Bacaan Sholawat Tibbil Qulub, Obat Penyembuh Hati dan Terhindar dari Penyakit

Reporter : Arini Saadah
Jumat, 12 Juni 2020 06:01
Bacaan Sholawat Tibbil Qulub, Obat Penyembuh Hati dan Terhindar dari Penyakit
Amalan yang bisa kita baca sebagai doa supaya terhindar dari penyakit adalah sholawat Tibbil Qulub.

Dream – Sebagai manusia kita senantiasa dianjurkan berikhtiar dan berdoa agar diberi perlindungan dari berbagai macam penyakit yang bisa suatu saat menjangkiti tubuh. Dalam ajaran Islam terdapat banyak amalan dan doa yang faedahnya untuk menghindarkan diri dari penyakit.

Amalan yang bisa kita baca sebagai doa supaya terhindar dari penyakit salah satunya adalah sholawat Tibbil Qulub. Sholawat Tibbil Qulub memiliki arti obat penyembuh hati. Sholawat Tibbil Qulub merupakan bacaan yang banyak diucapkan sebagai permohonan agar diberikan penawar atau obat. Dalam bacaan tersebut terdapat kandungan tawasul kepada Nabi Muhammad saw.

Bagaimanakah bacaan Sholawat Tibbil Qulub? Kali ini Dream akan membagikan bacaan sholawat Tibbil Qulub dan sebagai amalan umat muslim yang bermanfaat untuk menolak berbagai macam penyakit. Yuk kita simak penjelasannya berikut ini.

1 dari 3 halaman

Umat Muslim Dianjurkan Membaca Sholawat

Ilustrasi© freepik.com

Membaca Sholawat kepada Nabi Muhammad saw merupakan suatu anjuran yang telah tertulis di dalam Al-Quran surat Al-Ahzab ayat 56 sebagai berikut:

 

Ilustrasi© dream.co.id

Artinya:

“ Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bersholawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bersholawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.”

Makna bahwa Allah pun besholawat kepada Nabi di dalam ayat tersbeut adalah, bahwa Allah senantiasa merahmati dan meridlai Nabi. Sedangkan makna sholawat malaikat adalah malaikat yang mendoakan dan meminta permohonan ampun untuk Nabi Muhammad saw.

2 dari 3 halaman

Inilah Redaksi Bacaan Sholawat Tibbil Qulub

Bacaan sholawat tentu sangat banyak sekali. Setiap bacaan sholawat memiliki lafal dan manfaat berbeda-beda. Nah, salah satu bacaan sholawat yang sedang populer di masa seperti ini adalah Sholawat Tibbil Qulub.

Sholawat Tibbil Qulub memiliki arti ‘obat penyembuh hati’. Sholawat ini disebut pula dengan nama sholawat Nurul Abshar yang artinya adalah ‘cahaya mata hati’.

Lantas bagaimanakah bacaan Sholawat Tibbil Qulub tersebut? Berikut lafalnya beserta dengan artinya.

Ilustrasi© dream.co.id

Artinya:

“ Ya Allah, berikanlah rahmat kepada baginda kami, Nabi Muhammad, sang penyembuh hati dan obatnya, memberikan kesehatan badan dan mengobatinya, menjadi cahaya mata hati dan sinarnya, juga kepada keluarga dan sahabat beliau, dan semoga Engkau memberikan keselamatan.”

Akan tetapi, sebagian ulama menambahkan kalimat di akhir bacaan sholawat tersebut, sehingga bacaannya menjadi seperti di bawah ini:

Ilustrasi© dream.co.id

Artinya:

“ Ya Allah, berikanlah rahmat kepada baginda kami, Nabi Muhammad, sang penyembuh hati dan obatnya, memberikan kesehatan badan dan mengobatinya, menjadi cahaya mata hati dan sinarnya, serta menjadi makanan pokok an asupan gizi bagi ruhani. Juga kepada keluarga dan sahabat beliau, dan semoga Engkau memberikan keselamatan.”

Kedua bacaan sholawat Tibbil Qulub di atas dapat dijadikan amalan sehari-hari. Meskipun secara umum redaksi sholawat yang lebih terkenal adalah bacaan sholawat yang pertama di atas. Apalagi saat menghadapi pandemi, masyarakat diimbau untuk memperbanyak membaca shoalwat Tibbil Qulub.

3 dari 3 halaman

Manfaat Membaca Sholawat Tibbil Qulub

Ilustrasi© freepik.com

Bacaan sholawat Tibbil Qulub berfaedah sebagai doa supaya terhindari dari berbagai macam penyakit. Sholawat ini juga bisa dijadikan amalan supaya segera sembuh dari penyakit yang diderita. Manfaat sholawat Tibbil Qulub secara umum dijelaskan dalam kumpulan dzikir Majmu’ah Maqruat Yaumiyah wa Usbu’iyah, yang artinya sebagaimana tercatat di bawah ini:

“ Sholawat Tibbil Qulub ini teruji (berfaedah) untuk menjaga kesehatan tubuh dan menjadi obat segala penyakit dzahir ataupun batin.” (KH Muhammad bin Abdullah Faqih, Majmu’ah Maqruat Yaumiyah wa Usbu’iyah, hal.47)

Manfaat tersebut berlaku bagi orang yang membaca sholawat Tibbil Qulub dengan kaifiyah atau cara membaca yang umum. Orang yang istiqomah membacanya dalam bilangan berapapun, akan diberi kesehatan lahir dan batik serta akan disembuhkan dari berbagai penyakit atas izin Allah.

Sementara itu, kaifiyah membaca sholawat Tibbil Qulub secara khusus, umumnya berbeda-beda sesuai dengan ijazah dari kiai atau ulama yang mengijazahkan bacaan sholawat ini, supaya dibaca dalam bilangan tertentu. Salah satu kaifiyah khusus dalam membaca sholawat Tibbil Qulub ini seperti dijelaskan dalam kitab Sa’adah ad-Daraini fi as-Shalat ala Sayyid al-Kaunaini.

“ Sholawat ini merupakan lafal sholawat penyembuh lahir dan batin. Dibaca 2000 kali untuk menyembuhkan segala penyakit. Dan menurut sebagian pendapat dibaca sebanyak 400 kali, maka penyakit tersebut akan sembuh atas seizin Allah.” (Syekh Yusuf bin Ismail, Sa’adah ad-Daraini fi as-Shalat ala Sayyid al-Kaunaini, cet. Darul Kutub Al-‘Ilmiyyah, hal. 26).

Supaya kondis wabah segera berakhir, maka sebaiknya kita sering-sering membaca sholawat ini ya, Sahabat Dream. Dengan menghayati maknanya, supaya Allah memberikan kesehatan jasmani dan ruhani, serta terhindar dari macam-macam penyakit. Amin ya rabbal alamin.

(Disadur dari NU Online)

Beri Komentar