Sebaiknya Hindari Minum Teh Saat Haid, Ini Alasannya

Reporter : Mutia Nugraheni
Rabu, 22 Juni 2022 09:36
Sebaiknya Hindari Minum Teh Saat Haid, Ini Alasannya
Ada beberapa alasan yang mungkin selama ini tak kamu ketahui.

Dream - Teh termasuk minuman favorit untuk memulai dan menutup hari. Bisa diminum hangat atau pun dingin sebagai penyuntik semangat. Manfaatnya bagi kesehatan pun cukup banyak, tapi ternyata tidak dianjurkan untuk wanita yang sedang haid.

Bagi Sahabat Dream yang rutin minum teh, ketika datang bulan sebaiknya hindari dulu untuk mengonsumsinya. Ada beberapa alasan yang mungkin selama ini tak kamu ketahui. Berikut beberapa sebabnya, dikutip dari KlikDokter.com

1. Anemia
Darah yang keluar saat haid perlu diganti alias diproduksi ulang oleh tubuh. Satu-satunya cara agar tubuh mampu memproduksi sel darah merah adalah dengan memenuhi kebutuhan zat besi harian.

Jika kamu minum teh saat haid, penyerapan zat besi dari makanan ke tubuh akan terganggu akibat zat tanin di dalamnya. Akibatnya, pembentukan sel darah merah yang baru pun ikut terganggu. Apabila dibiarkan, risiko kamu terkena anemia atau kurang darah akan meningkat.

 

1 dari 1 halaman

2. Gangguan Suasana Hati

Teh mengandung kafein yang cukup tinggi. Terlalu banyak mengonsumsi kafein saat haid dapat meningkatkan risiko gangguan kecemasan, stres, dan gelisah. Dengan kata lain, konsumsi teh saat haid malah bikin suasana hati atau mood kamu semakin berantakan.

Tak Banyak Orang Tahu, Ini Bahaya Minum Teh Saat Perut Kosong© MEN

3. Perut Kembung
Kadar hormon yang naik turun saat haid dapat menyebabkan perut kembung dan mual. Ini karena hormon estrogen yang meningkat turut mempengaruhi reseptor estrogen di perut, sehingga menghasilkan banyak gas. Minum teh dapat memperparah kondisi tersebut.

4. Mual
Jika kamu minum teh saat haid, kandungan tanin di dalamnya dapat mengiritasi jaringan saluran pencernaan. Alhasil, rasa tidak nyaman di perut akan semakin bertambah. Selain itu, minum teh saat haid juga bisa keluhan mual. Bila terjadi mual dan tetap minum teh, malah bisa semakin parah.

Penjelasan selengkapnya baca di sini.

Beri Komentar