Tips Aman selama Mudik Lebaran

Reporter : Tantiya Nimas Nuraini
Sabtu, 1 Juni 2019 08:30
Tips Aman selama Mudik Lebaran
Sudah siapkah kalian untuk mudik? udah tahu tips mudik yang aman? Yuk baca tips mudik yang aman selama mudik lebaran. Selamat Membaca!

Dream – Musim mudik sudah tiba. Ratusan ribu, bahkan jutaan orang, yang berada di perantauan pulang kampung untuk merayakan ulang tahun bersama keluarga.

Mungkin Sahabat Dream merupakan salah satu di antara jutaan orang yang mudik tahun ini. Apalagi saat ini sudah mendekati Lebaran. Pasti sudah ada beberapa rencana perjalanan yang kalian susun.

Tapi berhati-hatilah. Momen mudik Lebaran sering dimanfaatkan oleh oknum-oknum jahat untuk melakukan tindakan kriminal apapun bentuknya. Susana yang ramai dan penuh orang inilah yang membuat para oknum kejahatan dapat dengan mudah melakukan tindakan kriminal.

Memang kita tidak boleh berpikiran negatif dulu, tapi tidak ada salahhnya kan kalau kita meminimalisir peluang kejahatan disekitar kita.

Berikut Dream telah merangkum beberapa tips mudik yang aman selama mudik lebaran dari berbagai sumber.

1 dari 6 halaman

Tips 1. Cek Kondisi Kendaraan

Sahabat Dream harus memulai mudik Lebaran dengan mengecek kondisi kendaraan yang akan digunakan. Tidak hanya kendaraan pribadi saja yang harus diperhatikan, apabila kalian ingin menggunakan kendaraan umum juga harus mengetahui kelayakan kendaraan untuk perjalanan jauh.

 Tips Aman selama Mudik Lebaran

Periksalah ban kendaraan baik itu yang telah terpasang maupun ban cadangan, apakah ban tersebut dalam kondisi baik atau tidak. Selain itu, perhatikan kelengkapan kendaraan seperti dongkrak, kunci pas, pompa, dan juga sparepart cadangan pada kendaraan anda. Paling penting adalah kendaraan yang akan digunakan harus dipastikan dalam kondisi baik.

2 dari 6 halaman

Tips 2. Perhatikan Barang Berharga

Tips mudik yang aman adalah jangan memakai perhiasan yang berlebiihan dan terlalu mencolok. Perhiasan yang mencolok dipandang mata akan memberikan peluang akan adanya tindakan kriminal. Selain itu, Sahabat Dream jangan terlalu sering memainkan smartphone ya.

 Tips Aman selama Mudik Lebaran

Ponsel atau smartphone memang bisa mengurangi tingkat kebosonan kita dalam melakukan perjalanan jarak jauh. Akan tetapi buat Sahabat Dream yang memilih mudik menggunakan kendaraan umum sebaiknya jangan terlalu sering mengeluarkan ponsel ya agar tidak terjadi tindakan kriminal kepada kalian.

3 dari 6 halaman

Tips 3. Bawa Uang Tunai Secukupnya

 Tips Aman selama Mudik Lebaran

Tips mudik yang aman selanjutnya adalah jangan terlalu banyak membawa uang tunai. Bawalah uang tunai secukupnya saja, paling tidak bisa buat membeli makanan dan minuman selama di perjalanan. Tips ini tidak hanya berlaku buat para Sahabat Dream yang mudik menggunakan kendaraan umum saja, mudik dengan kendaraan pribadipun juga harus diperhatikan.

4 dari 6 halaman

Tips 4. Jangan menerima makanan atau minuman dari orang asing

 Tips Aman selama Mudik Lebaran

Modus kejahatan yang sering dialami para pemudik salah satunya adalah menghiptonis dengan sebelumnya memberikan makanan atau minuman. Modus ini telah digunakan di sejumlah daerah, untuk itu bagi Sahabat Dream harus ekstra hati-hati ya dengan pemberian apapun itu dari orang asing.

5 dari 6 halaman

Tips 5. Jaga Kondisi Tubuh

 Tips Aman selama Mudik Lebaran

Menjaga kondisi tubuh sebelum dan selama melakukan perjalanan mudik sangatlah penting bagi Sahabat Dream. Istirahat dan tidurlah yang cukup sebelum melakukan perjalanan agar keesokan harinya perjalanan kalian bisa nyaman dilakukan.

Tips mudik yang aman adalah jangan terlalu memaksakan menjalankan puasa apabila telah dirasa kondisi tubuh tidak baik. Perut yang kosong dapat membuat Sahabat Dream merasakan mual dan muntah apalagi ditambah dengan kondisi badan yang memang tidak fit.

6 dari 6 halaman

Tips 6. Gunakan GPS (The Global Positioning System)

 Tips Aman selama Mudik Lebaran

Sahabat Dream harus menyalakan GPS di ponsel pribadi maupun di ponsel orang terkasih setiap saat. Hal ini bertujuan agar dapat mengetahui keberadaan posisi satu sama lain. Apabila buruknya salah satu keluarga mendapat tindakan kriminal, kalian tau dimana posisi dan keberadaan keluarga kalian tersebut secara akurat.

Selain itu, simpanlah nomor-nomor penting ke dalam kontak ponsel Sahabat Dream seperti nomor kantor polisi, ambulans, pemadam kebakaran, dan nomor penting lainnya.

(sumber: id.theasianparent.com)

Beri Komentar