Doa Pasangan Pengantin Ketika Menikah di Bulan Syawal

Reporter : Ahmad Baiquni
Kamis, 11 Juni 2020 06:00
Doa Pasangan Pengantin Ketika Menikah di Bulan Syawal
Melangsungkan pernikahan di bulan Syawal memang mengandung keutamaan tersendiri.

Dream - Selain hari raya idul fitri, bulan Syawal di Indonesia identik dengan banyaknya undangan pernikahan. Kebiasaan ini wajar mengingat pernikahan di bulan syawal mengandung keutamaan tersendiri dan sangat dianjurkan oleh sebagian fuqaha atau ahli fikih.

Pendapat ulama yang menganjurkan menikah di bulan Syawal didasarkan pada riwayat Imam Muslim dari Aisyah RA. Riwayat tersebut berisi penuturan Aisyah yang menyatakan Rasulullah Muhammad SAW menikahinya di bulan Syawal.

Saat menikah, maka dua insan beda jenis dipersatukan dalam ikatan. Keduanya akan menjalani kehidupan dalam biduk rumah tangga.

Memang, tidak ada doa yang secara khusus diajarkan Rasulullah Muhammad SAW untuk pasangan yang menikah di bulan Syawal. Tetapi, sejumlah doa tentang pernikahan bisa dibaca, salah satunya di bawah ini.

1 dari 5 halaman

Doa Menikah

Doa Menikah© Dream.co.id

Allahumma barik li fi ahli, wa barik ahli fiya. Allahumarzuqhum minni, warzuqni minhum. Allahummajma' bainana ma jama'ta fi khair, wa farriq bainana idza faraqta fi khair.

Artinya,

" Ya Allah berkahilah kehidupanku dalam keluargaku, juga berkahilah keluargaku dalam hidupku. Ya Allah berikanlah rezeki untuk keluargaku dariku dan berikanlah rezeki untukku dari keluargaku. Ya Allah kumpulkanlah kami sebagaimana Engkau kumpulkan dalam kebaikan, juga jangan pisahkan kami kecuali dalam perpisahan yang baik."

Sumber: Islami.co

2 dari 5 halaman

Doa Mengucap Syukur atas Nikmat Allah di Pagi Hari

Dream - Tak bisa dipungkiri, kehidupan kita tidak bisa lepas dari nikmat Allah SWT. Sejak bangun tidur hingga mata terpejam, nikmat Allah selalu menyertai kita.

Bisa dibayangkan apa yang terjadi dalam hidup kita tanpa nikmat tersebut? Bisakah kita menjalani hidup tanpa nikmat dari-Nya?

Setiap hari kita diberi kemampuan beraktivitas. Diberi jalan untuk mencari rezeki. Juga diberikan kebahagiaan sehingga bisa menjalani hidup dengan tentram dan nyaman.

Tentunya, dengan semua itu kita patut bersyukur. Patut pula kiranya kita menyampaikan pujian kepada Allah atas semua nikmat yang kita terima.

 

 

3 dari 5 halaman

Doa Pujian Atas Nikmat Allah

Doa pujian atas nikmat Allah© Dream.co.id

Allahumma ma ashbaha bi min ni'matin fa minka wahdaka la syar?ka laka, lakal hamdu wa lakas syukru.

Artinya,

" Tuhanku, nikmat yang menyertaiku berpagi hari ini semata berasal dari-Mu yang Esa, tiada sekutu bagi-Mu. Bagi-Mu segala puji dan syukur."

4 dari 5 halaman

Doa Memohon Petunjuk Mengatasi Kesulitan yang Berat

Dream - Kesulitan hidup tentu pernah dan kemungkinan akan kita alami hingga akhir hayat. Kesulitan terkadang datang semata untuk menguji kita dalam menghadapinya.

Karena kesulitan butuh untuk diselesaikan. Sehingga kita dituntut untuk memikirkan caranya agar kesulitan teratasi.

Tetapi, ada kalanya kesulitan yang dihadapi begitu berat. Sudah berusaha berbagai cara, tetap saja belum selesai.

Kita sampai kehabisan kesabaran dalam menjalani kesulitan tersebut. Sudah bingung dengan cara apa lagi diselesaikan.

Dalam kondisi ini, dianjurkan membaca doa ini.

5 dari 5 halaman

Doa Mohon Petunjuk

Doa Mohon Petunjuk© Dream.co.id

Wa ma qodlaita lana min qodlain faj'al 'aqibatahu rasyada.

Artinya,

" (Ya Tuhanku) apa yang telah Engkau tetapkan kepadaku sebagai takdir, jadikanlah akhirnya sebuah petunjuk."

Beri Komentar