Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Redam Gejolak, Gubernur Jatim Siap ke Papua

Redam Gejolak, Gubernur Jatim Siap ke Papua Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (Liputan6.com)

Dream - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, menyatakan siap terbang ke Papua guna meredam kerusuhan. Khofifah bakal memberikan penjelasan kepada warga Papua Barat mengenai peristiwa yang dialami mahasiswa Papua di Surabaya dan Malang.

"Saya siap dengan suka cita ke Papua, ikut arahan Pak Mendagri," ujar Khofifah, dikutip dari Liputan6.com, Selasa 20 Agustus 2019.

Khofifah akan berkoordinasi dengan Gubernur Papua, Lukas Enembe, dan Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan, di Surabaya. Mereka akan membahas tindak lanjut penanganan unjuk rasa sekaligus meredam emosi warga Papua dan Papua Barat.

"Pertemuan dengan Gubernur Papua dan Papua Barat akan diatur Mendagri. Plt Dirjen Otba jam 13.00 akan ke Grahadi. Jam 16.00 Pak Lenis juga ke Grahadi," kata dia.

Sebelumnya, Khofifah menyampaikan permohonan maaf atas insiden yang terjadi pada mahasiswa Papua di Surabaya dan Malang. Dia menyatakan insiden tersebut bersifat personal dan para aktornya tidak mewakili suara masyarakat Surabaya maupun Jawa Timur.

"Oleh karena itu saya ingin menyampaikan permohonan maag atas nama masyarakat Jawa Timur. Sekali lagi, itu tidak mewakili masyarakat Jawa Timur," kata Khofifah.

Sumber: Liputan6.com/Putu Merta Surya Putra

Demo Manokwari, Kapolri Ungkap Pemicu Warga Papua Terusik

Dream - Kapolri, Jenderal Tito Karnavian, mengatakan, kerusuhan yang terjadi di Papua terlecut karena kesalahpahaman. Dia mengatakan, ada kata-kata yang membuat warga Papua tak nyaman.

"Sehingga saudara kita di Papua merasa terusik," kata Tito, dilaporkan Liputan6.com, Senin, 19 Agustus 2019.

Tito menyebut, peristiwa di Malang dan Surabaya merupakan insiden kecil. Kasus ini telah diselesaikan oleh pejabat pemerintah setempat.

Tito meminta masyarakat agar menjaga kedamaian Tanah Papua. "Tolong jaga perdamaian Manokwari dan cinta kasih di Papua," kata Tito.

Kapolri menegaskan situasi keamanan di Papua saat ini berangsur kondusif. Dia akan mengirim pasukan tambahan untuk mendukung situasi kondusif di Papua.

 

Di Jayapura

Kerusuhan di Manokwari dan unjukrasa di Jayapura menjadi rentetan aksi berantai di Papua. Hal itu menyusul insiden pengepungan asrama disertai kekerasan terhadap mahasiswa Papua di Malang dan Surabaya beberapa waktu lalu.

"Efek Surabaya, Malang itu," Kapendam XVII/Cenderawasih Letkol Inf Eko Daryanto.

Menurut Eko, untuk di Jayapura sendiri tidak terjadi kerusuhan. Hanya saja, massa memblokir jalan utama menuju Bandara Sentani.

"Sementara tidak ada aksi (pengerusakan), tapi sudah aksi penutupan jalan ke bandara," jelas dia.

(Sah, Sumber: Liputan6.com/Muhammad Ali)

Kondisi Terkini Manokwari Setelah Terjadi Kerusuhan

Dream - Polri masih mampu mengendalikan situasi keamanan di Manokwari, Papua Barat, setelah terjadi kerusuhan pada Senin pagi, 19 Agustus 2019. Polri pun belum menetapkan status siaga satu.

"Namun demikian aparat keamanan tetap waspada, tetap memonitor setiap perkembangan yang terjadi di lingkungan," ujar Karopenmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Dedi Prasetyo, di Mabes Polri, Jakarta.

