5 Fakta Angela Tanoesoedibjo, Wamen Wanita Satu-satunya Kabinet Jokowi

Reporter : Siwi Nur Wakhidah
Sabtu, 26 Oktober 2019 15:30
5 Fakta Angela Tanoesoedibjo, Wamen Wanita Satu-satunya Kabinet Jokowi
Nama Angela Tanoesoedibjo banyak dibicarakan akhir-akhir ini. Berikut 5 faktar Angela yang jadi Wakil Menteri Wishnutama di Kabinet Indonesia Maju.

Dream- Nama lengkapnya, Angela Herliani Tanoesoedibjo. Ia ditunjuk sebagai Wakil Menteri (Wamen) di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, membantu tugas Wishnutama.

Wajah perempuan kelahiran tahun 1987 ini menghiasi layar kaca saat pelantikan Wamen oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, kemarin, Jumat, 25 Oktober 2019. Di antara 12 Wamen lainnya, Angela menjadi satu-satunya wanita Wamen yang dipilih Kabinet Indonesia Maju. 

Angela merupakan anak sulung dari Hari Tanoesoedibjo, politisi sekaligus pemilik salah satu media swasta di Indonesia. Sebelum menjabat sebagai wakil menteri, Angela memiliki perjalanan karir yang cukup panjang untuk usianya yang baru 32 tahun.

Lulusan Universitas New South Wales Australia ini, pernah aktif di bidang jurnalistik semasa kuliah. Setelah lulus, Angela kembali ke Indonesia untuk memulai karirnya dan akhirnya ditunjuk sebagai wakil menteri.

Berikut 5 fakta tentang Angela Tanoesoedibjo yang menjabat sebagai wakil menteri mendampingi Wishnutama selama lima tahun ke depan.

1 dari 5 halaman

Mendirikan Majalah Hiburan

Semasa kuliah di Australia, Angela pernah mendirikan sebuah majalah hiburan bersama rekan-rekannya. Ia menjabat sebagai Editor in Chief untuk HighEnd Magazine dan HighEnd Teen Magazine.

 Angela Tanoe© https://www.instagram.com/angelatanoesoedibjo/

Putri sulung Hari Tanoe ini menyelesaikan kuliah sarjana di Universitas Teknologi Sydney dengan gelar Bachelor of Arts in Communications dengan spesialisasi Media Arts and Productions.

Angela lalu melanjutkan pendidikannya di Universitas New South Wales mengambil jurusan Keuangan dengan gelar Master of Commerce.

Tahun 2010, setelah ia menyelesaikan pendidikannya di Australia, Angela kembali ke tanah air dan memulai karirnya. Lalu, ia bekerja sebagai staf keuangan di perusahaan milik sang ayah.

2 dari 5 halaman

Memulai Karir dari Bawah

Walau merupakan anak dari pendiri sekaligus digadang sebagai penerus perusahaan, tak membuat Angela langsung mendapat posisi istimewa. Ia memulai karirnya dari bawah.

Di tahun 2010, Angela bekerja sebagai staf keuangan di perusahaan keluarganya, MNC Group.

 Angela Tanoe© https://www.instagram.com/angelatanoesoedibjo/

Setelah dua tahun bekerja, Angela dipercaya untuk menjadi C-Managing Director di salah satu cabang MNC Group, MNC Channel. Ada 10 saluran baru yang muncul selama Angela menjabat di sana.

Karir Angela terus meroket, hingga akhirnya ia naik jabatan menjadi Managing Director.


Sebelum naik jabatan, Angela menikah dengan seorang pengusaha bernama Michael Dharmajaya di tahun 2012. Hingga saat ini, Angela dan Michael dikaruniai dua orang anak, Maximilian dan Medaline.

3 dari 5 halaman

Dipercaya Menjadi Managing Director

Menikah tidak menjadi alasan bagi Angela untuk berhenti berkarir. Setelah melangsungkan pernikahannya di Bali, Angela tetap menjalani pekerjannya sebagai Co-Managing Director. Karena kegigihannya, ia akhirnya diberi kepercayaan untuk naik jabatan.

 Angela Tanoe© https://www.instagram.com/angelatanoesoedibjo/

Tahun 2014, Angela ditunjuk menjadi Managing Director salah satu stasiun televisi milik MNC Group. Selama menjabat, Ia menciptakan lima program unggulan dari pembuatan ulang program yang pernah ada sebelumnya, seperti Bedah Rumah dan Uang Kaget.

Di masa jabatan Angela ini pula, Global TV melakukan pencitraan ulang atau rebranding menjadi GTV. Melakukan pencitraan ulang terhadap suatu media, tidaklah mudah. Namun, Angela mampu melakukannya. Keberhasilannya ini dirayakan dengan naik jabatan menjadi Managing Director di RCTI dan GTV.

4 dari 5 halaman

Terjun ke Dunia Politik

Buah tak jatuh jauh dari pohonnya. Mengikuti jejak sang ayah, Angela perlahan ikut terjun ke dunia politik. Ia bergabung dengan partai pimpinan sang ayah dan ikut dalam Pemilihan Umum Legislatif 2019. Angela maju sebagai Calon Legislatif di daerah pilihan Jawa Timur I, Surabaya dan Sidoarjo.

 Angela Tanoe© https://www.instagram.com/angelatanoesoedibjo/

Sayangnya, suara yang diperoleh Angela kurang untuk melenggang mulus ke Senayan. Walau begitu, Angela tetap aktif di partai, hingga pada Jumat, 25 Oktober 2019 lalu, ia dipanggil Presiden dan ditunjuk untuk membantu Wishnutama di bidang industri kreatif.

Angela menjadi wakil menteri termuda. Karirnya di dunia perpolitikan yang bisa dibilang masih pendek, tidak menghalangi Angela untuk memajukan ekonomi kreatif Indonesia di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

5 dari 5 halaman

Berteman dengan Nia Ramadhani

Selama bekerja di dunia pertelevisian, Angela telah membuat banyak program acara. Dari reality show hingga konser. Tak heran, kalau ia memiliki jaringan pertemanan yang luas. Salah satu yang menyorot perhatian ialah pertemanannya dengan Nia Ramadhani.

 Angela Tanoe© https://www.instagram.com/angelatanoesoedibjo/


Nia Ramadhani merupakan menantu dari Abu Rizal Bakrie, yang juga pemilik perusahaan media. Tapi ternyata, Nia dan Angela sudah berteman akrab cukup lama. Tampak dari unggahan Angela saat menghadiri acara ulang tahun anak Nia Ramadhani, Magica.

Angela menuliskan, “ Magical day at Macica’s Birthday. Congrats pretty mommy @ramadhaniabakrie” Walau bisa dibilang saingan dalam urusan bisnis keluarga, keduanya ternyata berteman dekat, ya Sahabat Dream.

Sukses selalu untuk Angela, selamat bekeja!

(Sah, Sumber: Instagram dan Liputan6.com)

Beri Komentar