Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Masya Allah, Begini Keindahan Puncak Gerhana Matahari Cincin

Masya Allah, Begini Keindahan Puncak Gerhana Matahari Cincin Gerhana Matahari Cincin Di Nias, Sumatera Utara (Foto: BMKG)

Dream - Gerhana matahari cincin di beberapa wilayah telah memasuki waktu puncaknya. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), membagikan foto puncak gerhana matahari cincin di Aceh dan Nias.

BMKG membagikan foto dan penampakan di Aceh. Melalui siaran langsung di YouTube, gerhana matahari cincin tak berbentuk seperti cincin yang sempurna.

Puncak gerhana matahari cincin di Aceh terjadi pukul 11.55 WIB untuk kota Sinabang, dan 12.00 WIB untuk kota Singkil.

Puncak gerhana matahari cincin (Foto: BMKG)

Puncak gerhana matahari cincin (Foto: BMKG)

Warganet yang membagikan foto menyebut, fenomena gerhana matahari cincin ini berbarengan dengan peringatan 15 tahun tsunami Aceh.

"Hadir min, salam dari langit Banda Aceh diiringi dengan peringatan 15 tahun tsunami Aceh," tulis seorang warganet.

Keindahan gerhana matahari cincin terpantau di Nias Utara. Bulatan bulan tepat di tengah dan menutupi matahari.

"Indah yah seindah cincin dari kamu," tulis BMKG.

Foto serupa juga diunggah warganet di Bengkalis, Riau. Menurut BMKG, waktu puncak gerhana matahari cincin di Bengkalis terjadi pukul 12.16 WIB.

25 Kota Akan Dilewati Gerhana Matahari Cincin Pada 26 Desember 2019

Dream - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan gerhana matahari cincin akan terjadi pada 26 Desember 2019. Sebanyak 25 pusat kota di tujuh provinsi di Tanah Air akan dilewati gerhana matahari cincin tersebut.

"Di Indonesia jalur cincin gerhana ini akan melewati 25 pusat kota dan kabupaten di 7 provinsi, yaitu Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Timur," kata BMKG, melalui Twitter resminya, @infoBMKG, Jumat, 13 Desember 2019.

Ilustrasi gerhana matahari cincin

Gerhana paling awal, kata BMKG, akan terlihat di Sabang, Aceh pada pukul 10.03.11,9 WIB. Adapun kota terakhir yang merasakan gerhana matahari cincin ini yaitu Merauke, Papua, yaitu pukul, 14.37.10,4 WIT.

"Saat puncak gerhana paling awal adalah kota Sabang, yang terjadi pada pukul 11.49.32,9 WIB. Adapun kota yang akan mengalami waktu puncak paling akhir adalah Jayapura, yaitu pukul 15.51.19,7 WIT," ujar BMKG.

Muncul di Kota yang Sama Pada 14 Oktober 2042

Meskipun peristiwa gerhana matahari cincin di suatu lokasi dapat diprediksi dengan baik, peristiwa tersebut tidak berulang di lokasi tersebut dengan siklus tertentu.

Gerhana matahari cincin dapat lagi dirasakan masyarakat Indonesia pada 14 Oktober 2042.

Selain Indonesia, BMKG juga menyebut sejumlah negara yang kemungkinan dapat menyaksikan fenomena ini. Beberapa diantaranya, Arab Saudi, Qatar, Uni Emirat Arab, Oman, dan India, serta wilayah di Samudera Hindia dan Samudera Pasifik.

Gerhana matahari cincin terjadi ketika matahari, bulan, dan bumi berada pada titik yang segaris. Pada saat itu piringan bulan yang teramati dari bumi tampak lebih kecil daripada piringan matahari.

Begini Penampakan Gerhana Matahari Cincin di Aceh

Dream - Gerhana matahari cincin mulai terjadi di wilayah Indonesia bagian barat. Simeulue dan Aceh Singkil menjadi kota yang mengalami gerhana matahari cincin di Aceh.

Tim Falakiyah Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Aceh, Alfirdaus Putra, mengatakan, gerhana di Serambi Mekah itu akan berlangsung selama 3 jam 45 menit 52 detik. Gerhana berlangsung pada pukul 10.08 WIB hingga 13.56 WIB.

"Puncak cincin sekitar pukul 11.55.20 WIB dan akhir cincin sekitar pukul 11.56.54 WIB," kata Alfirdaus, diakses dari laman Kemenag, Senin 26 Desember 2019.

Proses gerhana matahari cincin di Aceh

Proses gerhana matahari cincin di Aceh

Sementara itu, di kawasan Aceh Singkil, gerhana mulai terjadi pada pukul 10.10.25 WIB. Gerhana matahari cincin akan terjadi pukul 11.59.27 WIB dan puncaknya diperkirakan pada pukul 12.00.33 WIB.