Polisi hingga kini terus melakuan sejumlah cara untuk meredam aksi yang melebar. Salah satu caranya yakni bernegosiasi dengan tokoh masyarakat dan tokoh adat.

Akibat kerusuhan ini, ada beberapa fasilitas publik yang dirusak massa seperti pembakaran Gedung DPRD Manokwari.

"Ada juga bangunan eks kantor gubernur (yang dirusak) dan ada beberapa fasilitas publik lainnya," ucap dia.

Selain fasilitas publik, ada juga beberapa anggota polisi yang mengalami luka-luka dalam peristiwa ini.

"Saat ini (korban) baru dari aparat kepolisian ada tiga orang korban, satu Karo Ops kemudian ada dua anggota yang pada saat proses negosiasi antara Pak Wagub, Pangdam, dan Kapolda, ada provokasi lemparan batu," kata Dedi.

Tiga Polisi Terluka Akibat Kerusuhan di Manokwari

Dream - Tiga polisi terluka akibat kerusuhan di Manokwari, Papua Barat. Para polisi itu terkena lemparan batu saat bernegoisasi dengan tokoh masyarakat setempat.

"Saat ini, korban tiga anggota. Satu Kaorops, dua anggota (polisi)," ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri, Brigjen Pol. Dedi Prasetyo, di Jakarta, Senin 19 Agustus 2019.

Dedi mengatakan, kerusuhan di Manokwari terjadi sebagai respon pengepungan asrama dan kekerasan terhadap mahasiswa Papua di Malang dan Surabaya.

Polisi menduga, aksi demonstrasi juga muncul karena konten rasisme dan diskriminatif terhadap warga Papua yang beredar di media sosial.

"Diduga mereka terprovokasi dengan konten yang disebar di sosmed. Konten ini membakar mereka yang dianggap aksi mereka diskriminasi," ucap dia.

Dedi menambahkan, tim siber Bareskrim Polri saat ini sedang memburu akun penyebar konten provokatif tersebut.

Tindakan Persuasif

Akibat provokasi ini, warga dan mahasiswa di Papua Barat memblokir sejumlah jalan di Manokwari. Mereka juga membakar sejumlah fasilitas publik. Dua di antaranya adalah Gedung DPRD Papua Barat dan eks kantor Gubernur Papua Barat.

Polri saat ini terus berupaya meredam kerusuhan di Manokwari, Papua Barat. Langkah-langkah komunikasi terhadap tokoh masyarakat setempat terus dilakukan.

"Kami lakukan tindakan persuasif, komunikasi antara Polri dengan seluruh tokoh. Diharapkan ini mampu meredam aksi masyarakat dan semoga tidak meluas," kata dia.

Sumber: Liputan6.com/Nanda Perdana Putra

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Iring-iringan Jenazah Lukas Enembe Ricuh, Pelipis Pj Gubernur Papua Berdarah Terkena Lemparan Batu

Iring-iringan Jenazah Lukas Enembe Ricuh, Pelipis Pj Gubernur Papua Berdarah Terkena Lemparan Batu

Dalam foto yang beredar, wajah Ridwan terlihat berdarah karena mengalami luka di bagian kiri wajah tepatnya di pelipis kiri atas.

Baca Selengkapnya
Jiwa NU-nya Diragukan Cak Imin, Khofifah: Dia Berjuang di NU Berapa Lama?

Jiwa NU-nya Diragukan Cak Imin, Khofifah: Dia Berjuang di NU Berapa Lama?

Respon Khofifah soal Cak Imin yang meragukan ke-NU-annya usai mendukung Prabowo-Gibran di Pilpres 2024.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
NOTED KAK! Ketika Sudah Berharap Ngajak Ngopi Bareng

NOTED KAK! Ketika Sudah Berharap Ngajak Ngopi Bareng

Sahabat Dream pernah gak sih ngajak teman buat ngopi bareng tapi malah mereka sudah ngopi duluan.

Baca Selengkapnya