Provinsi yang Alami Penurunan Kasus Covid-19 Diminta Bantu Daerah Lain

Reporter : Arini Saadah
Rabu, 16 Juni 2021 08:00
Provinsi yang Alami Penurunan Kasus Covid-19 Diminta Bantu Daerah Lain
Wiku menyebutkan adanya forum komunikasi antar pimpinan daerah adalah untuk menyelesaikan permasalahan secara bersama-sama.

Dream – Satuan Tugas Penanganan Covid-19 mengapresiasi provinsi yang mengalami penurunan kasus positif. Satgas meminta daerah-daerah tersebut terus menekan penyebaran Covid-19.

" Bagi provinsi yang mengalami penurunan kasus, saya apresiasi perkembangan yang baik ini, maka mohon agar terus dipertahankan," tutur Juru Bicara Pemerintah Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito, dalam kanal YouTube BNPB Indonesia, Selasa 15 Juni 2021.

Dalam grafik yang dipublikasikan oleh Satgas, terlihat ada 12 provinsi yang mengalami penurunan kasus mingguan. Wiku berharap provinsi-provinsi tersebut membantu daerah lain yang mengalami kenaikan kasus Covid-19.

" Apabila provinsi-provinsi ini dapat mempertahankan penurunan kasusnya, dapat kemudian membantu wilayah tetangga yang masih mengalami kenaikan kasus terutama terkait dengan fasilitas pelayanan kesehatan pasien Covid-19 agar penanganan dapat dilakukan dengan efektif," tambah Wiku.

1 dari 2 halaman

Saling Bantu Antardaerah

Ilustrasi© Merdeka.com

Provinsi-provinsi yang mengalami penurunan kasus mingguan Covid-19 adalah Sulawesi Utara, Sumatera Selatan, Kalimantan Timur, Papua Barat, Sulawesi Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, Sumatera Barat, NTT, NTB, Kepulauan Bangka Belitung, dan Riau.

Daerah-daerah seperti Sulawesi Utara dan Sulawesi Barat, kata Wiku, bisa membantu penanganan Covid-19 di Sulawesi Selatan, Tenggara, dan Tengah.

" Seperi misalnya Gorontalo, Sulawesi selatan, Tenggara dan Tengah sedang mengalami kenaikan kasus, sedangkan Sulawesi Utara dan Barat sudah mengalami pnurunan kasus. Apabila dibutuhkan dan memungkinan maka Sulawesi Utara dan Barat bisa membantu penanganan Covid-19 di Sulawesi Selatan, Tenggara dan Tengah. Begitu pun dengan provinsi di Pulau Sumatera dan Kalimantan," terangnya.

© Dream
2 dari 2 halaman

Gotong Royong Karakter Bangsa

Gubernur Sulawesi Tenggara© Merdeka.com

Sikap gotong royong ini, kata Wiku, sudah menjadi karakter Bangsa Indonesia yang perlu diterapkan dalam penanganan Covid-19 antar daerah. Hal ini dilakukan untuk mengurangi beban daerah yang mengalami lonjakan kasus mingguan.

" Sikap gotong royong yang sudah menjadi karakter Bangsa Indonesia perlu untuk diterapkan dalam penanganan Covid-19 antar daerah, dan ini agar daerah yang sedang mengalami kenaikan kasus tinggi tetap dapat melakukan pengendalian Covid-19 secara maksimal dengan mengurangi bebannya. Misal hanya memberikan bantuan logistik, sarana prasarana dan lain-lain yang dibutuhkan," tambahya.

Ia menyebutkan adanya forum komunikasi antar pimpinan daerah adalah untuk menyelesaikan permasalahan secara bersama-sama.

" Manfaat forum komunikasi antar pimpinan daerah untuk menyelesaikan permasalahan bersama-sama. Pemerintah pusat pun siap membantu jika dari upaya kemandiarian antar daerah tetap tidak menemukan soulsi dari masalah yang dihadapi," tegasnya.

Ia menegaskan varian apapun virus corona yang ada di masyarakat, jika semua masyarakat patuh pada protokol kesehatan dan kebijakan pemerintah, maka penularan ini dapat diatasi.

“ Apapun varian Covid-19 yang ada di masyarakat apabila kita semua patuh dan disiplin terhadap protokol kesehatan, dan patuh kepada seluruh kebijakan pemerintah, maka dapat meminimalisasi tingkat penularan yang terjadi di masayrakat,” ujar Wiku.

Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

Beri Komentar