Vitamin E juga membantu melebarkan saluran vena darah yang dapat menghindari risiko pengentalan serta dibutuhkan sel tubuh untuk berinteraksi satu sama lain dalam menjalankan fungsinya.

Salah satu suplemen Vitamin E yang dapat dijadikan pilihan adalah Natur-E, suplemen Vitamin E yang diproduksi dari bahan alami serta mengandung ekstrak biji bunga matahari dan antioksidan yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas di dalam tubuh.

Ferdike Yunuri Nadya/ Dream© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

“ Natur-E adalah suplemen vitamin E yang dibuat dari bahan alami seperti ekstrak biji bunga matahari serta bahan-bahan alami lainnya yang berfungsi sebagai antioksidan di antaranya astaxanthin dan glutathione. Kami berharap Natur-E dapat melengkapi asupan nutrisi harian yang dibutuhkan oleh keluarga Indonesia,” jelas Widya Wulandari, Brand Manager Natur-E.

Natur-E memiliki empat varian yang dapat dipilih sesuai kebutuhan dan golongan usia.

Doc Natur-e© Doc Natur-e

“ Pilihlah jenis suplemen dan produk perawatan tubuh topikal dengan bijak, karena Anda harus memastikan bahwa merek yang anda pilih nantinya telah melewati serangkaian tes yang menyeluruh dengan kualitas kontrol yang baik,” tambah Widya.

3 dari 6 halaman

5 Manfaat Vitamin E untuk Kesehatan Kulit dan Rambut

Dream - Selain vitamin C, vitamin E juga seringkali ditemukan dalam bentuk suplemen dan produk lainnya.

Vitamin E memiliki berbagai manfaat untuk tubuh, terutama kulit. Dilansir dari Times of India, berikut manfaat vitamin E untuk kecantikan kulit dan rambut.

Pertumbuhan Kuku

Kuku Bersih© Shutterstock.com

Terlepas dari kesehatan kulit, kukumu juga perlu perawatan. Apalagi, jika terbiasa menyuci alat makan maupun pakaian. Kukumu bisa menggning dan rusak.

Jika ingin kuku yang lebih kuat, konsumsi vitamin E di malam hari agar kukumu mendapatkan kelembapan maksimal.

4 dari 6 halaman

Pelembab Wajah dan Rambut

Krim Wajah© Shutterstock.com

Vitamin E oil bisa menjaga kelembapan wajah. Terutama jika digunakan sebelum tidur. Kamu bisa menggunakan vitamin E oil sebagai pengganti serum. Aplikasikan 30 menit sebelum tidur agar serumnya menyerap sempurna.

Rambut Sehat© Shutterstock.com

Jika ingin mempercepat pertumbuhan rambut, campurkan vitamin E oil dengan minyak rambut yang biasa kamu gunakan. Pijat rambut menggunakan campuran tersebut dan biarkan selama 2-3 jam.

Bilas dan cuci rambut menggunakan sampo serta air hangat. Lakukan ini dua kali seminggu secara rutin dan kamu akan me?ihat hasilnya setelah 2-3 kali pemakaian.

5 dari 6 halaman

Anti Penuaan

Awet Muda© Shutterstock.com

Kandungan antioksidan dan kemampuan untuk memperlancar peredaran darah pada vitamin E, dapat mencegah tanda penuaan seperti kerutan serta garis halus. Memijat wajah dengan vitamin E juga akan membuat kulit lebih kenyal dan glowing.

 

6 dari 6 halaman

Mencegah Kulit Terbakar

Beraktivitas di Bawah Sinar Matahari© Shutterstock.com


Gunakan vitamin E oil untuk mencegah kulit terbakar akibat sinar matahari. Terutama, jika kulitmu sensitif. Vitamin E oil juga mampu mengatasi kulit kering dan mengelupas.

Jika kulitmu terlanjur terbakar, campur vitamin E oil dengan cooling cream atau aloe vera gel yang telah disimpan di dalam kulkas. Gunakanlah campuran tersebut setelah beraktivitas di bawah sinar matahari.

 

Beri Komentar