Uniknya Scarf Berdesain Bangunan Sejarah Jakarta Tempo Dulu, Bikin Nostalgia

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya
Selasa, 9 November 2021 12:12
Uniknya Scarf Berdesain Bangunan Sejarah Jakarta Tempo Dulu, Bikin Nostalgia
Intip yuk desain di dalam koleksi Romansa Batavia ini

Dream - Hijab scarf bermotif masih jadi tren di kalangan hijabers. Beragam desain sukses mencuri perhatian para pecinta scarf. Mulai dari motif batik hingga desain karikatur yang memiliki makna tersendiri untuk para desainernya.

Doc KNW© Doc KNW

Salah satunya hijab silk dengan desain bangunan-bangunan tua Jakarta pada koleksi Romansa Batavia yang diluncurkan brand KNW. Tidak sembarang desain, gambar pada hijab ini memiliki cerita sejarah dan filosofi di dalamnya.

Doc KNW© Doc KNW

KNW juga menambahkan ornamen-ornamen, bentuk, sejarah bangunan di wilayah kota tua Jakarta dan keindahan bunga khas asli Kota Jakarta yakni Kaca Piring dan Melati Gambir pada exclusive print scarfnya.

1 dari 6 halaman

Romansa Jakarta Tempo Dulu

Koleksi scarf yang berkolaborasi dengan influencer Nasariastri ini memang ingin membawa para penggunanya bernostalgia dengan kota Jakarta tempo dulu.

Doc KNW© Doc KNW

Sahabat Dream yang suka dengan sejarah dan bangunan Jakarta tempo dulu, bisa mendapatkan koleksi Romansa Batavia ini dengan harga Rp350.000 - Rp400.000.

Scarf ini hadir dengan bentuk segi empat dan pashmina dengan warna-warna lembut seperti lilac, sage, babyblue, soft pink dan broken white. Sahabat Dream bisa mendapatkan koleksi ini pada 15 November nanti di website KNW dan e-commerce.

2 dari 6 halaman

5 Cara Memakai Kerudung Pashmina dan Segiempat, Simpel dan Modis

Dream - Busana muslimah kini sedang banyak digemari, bahkan Indonesia menjadi negara dengan konsumsi busana muslim paling banyak di dunia, lho. Baik dari segi bisnis hingga konsumennya. Tak heran kalau akhir-akhir ini semakin banyak produk kerudung dan busana muslim.

Berkembangnya bisnis busana muslim dan kerudung, didukung dengan minat konsumen. Kaum hawa kini berlomba mengenakan kerudung yang modis, tapi banyak pula yang memilih model kerudung yang simpel. Setiap perempuan punya cara memakai kerudung yang berbeda-beda.

Ada dua jenis kerudung yang cukup digemari oleh perempuan Indonesia, seperti model pashmina dan segiempat. Terlepas dari bahannya, dua jenis kerudung ini bisa dipakai dengan banyak cara. Dan, para muslimah bebas mengenakannya dengan model apapun, asal masih sesuai dengan ajaran Islam dan tidak berlebihan.

Berikut 5 cara memakai kerudung pashmina dan segiempat yang bisa dicoba di rumah. Mudah, sederhana, tetap modis, tapi masih sesuai ajaran Islam? Begini caranya.

3 dari 6 halaman

Cara Memakai Kerudung Pashmina Simpel

Jenis kerudung satu ini menjadi andalan muslimah. Selain cara memakainya yang mudah, pashmina bisa dipakai dengan banyak model dan gaya. Pilihan warna, motif, dan bahan pashmina juga beragam. Untuk Sahabat Dream yang bingung cara memakai kerudung pashmina, bisa mencoba tutorial pashmina simpel ini.

