Hewan Tercepat di Dunia, Bisa Berlari 2.092 Km/Jam

Reporter : Sandy Mahaputra
Sabtu, 3 Mei 2014 15:31
Hewan Tercepat di Dunia, Bisa Berlari 2.092 Km/Jam
Ukurannya tak lebih besar dari biji wijen. Untuk merekam kecepatan si hewan, peneliti menggunakan kamera berkecepatan tinggi.

Dream - Apa hewan tercepat di dunia saat ini? Mungkin banyak yang menebak cheetah, karena mampu berlari hingga 70 mil per jam.

Tapi sebuah penelitian terbaru menyebutkan hewan paling cepat saat ini bukanlah cheetah, melainkan kutu kecil jenis Paratarsotomus Macropalpis.

Kutu kecil yang ukurannya tak lebih besar dari biji wijen itu ditemukan di California bagian selatan. Hewan ini sering berkembang di sepanjang batu dan trotoar.

Macropalpis dapat berjalan sampai 322 panjang tubuh per detik. Kecepatan itu setara dengan manusia yang berjalan kira-kira 1.300 mil per jam atau 2.092 km per jam.

Untuk merekam kecepatan si kutu, peneliti menggunakan kamera berkecepatan tinggi.

Menurut laman Daily Mail, rekor itu mengalahkan kecepatan kumbang harimau Australia yang bisa berjalan 171 panjang tubuh per detik.

Samuel Rubin, mahasiswa dari Pitzer College, California yang menghabiskan musim panas untuk memburu kutu itu mengatakan, penemuan ini menarik bukan hanya karena memecahkan rekor dunia baru.

" Lebih menarik lagi mengetahui tentang fisiologi gerakan dan keterbatasan fisik dari struktur hewan itu," kata dia.

Kutu kecil itu disebutkan bisa bertahan pada suhu hingga 60 derajat celcius, suhu yang mematikan bagi kebanyakan hewan.

Temuan itu rupanya membuat pembimbing Rubin, Jonathan Wright tertarik. Dia juga ingin mempelajari efek otot biokimia saat kutu itu menggerakkan kaki. " Sangat menarik untuk mengetahui dalam lagi," ujar Wright.

Beri Komentar