Menurut Putra, Kemenag Aceh melakukan pemantauan gerhana matahari cincin di Simeulue dengan menyiapkan 10 teleskop dan 500 kacamata. Pusat pemantauan berada di halaman Masjid Baiturrahman Simeulue.

Sholat Gerhana Matahari

Selain memantai gerhana matahari cincin, Kanwil Kemenag Aceh juga akan melakukan sholat gerhana. Sholat akan dipimpim Imam Besar Masjid Baiturrahman Simeulue dan khatib Suhrawardi Ilyas.

"Masyarakat yang ingin menyaksikan matahari cincin diperbolehkan untuk datang ke lokasi. Pengunjung diberikan kacamata gerhana dengan filter ND5," kata Kakanwil Kemenag Aceh, M Daud Pakeh.

Dia mengimbau masyarakat untuk melaksanakan Salat Sunnah Kusuf (gerhana matahari) di masjid dan mushalla.

Kemenag Aceh juga telah mengirim surat Edaran kepada Kankemenag Kabupaten/Kota Se Aceh tentang adanya Gerhana matahari cincin tersebut dan Seruan Salat Kusuf.

"Surat Edaran sudah kami kirim ke seluruh Kankemenag Kabupaten/Kota Se Aceh dan juga diteruskan kepada instansi terkait, ormas Islam, dan masyarakat agar melaksanakan ibadah Salat Sunah Kusuf (gerhana matahari) di masjid dan mushalla bertepatan pada hari peringatan Tsunami Aceh," kata dia.

Kakanwil juga mengimbau masyarakat untuk meningkatkan ibadah pada hari terjadinya fenomena alam yang berkaitan dengan ibadah umat Islam tersebut. Caranya, dengan memperbanyak berdoa, zikir, sedekah dan membaca Al-Qur'an serta melakukan amalan lainnya.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Momen Haru Penyandang Tunanetra Raba Wajah dan Cium Kening Ganjar Pranowo

Momen Haru Penyandang Tunanetra Raba Wajah dan Cium Kening Ganjar Pranowo

Momen Haru Penyandang Tuna Netra Meraba Wajah dan Cium Kening Ganjar Di Balikpapan

Baca Selengkapnya
Ganjar Ungkap Persiapan Mahfud Jelang Debat Cawapres: 'Hebat lah'

Ganjar Ungkap Persiapan Mahfud Jelang Debat Cawapres: 'Hebat lah'

'Kemarin banyak sekali justru beliau yang minta, kasih masukan dong satu persatu".

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Dulu 12 Kali Dipecat karena Pacari Laki Orang, Kini Lihat 7 Potret Nunung Mesra dengan Sang Suami

Dulu 12 Kali Dipecat karena Pacari Laki Orang, Kini Lihat 7 Potret Nunung Mesra dengan Sang Suami

Potret kompak dan harmonis Nunung dan suaminya July Jan Sambiran.

Baca Selengkapnya
Ramai Gerakan Salam 4 Jari, Ganjar: Cuma Ada 3 Pasang Calon

Ramai Gerakan Salam 4 Jari, Ganjar: Cuma Ada 3 Pasang Calon

Ganjar mengatakan pasangan capres-cawapres yang bertarung di Pilpres 2024 hanya tiga pasangan.

Baca Selengkapnya
Ngeri! Wanita Ini Tak Sadar Selama Ini Tidur Bareng Ular Usai Menemukan Kulitnya di Bawah Sprei

Ngeri! Wanita Ini Tak Sadar Selama Ini Tidur Bareng Ular Usai Menemukan Kulitnya di Bawah Sprei

Begitu terbuka, Eli melihat sebuah benda mirip kain berwarna putih di bawah sprei.

Baca Selengkapnya
Pengalaman Mencekam Wartawan Saat Pertama Kali Meliput Kasus Kematian Mengerikan: Terkena Badi Mayat, Pandangan Jadi Kosong

Pengalaman Mencekam Wartawan Saat Pertama Kali Meliput Kasus Kematian Mengerikan: Terkena Badi Mayat, Pandangan Jadi Kosong

Hazim melihat sosok seram korban jatuh dari bangunan dengan kepala pecah yang dia liput beberapa hari lalu berdiri di depan kamar mandi.

Baca Selengkapnya
BUNGKUS! Tipe-Tipe Makan Bareng Teman

BUNGKUS! Tipe-Tipe Makan Bareng Teman

Acara makan paling asyik bareng teman-teman. Nah, kalau sedang ngumpul begini, ada yang bergaya seperti Dreamitie yang satu ini nggak sih?

Baca Selengkapnya