Cara Memakai Kerudung© Shutterstock

  1. Kenakan dalaman kerudung atau ciput, bisa ciput ninja atau model yang lain. Setelah itu, kenakan pashmina dengan salah satu sisi yang lebih panjang.
  2. Pasang pin atau jarum untuk menggabungkan dua sisi kerudung di bawah dagu.
  3. Ambil satu sisi yang pendek, dan angkat melalui atas kepala, sehingga berada di sisi berlawanan.
  4. Ambil sisi panjang, dan tarik melewati atas kepala, menumpuk sisi pendek.
  5. Rapikan lipatan bagian atas kepala. Lalu kaitkan pashmina dengan menggunakan jarum atau pin.
  6. Tambahkan jarum atau pin lagi, sesuaikan dengan kebutuhan agar pashmina tampak rapi.
4 dari 6 halaman

Cara Memakai Kerudung Pashmina Tanpa Jarum

Kalau cara memakai kerudung pashmina sebelumnya menggunakan jarum atau pin, tutorial satu ini akan menunjukkan cara memakai kerudung pashmina tanpa menggunakan jarum sama sekali. Penasaran bagaimana caranya?

Cara Memakai Kerudung© Shutterstock

  1. Kenakan dalaman kerudung atau ciput, bisa ciput ninja atau model yang lain. Setelah itu, kenakan pashmina dengan salah satu sisi yang lebih panjang.
  2. Sahabat Dream bebas memilih warna dan motif kerudung, bisa disesuaikan dengan pakaian atau mencoba perpaduan warna baru.
  3. Pasang pin atau jarum untuk menggabungkan dua sisi kerudung di bawah dagu.
  4. Setelah itu, ambil bagian sisi panjang pashmina. Lingkarkan mengelilingi leher, hingga ujung pashmina kembali ke depan dada.
  5. Rapikan lipatan pashmina. Sahabat Dream bisa mengikat dua ujung pashmina di depan dada, atau bisa juga membiarkannya terurai.
5 dari 6 halaman

Cara Memakai Kerudung Pashmina Menutup Dada

Bagi Sahabat Dream yang tidak percaya diri dengan model kerudung di atas, bisa mencoba cara memakai kerudung pashmina yang menurup dada ini. Selain simpel, tutorial pashmina ini akan membuat penampilan tetap modis dan syari.

Cara Memakai Kerudung© Shutterstock

  1. Kenakan dalaman kerudung atau ciput, bisa ciput ninja atau model yang lain. Setelah itu, kenakan pashmina dengan sisi sama panjang.
  2. Pasang pin atau jarum untuk menggabungkan dua sisi kerudung di bawah dagu.
  3. Ambil ujung salah satu sisi pashmina. Cukup ambil satu sudut saja, lalu tarik ke belakang leher.
  4. Kaitkan pin atau jarum, untuk menggabungkan sisi bagian bawah dengan sisi bagian atas.
  5. Setelah itu, ambil sudut sisi pashmina lainnya, dan tarik ke bahu.
  6. Kaitkan pin atau jarum, agar dua sisi pashmina menempel satu sama lain.
  7. Pastikan tidak menarik terlalu banyak bagian pashmina yang ada di depan dada, ya Sahabat Dream.
6 dari 6 halaman

Cara Memakai Kerudung Segiempat Simpel

Selain jenis kerudung pashmina, jenis kerudung segiempat juga banyak digemari oleh muslimah Indonesia. Kerudung segiempat dianggap lebih simpel dan mudah cara pemakaiannya. Walau begitu, ada banyak kreasi memakai kerudung segiempat yang bisa dicoba, salah satunya gaya simpel satu ini.

Cara Memakai Kerudung© Shutterstock

  1. Kenakan dalaman kerudung atau ciput, bisa ciput ninja atau model yang lain. Setelah itu, lipat kerudung segiempat menjadi dua bagian membentuk segitiga.
  2. Kenakan ke kepala, dan buat salah satu sisinya lebih panjang. Pasang pin atau jarum untuk menggabungkan dua sisi kerudung di bawah dagu.
  3. Setelah itu, tarik sisi panjang dan putarkan mengelilingi leher, sampai ujungnya kembali ke depan leher.
  4. Lalu, ambil bagian sisi kerudung yang pendek dari bawah dan ikatkan kedua ujung kerudung membentuk pita.
  5. Rapikan lipatan kerudung, dan siap!
Beri Komentar