Awas Hoaks! Ini Bukan Kecelakaan Pesawat, Tapi Simulasi

Reporter : Maulana Kautsar
Rabu, 2 Oktober 2019 18:03
Awas Hoaks! Ini Bukan Kecelakaan Pesawat, Tapi Simulasi
Simulasi berjalan sukses.

Dream - " Kecelakaan pesawat di Sumatera Utara (Kualanamu). Gagal landing."

Pesan mengejutkan itu beredar di grup WhatsApp. Pesan itu dibubuhi video pesawat yang sedang disiram menggunakan mobil pemadam kebakaran.

Tapi, pembaca tak perlu risau. Pesan yang beredar itu merupakan kabar hoaks.

Diunggah akun Youtube OneTrip, peristiwa latihan itu terjadi pada Kamis, 26 September 2019. Skenarionya, pesawat Costlead Air tergelincir dan terbakar saat mendarat di Bandara Internasional Kualanamu. Sebanyak 107 penumpang dan dua orang dinyatakan meninggal.

Selain itu, skenario juga menyebut mengneai masalah pada roda pendaratan yang keluar tidak sempurna saat menyentuh landasan pacu.

Penanggulangan keadaan darurat pihak bandara itu berjalan selama kurang dari 30 menit.

Simulasi ini melibatkan personil keamanan bandara, TNI, Polri, petugas pemadam kebakaran, petugas kesehatan dari Kabupaten Deliserdang.

 

1 dari 6 halaman

Ini Video Simulasinya

2 dari 6 halaman

Bukan Simulasi "Aksi Heroik Polwan Bekuk 4 Begal Motor"

Dream - Aksi heroik ditunjukkan oleh empat Polisi Wanita (Polwan) di Bandung, Jawa Barat. Keempat Polwan ini berhasil meringkus empat begal. Mereka sempat kejar-kejaran dengan menggunakan motor dan juga berduel dengan para perampok yang bersenjata pisau.

Aksi itu terjadi pada Minggu dinihari, 19 Juli 2015. Bermula saat ada laporan via telepon dari korban perampasan motor. Menerima laporan itu, anggota Polwan Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Satreskrim Polrestabes Bandung yang piket malam langsung bereaksi.

" Kami lewat di Jalan Naripan. Ternyata ada empat motor yang ciri-cirinya sama dengan informasi korban. Gelagat pelaku sudah ketahuan karena memilih kabur saat melihat kami mendekat," kata Kanit PPA Polrestabes Bandung AKP Euis Yuningsih yang turut mengejar rampok, sebagaimana dikutip Dream dari akun Facebook Divisi Humas Polri, Jumat 24 Juli 2015.

Euis bersama Iptu Megawati langsung tancap gas mengejar para perampok. Keempat begal itu melarikan diri ke arah Jalan Pasirkaliki. Layaknya film laga, dua polwan ini menaiki satu sepeda motor mengejar empat garong yang berboncengan menunggang dua motor.

Tepat di Mal Istana Plaza, Jalan Pasirkaliki, Mega yang membonceng Euis menyalip dan menendang satu motor yang ditunggangi dua perampok. " Motor pelaku oleng dan jatuh," tutur Euis.

 

3 dari 6 halaman

Bela Diri Judo

Melihat rekannya tersungkur, dua rampok lainnya berhenti. Saat itu pula petugas piket bantuan datang memakai mobil. Di dalam mobil ini Brigadir Onih dan Aipda Dadah serta polisi lelaki, mereka turut turun. Duel antara anggota Polwan dan penjahat pun tak terhindarkan. Bahkan satu perampok menyerang dan menodongkan senjata tajam kepada seorang Polwan.

Polwan yang masa pendidikan dibekali ilmu bela diri judo ini meladeni para perampok itu. Pada akhirnya keempat kawanan penjahat itu, yang masing-masing berinisial HR, AE, DK, dan IM, dilumpuhkan. Mereka digeladang ke Mapolrestabes Bandung.

