CONNECT WITH US!

Anies Baswedan: Belajar Debat Sekarang, Belum Siap Jadi Cagub

Reporter : Maulana Kautsar | Senin, 9 Januari 2017 18:22
Calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan Mengunjungi Kali (dream.co.id/Maulana Kautsar)
Anies mengaku debat merupakan aktivitas yang sudah sering dia jalani dalam meniiti karir hingga saat ini.

Dream - Calon Gubernur DKI Jakarta nomor urut tiga, Anies Baswedan mengaku tak punya persiapan khusus dalam menjalani debat resmi Komisi Pemilihan Umum DKI Jakarta pada Jumat, 13 Januari 2016. Anies mengaku debat sudah menjadi bagian dari dirinya.

" Persiapannya sepanjang karir sebetulnya. Kalau ada yang belajar debat sekarang, belum siap jadi calon artinya. Kalau sudah jadi calon, artinya sudah siap berdebat," ucap Anies, di kantor Jakarta Post, Senin, 9 Januari 2017.

Anies mengatakan seharusnya seseorang yang maju sebagai calon pemimpin harus sudah siap debat sejak saat proses seleksi, bukan saat menjelang pencoblosan.

" Debat merupakan bagian proses seleksi menjadi calon. Debat merupakan kemampuan menjawab masalah, kemampuan berpikir sistematik, kemampuan untuk menyampaikan program, dan kemampuan menjelaskan," ujar Anies.

" Ini bukan performance, bukan teater. Proses dialog di hadapan panelis dan publik," ucap dia menambahkan.

Saat ini, Anies mengaku tengah mempelajari data pendidikan, kesehatan, dan transportasi. Aktivitas itu dia lakukan dengan bantuan penuh dari tim pendukungnya.

" Pertemuan tersebut untuk meng-update data saja. Bukan persiapan debat," ucap dia.

Meski begitu, dia mengaku tak ada doa-doa khusus yang dipanjatkan jelang debat. Dia hanya berharap debat yang berjalan dapat menjadi ajang penyampaian program untuk membuat Jakarta lebih baik lagi.

" Kami doa terus sama seperti biasanya, kegiatan juga sama. Dan, harapannya besok debat bisa berjalan lancar, bisa menyampaikan (program) sesuai dengan visi misi," ucap dia.(Sah)

Merdeka Update - Kisah tragis Zoya hingga GIIAS 2017