Bahaya `Teman Tapi Mesra` dalam Pandangan Islam

Reporter : Ahmad Baiquni
Selasa, 9 Oktober 2018 12:01
Bahaya `Teman Tapi Mesra` dalam Pandangan Islam
Pertemanan khusus dapat mengarahkan pada perselingkuhan.

Dream - Menjalin kedekatan dengan orang lain tentu jadi sifat dasar manusia. Hal itu dilakukan sebagai bagian dari interaksi dan menguatkan persaudaraan.

Tetapi, ada sebagian orang yang ternyata memiliki kedekatan dengan lawan jenis. Keduanya bukan pasangan suami istri, namun hubungannya sangat dekat.

Istilah gaulnya, 'TTM' alias 'Teman Tapi Mesra'. Saking mesranya, keduanya bahkan kerap meluangkan waktu agar bisa bersama.

Lantas, bagaimana pandangan Islam mengenai hal ini?

Dikutip dari Rumah Fiqih Indonesia, Ustaz Ahmad Sarwat Lc., mengingatkan setiap perselingkuhan terjadi diawali dengan pertemanan. Apalagi jika sifatnya sudah TTM.

Islam melarang adanya TTM karena dampaknya yang sangat berbahaya. Setiap TTM dikhawatirkan berujung pada zina yang diharamkan, seperti tertuang dalam Surat Al Isra' ayat 32.

" Dan janganlah kamu mendekati zina, sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji dan suati jalan yang buruk."

Pertemanan sebenarnya tidak dilarang dalam Islam. Ini karena sifat dasar manusia yang selalu ingin beriteraksi dengan sesamanya. Tetapi, tentu pertemanan yang dimaksud dalam Islam bukan TTM.

Dalam sudut pandang Islam, hubungan TTM bisa mengarah pada khalwat antara laki-laki dan perempuan yang tidak memiliki hubungan kemahraman. Khalwat di sini lebih mengarah pada makna kencan.

Dalam hadis riwayat Bukhari, Muslim, Ahmad, Ibnu Majah, Thabarani, Baihaqi, dan lain-lain, Rasulullah Muhammad SAW bersabda,

" Jangan sekali-kali seorang lak-laki menyendiri (khalwat) dengan wanita kecuali ada mahramnya. Dan janganlah seorang wanita bepergian kecuali bersama mahramnya."

Islam secara tegas melarang khalwat atau menyepinya dua orang laki-laki dan perempuan tanpa hubungan mahram. Rasulullah SAW sampai mengingatkan apabila hal itu terjadi, maka dipastikan ada pihak ketiga yaitu setan.

Selengkapnya...

(ism)

 

Beri Komentar
Tutorial Liga Dangdut Indonesia Audisi Online