Adu Gaya Celana Cingkrang Kaesang vs AHY, Keren Mana?

Reporter : Idho Rahaldi
Kamis, 7 November 2019 07:10
Adu Gaya Celana Cingkrang Kaesang vs AHY, Keren Mana?
Beredar kontroversi larangan pemakaian celana cingkrang di instansi pemerintah.

Dream - Gaya celana cingkrang kini tengah menjadi perbincangan publik. Hal ini dimulai lantaran kontroversi larangan pemakaian celana cingkrang di instansi pemerintah.

Celana cingkrang atau biasa disebut dengan cropped pants ini sering dipakai oleh anak muda. Tampilan jadi lebih praktis dan fashionable.

Makin keren jika dipadukan dengan mengenakan sepatu model loafer shoes. Banyak anak muda yang kini 'tergila-gila' dengan celana model ngatung tersebut.

Tak terkecuali putra bungsu Presiden Joko Widodo. Yup, Kaesang Pangarep kerap terlihat menggunakan celana cingkrang pada foto unggahanya di instagram.

1 dari 5 halaman

Kaesang

Dari foto berikut Kaesang terlihat tampil kasual dengan celana jeans cingkrang berwarna hitam yang dipadukan dengan kaus abu-abu.

Kaesang terlihat tengah berjalan santai bersama sang ayah. Keduanya tampak mengobrol dan mengumbar senyum.

 KaesangKaesang © dream.co.id

@kaesangp

Ternyata tak hanya Kaesang. Anak mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Agus Harimurti Yudhoyono juga tampil modis dengan celana cingkrang.

Terlihat dari unggahan akun instagramnya, @agusyudhoyono pada 9 September 2017 silam.

2 dari 5 halaman

AHY

Pada fotonya AHY terlihat modis dengan setelan jas dan celana ngantung semata kaki berwarna abu-abu.

Suami Annisa Pohan itu tampak sedang berjalan di samping sang ayah. Diketahui bahwa unggahanya itu bertepatan dengan ulang tahun SBY pada 9 September 2017 silam.

 AHYAHY © dream.co.id

@agusyudhoyono

Lewat unggahan itu AHY seraya mengucapkan selamat ulang tahun kepada SBY.

" Selamat ulang tahun untuk sang ayah.
Darimu aku belajar untuk mensyukuri setiap nikmat dan karunia Tuhan...

Menurut Sahabat Dream lebih keren mana, celana cingkrang Kaesang atau AHY? (mut)

3 dari 5 halaman

Wamenag: Larangan Cadar dan Celana Cingkrang Khusus Internal

Dream - Wakil Menteri Agama, Zainut Tauhid Sa'adi, mengatakan terdapat rencana pemberlakukan larangan penggunaan cadar dan celana cingkrang. Tetapi, larangan tersebut hanya berlaku di internal Kementerian Agama. 

" Yang pasti yang diinginkan oleh Pak Menteri itu tujuannya untuk intern, penertiban ASN (Aparatur Sipil Negara) di lingkungan Kementerian Agama," ujar Zainut di gedung MUI, Jakarta, Selasa 5 November 2019.

Zainut menjelaskan penggunaan cadar dan celana cingkrang merupakan persoalan furuiyah. Pendapat para ulama sejak dulu sudah terpecah. Ada yang mewajibkan, namun tidak sedikit menghukuminya sebatas sunah.

" Menteri sudah minta untuk pembahasan itu dihentikan, karena toh itu persoalan yang sifatnya furuiyahfuruiyah itu masalah cabang dalam agama," kata dia.

Selanjutnya, Zainut mengatakan pelarangan itu memiliki tujuan untuk pembinaan terhadap para pegawai. Hal itu sudah menjadi tugas dari pimpinan birokrasi.

" Memang sudah menjadi kewajiban dari pimpinan birokrasi, apakah itu misal di Kemenag yang bertanggung jawab untuk menertibkan tingkat disiplin pegawainya," ucap dia.

Lebih lanjut, Zainut mengatakan larangan yang sama boleh diterapkan di instansi pemerintahan lainnya. Asal, kata dia, ada persetujuan dari pimpinan tiap-tiap instansi.

" Saya kira jangan kemudian ini ditarik kepada masalah radikalisme ,masalah ekstrimisme, tidak ada kaitannya itu. Ini murni untuk penertiban di lingkungan Kemenag saja," ujar dia.

4 dari 5 halaman

Menag Akan Penuhi Panggilan DPR Soal Cadar & Celana Cingkrang

Dream - Menteri Agama, Fachrul Razi, mengaku belum mengetahui panggilan dari Komisi VIII DPR pada Kamis 7 November 2019, terkait masalah cadar dan celana cingkrang.

" Belum (tahu ada pemanggilan)," ujar Fachrul di Kementerian Agama, Jakarta, Senin 4 November 2019

Meski demikian, Fachrul menyatakan akan memenuhi panggilan itu. Menurutnya, rapat bersama DPR sudah menjadi kebiasaannya ketika masih menjadi perwira tinggi TNI.

" Kan biasa saja, saya Kasum (Kepala Staf Umum TNI) juga beberapa kali rapat di DPR," ucap dia.

Sebelumnya, Ketua Komisi VIII DPR, Yandri Susanto, menyatakan akan memanggil Fachrul terkait wacana larangan penggunaan cadar dan celana cingkrang di instansi pemerintahan.

"  Insyaallah kita akan undang pak Menteri Agama Kamis depan," kata Yandri.

Komisi VIII DPR akan menginformasi langsung landasan Fachrul ingin melarang penggunaan cadar dan celana cingkrang.

" Sebenarnya apa dasar pemikiran pak menteri melontarkan pernyataan yang menurut saya sebetulnya enggak produktif," ujar dia.

5 dari 5 halaman

Menteri PAN-RB Jelaskan Aturan ASN Bercadar

Dream - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpar-RB), Tjahjo Kumolo, menjelaskan aturan penggunaan cadar bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di kementeriannya.

" Kalau di saya (Kemenpan-RB) wajib jangan pakai cadar. Begitu ke luar kantor mau pakai cadar silakan, dia sebagai warga negara, bebas," ujar Tjahjo, dikutip dari , Senin 4 November 2019.

Menurut Tjahjo, pemakaian berbagai macam busana merupakan hak setiap warga negara. Meski demikian, ketika telah memasuki lingkungan kantor atau berdinas, tentu mengikuti aturan yang ditetapkan instansi tempanya bekerja.

" Kalau Kemenpan-RB ada segaram putih. Kalau hari-hari nasional pakai Korpri, ada baju yang lain. Hanya, kalau di kantor bagi saya ya jangan pakai cadar dong. Kalau pakai cadar ya di luar kantor silakan," ujar dia.

Meski demikian, Tjahjo menyebut pemakaian seragam dan pakaian itu merupakan aturan masing-masing lembaga dan kementerian. Sehingga, tidak ada imbauan khusus.

" Tidak ada imbauan. Masing-masing kepala daerah, kepala instansi punya kewenangan untuk mengatur," ujar dia.

Sementara itu, Tjahjo sebelumnya juga pernah berbicara megenai pemakaian celana cingkrang bagi ASN. " Kalau (melarang) celana cingkrang, kita tidak mengarah ke sana," ucap dia.

Beri Komentar
Wajah Tegar BCL Saat Antarkan Jenazah Ashraf Sinclair