Mantan Menteri Kisahkan Rahasia Habibie Saat Kuliah

Reporter : Maulana Kautsar
Minggu, 15 September 2019 14:00
Mantan Menteri Kisahkan Rahasia Habibie Saat Kuliah
Wardiman bercerita mengenai Habibie Center dan keterbukaan Habibie.

Dream - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan era Kabinet Pembangunan VI, Wardiman Djojonegoro mengisahkan kenangan bersama Presiden ke-3 RI, Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie.

Salah satu kisahnya, Wardiman mengatakan, Habibie merupakan sosok yang terbuka. Bahkan terhadap penyakitnya semasa sekolah. Seperti diketahui, Wardiman berteman dengan Habibie sejak kuliah di Bandung dan Jerman.

" Dari awal dia selalu terbuka, dia sakit apa sejak mahasiwa, jadi sekarang tidak heran," ujar Wardiman kepada Dream, Jumat, 13 September 2019.

Selain keterbukaan, Habibie dalam kenangan Wardiman merupakan sosok yang visioner. Salah satu visinya muncul dengan pendirian Habibie Center.

Melalui lembaga itu, kata Wardiman, Habibie ingin mengawal demokrasi Indonesia. Habibie tidak ingin demokrasi terhenti meski banyak gangguan.

" Ini contoh, demokrasi banyak gangguannya. Demokrasi itu ada kebebasan berpendapat, di banyak negara demokrasi, tapi kebebasan berpendapat dikekang. Ada juga minoritas," kata dia.

1 dari 6 halaman

Cita-cita Habibie

Selain itu, ada cita-cita Habibie yang hingga kini terus diusahakan, yaitu meningkatkan mutu sumber daya manusia (SDM) Indonesia. Upaya peningkatan SDM itu tak banyak diketahui publik.

Wardiman selalu ingat pesan Habibie untuk meningkatkan SDM Indonesia. Dia menyontohkan upaya peningkatan SDM Indonesia itu melalui industri strategis.

" Man, selalu perhatikan, negara untuk maju, kemajuan aset paling penting manusianya. SDM indonesia harus ditingkatkan," ucap dia menirukan Habibie.

Dalam rapat-rapat ICMI, kata Wardiman, Habibie juga selalu berpesan untuk meningkatkan mutu SDM Indonesia, selain tentu saja iman dan takwa.

2 dari 6 halaman

Potret Manis Tifani, Cucu BJ Habibie yang Dijuluki Ainun Muda

Dream - Bapak Teknologi BJ Habibie menutup usia di RSPAD Gatot Soebroto pada Rabu, 11 September 2019. Beliau dikebumikan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, tepat di samping makam Ainun Habibie.

Kabar duka dibagikan oleh sang putra, Thareq Habibie. Pria dengan julukan 'Mr. Crack' itu diketahui telah lama berjuang melawan penyakit jantung yang dideritanya.

Sepanjang hidupnya, Bacharuddin Jusuf Habibie telah berjasa di dunia teknologi dan penerbangan. Lulusan Universitas Teknologi Rhein Westfalen Aachen itu sempat menjabat sebagai Menteri Negara Riset dan Teknologi.

BJ Habibie kemudian menggantikan Soeharto sebagai Presiden Republik Indonesia ke-3 pada 1998. Selain itu, BJ Habibie juga dikenal dengan kisah cintanya bersama Hasri Ainun Besari.

Cinta mereka tak pernah pudar meski sempat berpisah di 2010 ketika Ainun lebih dahulu meninggal. Kisah mereka bahkan telah diangkat menjadi tiga judul film.

Film pertama 'Habibie & Ainun' sukses merebut hati publik pada 2012. Cerita disambung oleh prekuel 'Rudy Habibie' di 2016. Sebentar lagi, 'Habibie & Ainun 3' akan menyusul pada akhir tahun dengan menceritakan masa muda Ainun.

Film tersebut akan diperankan oleh Maudy Ayunda sebagai Ainun muda. Selain Maudy, rupanya cucu BJ Habibie juga turut andil dalam film tersebut.

Ia adalah Tifani Habibie, putri Ilham Akbar Habibie. Tifani kerap dijuluki sebagai 'Ainun muda' karena berparas mirip dengan mendiang Eyang Putri.

Intip potret kemiripan mereka di bawah ini:

3 dari 6 halaman

Cucu BJ Habibie

Tifani merupakan putri pasangan Ilham Akbar Habibie dan Insana Abdul Adjid. Putra sulung BJ Habibie itu memiliki tiga orang anak. Salah satunya adalah Tifani yang berparas jelita.

 Tifani Habibie

Foto: Instagram Tifani Habibie

4 dari 6 halaman

Dekat dengan Eyang Habibie

Hubungan Tifani dengan BJ Habibie cukup erat. Ia kerap menghabiskan waktu bersama sang kakek, hingga menyempatkan diri untuk bermalam minggu.

 Tifani Habibie

Foto: Instagram Tifani Habibie

Tifani beserta 5 cucu lainnya juga setia menemani sang kakek ketika terbaring di rumah sakit.

5 dari 6 halaman

Berparas Cantik

Meski masih muda, Tifani juga tak kalah cantik dengan cucu BJ Habibie yang sudah berusia lebih tua.

 Tifani Habibie

Foto: Instagram Tifani Habibie

Berkulit eksotis dengan rambut pendek membuat Tifani dinilai berparas serupa dengan Ainun Habibie ketika masih kecil. Gimana menurutmu?

 

6 dari 6 halaman

Gaya Sederhana

Selain cantik, Tifani juga memiliki gaya busana sederhana. Penampilannya enak dilihat meski terkesan simpel. Intip saja potret cantik Tifani dengan hanya memakai kaos turtleneck.

 Tifani Habibie

Foto: Instagram Tifani Habibie

Beri Komentar
Pengakuan Mencengangkan Aulia Kesuma, Dibalik Rencana Pembunuhan Suami dan Anak Tirinya