6 Cara Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula

Reporter : Siwi Nur Wakhidah
Jumat, 2 Agustus 2019 06:15
6 Cara Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula
Bahasa Inggris menjadi Bahasa global yang paling banyak digunakan di dunia.

Dream- Bahasa menjadi salah satu kebudayaan yang paling mendasar untuk berkomunikasi. Setiap negara memiliki keunikan Bahasa yang berbeda-beda.

Untuk bisa berkomunikasi satu dengan yang lain, harus ada salah satu yang memahami Bahasa lain. Bahasa Inggris menjadi Bahasa yang digunakan paling banyak dunia, sehingga Bahasa Inggris dijadikan Bahasa internasional.

Menguasai Bahasa Inggris menjadi kelebihan tersendiri, selain menjadi nilai tambah ketika mendaftar kerja, tapi juga akan mempermudah kita ketika berlibur ke luar negeri.

Saat ini banyak sekali lembaga Bahasa Inggris yang menjadi alternatif belajar Bahasa Inggris yang mudah. Namun biaya yang diperlukan tentu tidak sedikit.

Belajar Bahasa Inggris sebenarnya tidak terlalu muluk-muluk, apabila sudah dibiasakan sejak kecil, Bahasa Inggris menjadi sama mudahnya dengan Bahasa ibu.

Kunci utama belajar Bahasa ialah kebiasaan, dengan membiasakan diri berbahasa Inggris akan mempermudah belajar Bahasa Inggris. Berikut beberapa cara belajar Bahasa Inggris yang mudah bagi pemula:

1 dari 6 halaman

Cara Belajar Bahasa dengan Membiasakan Diri Sejak Kecil

 Cara Belajar Bahasa Inggris

Anak kecil memiliki daya tangkap dan ingat yang kuat, dan membuat anak lebih mudah belajar hal-hal baru. Membiasakan anak berbahasa Inggris sejak kecil, akan mempermudah cara belajar Bahasa Inggrisnya kelak.

Menggunakan metode belajar ala anak kecil juga bisa menjadi cara belajar Bahasa Inggris yang mudah bagi orang yang berusia lebih tua.

Belajar melalui game, membaca buku anak-anak berbahasa Inggris, akan memudahkan kita belajar Bahasa Inggris.

Bahasa Inggris yang digunakan untuk anak-anak memiliki level yang mudah, dan bahasanya yang mudah dipahami. Cara belajar Bahasa ini bisa diterapkan untuk belajar asing lain, tidak hanya Bahasa Inggris saja.

2 dari 6 halaman

Cara Belajar Bahasa dengan Menggunakan Produk Media untuk Belajar

Cara belajar Bahasa Inggris bagi pemula yang paling tepat ialah mengonsumsi media yang otentik.

Media-media seperti buku, majalah, musik, atau film yang berbahasa Inggris menjadi media yang baik untuk belajar tanpa merasa tertekan.

 Cara Belajar Bahasa Inggris


Cara belajar Bahasa Inggris ini sangat mudah dilakukan dan tidak perlu memerlukan banyak biaya, bahkan bisa diperoleh secara gratis.

Selain bisa belajar Bahasa Inggris, melalui media otentik ini kita juga bisa mengenal budaya dari berbagai negara, terutama budaya negara berbahasa ibu, Bahasa Inggris.

3 dari 6 halaman

Cara Belajar Bahasa dengan Mengikuti Program Khusus

Seperti yang kita tahu, saat ini banyak lembaga Bahasa Inggris yang menyediakan program belajar Bahasa Inggris secara khusus.

Program ini biasanya akan mengajarkan Bahasa Inggris sesuai dengan level masing-masing.

Biasanya sebelum memulai program, peserta akan diberikan beberapa tes terlebih dahulu untuk mengetahui level yang harus diberikan.

Untuk bisa mengikuti program khusus ini, tentu memerlukan biaya yang tidak sedikit.

Namun, Sahabat Dream tidak perlu khawatir, sudah banyak lembaga Bahasa Inggris yang memberikan harga khusus dan promosi-promosi lainnya.

Kelebihan mengikuti program khusus ini, peserta akan diberikan sertifikat dan diberikan jaminan yang tidak mengecewakan.

4 dari 6 halaman

Cara Belajar Bahasa dengan Berinteraksi dengan Native Speaker

 Cara Belajar Bahasa Inggris

Banyak berinteraksi menggunakan Bahasa Inggris dengan orang lain, akan membuat kemampuan Bahasa Inggris kita meningkat. Cara belajar Bahasa Inggris ini membutuhkan keberanian dan kepercayadirian.

Ada banyak orang yang sebenarnya pintar berbahasa Inggris, tapi kurang berani bercakap dengan Bahasa Inggris.

Tanpa latihan, kemampuan berbahasa akan menurun. Salah satu cara efektif untuk mengasah kemampuan Bahasa ialah dengan berbicara dengan orang asli dari negara berbahasa Inggris atau native speakers.

Sahabat Dream bisa memulai cara belajar Bahasa Inggris ini dengan menggunakan aplikasi percakapan, atau memberanikan diri mengobrol dengan turis asing.

5 dari 6 halaman

Cara Belajar Bahasa dengan Jangan Memberi Jeda

 Cara Belajar Bahasa Inggris

Kunci belajar Bahasa Inggris ialah membiasakan diri berbahasa Inggris. Setelah melakukan cara berlajar Bahasa Inggris di atas, jangan terlalu berpuas diri.

Tetap biasakan untuk berbahasa Inggris atau mengonsumsi media-media otentik berbahasa Inggris.

Orang Inggris yang lama tinggal di Indonesia dan terus menerus berbahasa Inggris bisa saja melupakan Bahasa Inggris, begitu pula sebaliknya.

Ketika Sahabat Dream ingin meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris, kuncinya ialah terus menggunakan Bahasa Inggris.

Jeda yang terlalu lama, akan membuat ingatan tetang pembelajaran Bahasa Inggris yang sudah dilakukan akan menurun, bahkan terlupakan.

6 dari 6 halaman

Cara Belajar Bahasa dengan Sekolah di Luar Negeri

 Cara Belajar Bahasa Inggris

Cara belajar Bahasa Inggris bagi pemula yang terakhir ialah cara yang mungkin paling susah untuk dilakukan.

Selain itu, memerlukan banyak biaya dan persiapan untuk bisa bersekolah di luar negeri.

Tuntutan pertama bagi siapa saja yang ingin bersekolah di luar negeri ialah harus menguasai Bahasa Inggris pada level tertentu, atau menguasai Bahasa ibu negara tujuan. Tuntutan inilah yang akan mendorong kita untuk belajar Bahasa Inggris.

Dengan bersekolah di luar negeri, kemampuan Bahasa Inggris akan meningkat karena penggunaan Bahasa Inggris sangat sering, baik lisan maupun tulisan.

Kunci cara belajar Bahasa Inggris untuk pemula ialah membiasakan diri untuk terus menggunakan Bahasa Inggris. Selamat mencoba!

(ism, Sumber: Fluentu)

Beri Komentar
Pengakuan Mencengangkan Aulia Kesuma, Dibalik Rencana Pembunuhan Suami dan Anak Tirinya