" Saya ucapkan terima kasih dengan keberanian anggota polwan yang menangkap empat pelaku kejahatan," ujar Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Mashudi.

Saat diinterogasi, keempat rampok tersebut mengaku mencuri di salah satu rumah makan di Jalan Martadinata. Dari tangan mereka polisi menyita barang bukti berupa satu pisau, satu linggis kecil, satu brankas, tiga telepon genggam, dan dua sepeda motor.

" Tiga dari empat pelaku pencurian yang dibekuk polisi wanita (Polwan) di Bandung ini juga ternyata residivis," tambah Mashudi. Kini aksi mereka terhenti berkat tendangan dan pukulan AKP Euis Yuningsih, Iptu Megawati, Brigadir Onih, dan Aipda Dadah.

4 dari 6 halaman

Heboh Simulasi Kredit Motor Bisa Masuk Neraka 256.095.000 Tahun!

Dream - Membeli kendaraan secara kredit sudah jamak terjadi di masyarakat. Sebab, cara ini dinilai jauh lebih ringan daripada membelinya secara tunai.

Hanya saja, pembelian lewat kredit memang pasti lebih mahal ketimbang kamu mebayar secara kontan. Risiko penjual selama masa cicilan menjadi alasan kemahalan tersebut terjadi.

Lantas, apakah kemahalan tersebut termasuk riba yang diharamkan agama? Di sinilah polemiknya.

Beberapa hari belakangan ini viral di media sosial simulasi kredit sepeda motor yang dikaitkan dengan dosa riba.

Simulasi itu diposting ke Instagram Story oleh akun @Hussein.

5 dari 6 halaman

Berikut Simulasinya

Dalam simulasi disebutkan, harga sepeda motor sekitar Rp35.650.000 jika dibeli dengan harga kontan.

Jika dikredit dengan bunga (riba) selama 2 tahun menjadi Rp 41.722.000. Ditambah uang muka Rp3.100.000, maka total kredit Rp42.032.000.

Total kredit dikurangi total harga kontan (Rp 42.032.000 – Rp 35.650.00) maka hasilnya Rp 11.382.000.

Terkait dengan hasil itu, dijelaskan pula bagaimana balasan di akhirat kelak ketika kamu membeli motor secara kredit.

Disebutkan bahwa kredit motor matic terbaru setara dengan dosa 5.121,9 kali berzina.

Disebutkan pula bahwa kredit motor sama dengan siksa neraka selama 256.095.000 tahun!

 Simulasi

6 dari 6 halaman

Hitungannya Dianggap Ngawur

Dikutip dari pojoksatu.id, simulasi itu menjadi sorotan lantaran hitung-hitungannya yang dianggap ngawur.

Pasalnya banyak hitungan di simulai itu yang keliru. Di antaranya uang muka tambah total kredit bukan Rp42.032.000, melainkan Rp 44.822.000 (41.722.000 + 3.100.000 = 44.822.000).

Kemudian total kredit dikurangi harga kontan seharusnya Rp 6.382.000, bukan Rp 11.382.000. (42.032.000 – 35.650.00 = 6.382.000).

Selain itu, hitungan hari di dunia dan akhirat bukan 1:50.000 tahun, tetapi 1.000:1 (1.000 tahun di dunia sama dengan 1 hari di akhirat).

Hal itu sesuai dengan firman Allah dalam Alquran Surat Al-Hajj ayat 47.

Postingan itupun sontak viral dan menuai beragam komentar warganet.

“ Udah ngitungnya ga bener, terus hebat juga bisa tau kita disiksa berapa tahun,” komentar @hjsnuna.

“ Cuma motor doang yeee. Itu gara-gara kaga bisa beli motor itu makanya gituan atau strategi pemasaran biar orang orang kaga veli, tapi beli sepeda motor lain wkwkwk,” kata @oktobersore.

Beri Komentar
Umroh Bareng Pasangan, Foto Sweet Selebritis Saat di Mekkah