Polisi Tentukan Nasib Nunung Hari Ini

Reporter : Muhammad Ilman Nafi'an
Senin, 22 Juli 2019 12:00
Polisi Tentukan Nasib Nunung Hari Ini
Nunung akan direhabilitasi atau tidak setelah polisi melakukan gelar perkara.

Dream - Nasib Nunung bakal ditentukan hari ini, Senin 22 Juli 2019. Polisi akan memutuskan apakah melanjutkan proses hukum atau hanya merehabilitasi komedian bernama asli Tri Retno Prayudati tersebut.

" Untuk penentuan yang disampaikan tadi (rehabilitasi), hari ini akan disampaikan, mungkin disampaikan hari ini," ujar Kepala Sub Direktorat 1 Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Polisi Jean Calvijn Simanjuntak.

Hingga kini, polisi telah melakukan dua kali gelar perkara terkait kasus komedian pengisi acara Ini Talkshow tersebut. " Sejauh ini kami akan melakukan peningkatan gelar perkara, kami sudah lakukan peningkatan gelar perkara dua kali," ucap Calvijn.

Nunung ditangkap bersama sang suami, July Jan Sambiran, di rumahnya, Tebet Timur, Jakarta Selatan, pada Jumat 19 Juli 2019.

Penangkapan pasangan selebritas itu berawal dari keterangan Hadi Moheriyanto alias Hery yang ditangkap polisi sebelumnya. Hery merupakan kurir yang mengantarkan sabu kepada Nunung.

Ketika menggeledah rumah Nunung, polisi menemukan sabu bekas pakai seberat 0,36 gram. Urine Nunung dan suami positif menggunakan narkoba.

1 dari 5 halaman

Nunung Minta Ditemani Suami Saat Gunakan Narkoba

Dream - Komedian Nunung (NN) dan suami, July Jan Sambiran (JJ) kini telah ditetapkan sebagai tersangka terkait kasus penyalahgunaan narkoba. Kasubdit 1 Ditresnarkoba Polda Metro Jaya, AKBP Jean Calvijn mengatakan, Nunung selalu meminta ditemani Sambiran ketika menggunakan narkoba.

" Dengan berbagai alasan minta ditemani," ujar Calvijn di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Minggu 21 Juli 2019.

Calvijn menerangkan, Sambiran juga pernah menasehati Nunung untuk berhenti mengonsumsi barang haram itu. Tapi, hingga kini keduanya masih tetap aktif mengonsumsinya.

" Tersangka JJ sudah beberapa kali juga menyampaikan kepada NN agar tidak menggunakan narkoba lagi, mengimbau supaya berhenti," ucap dia.

Menurut dia, Nunung kerap menggunakan narkoba setiap hari sebelum berangkat beraktivitas.

" NN Selalu menggunakan (narkoba) pagi hari sebelum beraktivitas," kata Calvijn.

2 dari 5 halaman

Astagfirullah, Nunung Pakai Narkoba Sejak 20 Tahun Lalu

Dream - Kabar soal penangkapan komedian Nunung karena penggunaan narkoba membuat kaget banyak orang. Sempat beredar kabar kalau salah satu pemain Srimulat ini baru saja menggunakannya selama 5 bulan.

Hal tersebut rupanya dibantah. Kasubdit 1 Ditresnarkoba Polda Metro Jaya, AKBP Jean Calvijn mengatakan, Nunung (NN) dan suami, July Jan Sambiran (JJ) awal menggunakan menggunakan narkoba lebih dari 20 tahun yang lalu.

 Sule unggah foto Nunung.

" Diakui sudah awal penggunaan 20 tahun yang lalu dan JJ bahkan lebih, sekitar 24 tahun yang lalu," ujar Calvijn di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Minggu 21 Juli 2019.

Calvijn menerangkan, Nunung dan Sambiran mulai intensif memesan barang haram kepada Hadi Moheriyanto alias Hery pada lima bulan terakhir. Polisi menangkap pasangan selebritis itu berkat informasi dari Hery.

Meski demikian, polisi terus mendalami keterangan dari Nunung dan suami untuk mengungkap jaringan peredaran narkoba.

" Mungkin masih ada jaringan lain. Karena kami melihat dan mendalami bukan saja satu sumber yang mereka dapati," ucap dia.

Dari hasil penyidikan, Nunung menggunakan narkoba untuk meningkatkan staminanya demi menunjang aktivitas yang padat.

Akibat perbuatannya, Nunung dan suami terancam hukuman penjara di atas lima tahun.

" Sudah ditetapkan sebagai tersangka di hari pertama, karena ini kan tertangkap tangan ya, untuk ancamannya diatas 5 tahun," kata dia. (mut)

3 dari 5 halaman

Nunung Tambah Daftar Artis Srimulat yang Terjerat Narkoba

Dream – Tri Retno Prayudati alias Nunung Srimulat bersama sang suami, July Jan Sambiran, ditangkap polisi karena terjerat kasus narkoba. Diketahui Nunung telah mengkonsumsi narkoba sejak lima bulan lalu.

 nunung dan iyan

Penangkapan Nunung atas penyalahgunaan narkoba menambah daftar panjang artis Srimulat yang terjerat narkoba.

Sebelum Nunung, ada empat komedian Srimulat yang berurusan dengan polisi karena narkoba, yaitu Doyok, Polo, almarhum Gogon, dan Tessy. Alasan yang kerap dilontarkan adalah menggunakan narkoba untuk meningkatkan staminanya untuk bekerja.

4 dari 5 halaman

Mulai dari Doyok dan Polo

Dikutip dari berbagai sumber, pada tahun 2000, Sudarmaji atau Doyok, ditangkap polisi karena kasus narkoba. Jenis narkoba yang dimilikinya adalah sabu. Kemudian, Pengadilan Negeri Tangerang menjatuhkan vonis penjara selama setahun. Doyok pun mendekam di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Tangerang selama menjalani hukuman penjara.

 Cerita Sebenarnya Doyok Hidup Mewah di Amerika

Selanjutnya, ada Polo. Artis lawak bernama asli Bharata Nugraha terjerat kasus narkoba selama dua kali. Yang pertama, pada 2000, dia ditangkap polisi karena memiliki sabu seberat 0,5 gram. Dia dijatuhi hukuman penjara selama 7 bulan.

Pada 2004, dia dicekal kedua kalinya. Pria ditangkap polisi dengan barang bukti sabu 0,6 gram. Polo dijatuhi hukuman penjara 1,5 tahun.

5 dari 5 halaman

Bagaimana dengan Gogon dan Tessy?

Artis Srimulat yang terjerat narkoba selanjutnya adalah almarhum Gogon. Pria bernama lengkap Margono ini ditangkap polisi karena penyalahgunaan narkoba. Narkoba yang dimilikinya adalah ekstasi. Pria ini dijatuhi hukuman penjara selama empat tahun.

 Pelawak Tessy Ditangkap Terkait Kasus Narkoba

Yang terakhir, ada Tessy. Dia ditangkap polisi karena memiliki sabu. Dia ditangkap bersama dua orang temannya pada 2014. Ketika ditangkap, Tessy muntah-muntah. Ternyata, dia minum cairan pembersih lantai sebelum digelandang ke kantor polisi.

Beri Komentar
Pengalaman Hidup Berharga Chiki Fawzi di Desa Ronting