CONNECT WITH US!

3 Pulau Hilang saat Tsunami Aceh Kini Muncul Kembali

Reporter : Sandy Mahaputra | Senin, 18 April 2016 19:16

Warga Desa Ini Punya Bukti Keberadaan Zombie

Dream - Banyak orang boleh saja tidak percaya dengan adanya zombie alias mayat hidup. Tapi warga sebuah desa di pedalaman Haiti mengklaim punya bukti bahwa zombie benar-benar ada.

Kisah itu bermula dari tahun 1907. Warga di desa itu telah mengubur gadis bernama Felicia Felix-Mentor. Namun bertahun-tahun kemudian, warga dikejutkan keberadaan mayat gadis itu muncul di jalanan dalam kondisi telanjang.

Jelas saja, kejadian itu membuat warga geger. Mereka lari tunggang-langgang sambil bertanya-tanya. Bagaimana bisa gadis sudah dikubur bertahun-tahun silam muncul lagi. Bagi masyarakat di desa terpencil Haiti tersebut, peristiwa itu adalah bukti kepercayaan kuno mereka bahwa bumi telah diintai mayat hidup.

Kisah zombie itu kemudian menarik perhatian wartawan asal Amerika Serikat, William Seabrook, untuk berkunjung ke Haiti pada tahun 20-an. Seabrook menyelidiki keyakinan voodoo yang dibawa oleh budak Afrika ke kawasan Karibian.

Saat penelitian itu, Seabrook mendengar cerita bahwa ada dukun jahat yang memiliki serbuk ajaib yang bisa membuat korbannya mati suri. Setelah korban dikubur, dukun itu membangkitkan mereka. Namun, korban-korban itu menjadi tunduk pada sang dukun.

" Mereka membuat zombie sebagai pelayan atau budak. Biasanya untuk kejahatan, tapi lebih sering untuk bekerja di ladang," tulis Seabrook, sebagaimana dikutip Dream dari laman Daily Mail, Rabu 4 November 2015. Undang-undang Haiti bahkan menulis, perbudakan ala zombie itu sebagai sebuah kejahatan.

Suatu malam, Seabrook pergi ke perkebunan tebu. Di sana dia mengaku melihat tiga zombie yang bekerja.

“ Mereka lamban seperti hewan, seperti robot. Matanya kosong. Itu bukan imajinasi saya. Mereka benar-benar seperti mata orang mati, tidak buta, tetapi menatap, tidak fokus, tidak melihat,” tambah Seabrook.

Kisah zombie Haiti memang memiliki daya tarik tersendiri. Penulis Amerika Serikat, Zora Neale Hurston, mengaku menemui Felicia, gadis yang dikisahkan bangkit dari kematian. Dalam bukunya, Hurston mengaku bertemu Felicia pada tahun 1936 di sebuah rumah sakit jiwa Haiti.

Menurut Hurston, pertemuan dengan Felicia berlangsung dingin. Hurston menulis tatapan Felicia yang mengerikan. “ Itu wajah kosong dengan mata yang seolah-olah telah dibakar dengan asam.”

Hurston begitu yakin wanita yang dia temui itu adalah Felicia, yang dikisahkan bangkit dari kematian. Sebab, memang tak ada identitas lain, selain yang menyebut wanita itu adalah Felicia. Wanita ini diduga mengalami schizophrenia.

Namun Hurston memiliki penjelasan sendiri yang lebih dramatis. “ Saya tahu ada zombie di Haiti. Orang dibangkitkan dari kematian,” tulis Hurston dalam bukunya, sambil menampilkan foto-foto Felicia.

Terlepas benar atau tidak kisah itu, yang jelas zombie saat ini telah menjadi komoditas yang mampu mendatangkan uang miliaran rupiah. Lihatlah film-film horor yang menyuguhkan zombie sebagai kisah utamanya. Selalu laris manis di pasaran. Belum lagi bisnis pernak-pernik lain, seperti Halloween.

Ada atau tak ada, yang jelas bisnis " zombie" sudah mendatangkan banyak fulus! (Ism)  



Merdeka Update - Kisah tragis Zoya hingga GIIAS 2017