Anies Baswedan Bawa Tanah Kampung Akuarium yang Digusur Zaman Ahok ke IKN, Ini Alasan Mendalamnya

Reporter : Okti Nur Alifia
Senin, 14 Maret 2022 13:30
Anies Baswedan Bawa Tanah Kampung Akuarium yang Digusur Zaman Ahok ke IKN, Ini Alasan Mendalamnya
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bertolak ke IKN dengan membawa tanah dari Kampung Aquarium, langsung dicangkul dari ibu-ibu warga.

Dream - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, bertolak ke Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Minggu 14 Maret 2022. Setiap gubernur ditugaskan membawa tanah serta air dari provinsinya masing-masing.

" Setiap gubernur ditugaskan untuk membawa tanah dan air dari provinsinya. Pada hari minggu siang ini semua, bersama-sama ke Kalimantan Timur," ungkap Anies Baswedan dalam postingan Instagram.

Menariknya, Anies memilih membawa tanah dari Kampung Aquarium, pesisir Jakarta Utara. Tanah ini dicangkul langsung oleh ibu-ibu warga setempat. 

Mendengar nama Kampung Aquarium tentunya sudah tidak asing bagi warga Jakarta. Permukiman di wilayah itu digusur pada 2016, saat Ahok menjabat sebagai Gubernur DKI.

Anies mempunyai alasan khusus untuk membawa tanah korban gusuran Ahok tersebut.

1 dari 4 halaman

Bawa Tanah Kampung Aquarium

Anies Baswedan mengunggah sebuah video yang memperlihatkan kumpulan ibu-ibu warga Kampung Aquarium sedang mencangkul tanah di Instagramnya @aniesbaswedan. Tanah ini yang dibawa Anies ke IKN.

Warga tanah kampung aquarium© (Foto: Instagram @aniesbaswedan)

" Republik ini memang digagas oleh kaum terdidik, tapi diperjuangkan dan dipertahankan oleh semua, termasuk oleh rakyat kebanyakan, yang cucuran keringatnya sering tak ditulis dalam buku-buku sejarah," tulis Anies dalam unggahan.

" Pagi ini, rakyat kebanyakan yaitu ibu-ibu warga Kampung Aquarium, di pesisir Jakarta Utara mencangkul dan mengumpulkan tanah untuk dibawa oleh Gubernur DKI Jakarta ke IKN," lanjutnya.

2 dari 4 halaman

Alasan Bawa Tanah Kampung Aquarium

Bagi Anies, tanah dari Kampung Aquarium membawa harapan untuk pembangunan ibu kota baru di IKN. Harapannya, ibu kota baru akan memberikan kemajuan dan kebahagiaan bagi rakyat.

Warga tanah kampung aquarium© (Foto: Instagram @aniesbaswedan)

" Tanah dari Kampung Akuarium menghadirkan harapan bahwa pembangunan kota baru yang akan dijadikan ibu kota ini hendaknya tidak memarjinalkan rakyat kecil dan justru nyata-nyata akan memberikan kemajuan dan kebahagiaan bagi semua, khususnya rakyat kebanyakan," tulis Anies.

3 dari 4 halaman

Anies juga menyampaikan kehidupan Kampung Aquarium yang telah kembali, menjadi simbol atas cita-cita dasar pendirian bangsa ini untuk melindungi rakyat. 

" Kembalinya kehidupan masyarakat di Kampung Aquarium menjadi simbol atas kembalinya kita kepada cita-cita dasar pendirian republik ini, yaitu untuk melindungi setiap tumpah darah dan untuk menghadirkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia," lanjut Anies.

Warga tanah kampung aquarium© (Foto: Instagram @aniesbaswedan)

" Tanah yang dicangkul oleh para Ibu ini diantarkan ke lahan yang kelak akan dibangun kota baru, yang kelak menjadi ibu kota, yang diharapkan jadi kota yang mencerminkan cita-cita mendasar atas republik ini," pungkasnya.

Sumber: Instagram @aniesbaswedan

Beri Komentar