Ini Ucapan Selamat Idul Fitri yang Tepat

Reporter : Ahmad Baiquni
Minggu, 17 Juni 2018 06:02
Ini Ucapan Selamat Idul Fitri yang Tepat
Kita sering mendapat ucapan 'Minal aidzin wal faidzin.'

Dream - Idul Fitri merupakan momen begitu indah bagi umat Islam. Usai menjalani puasa sebulan penuh pada Ramadan, umat Islam merayakan Idul Fitri dengan penuh kegembiraan.

Saat Idul Fitri, kita mungkin kerap mendapat ucapan selamat. Kalimat ucapan itu berbunyi 'minal 'aidzin wal faidzin' dan banyak orang melanjutkan dengan kalimat 'mohon maaf lahir dan batin'.

Ucapan tersebut lazim terjadi di masyarakat. Padahal, kalimat tahniah (ucapan selamat) seperti itu rupanya keliru. Lantas apa yang tepat?

Dikutip dari NU Online, dalam banyak literatur Islam, ternyata ada tradisi yang kerap dilakukan para sahabat ketika merayakan Idul Fitri. Mereka biasa mengucapkan selamat kepada para Muslim yang berhasil menjalankan puasa selama sebulan penuh.

Lafal ucapan tersebut yaitu, " Taqabbalallaahi minnaa wa minkum." Artinya, " Semoga Allah menerima (amal ibadah Ramadan) kami dan engkau."

Ucapan di atas ada yang menambahkan dengan " Taqabbal yaa kariim, wa ja'alanaallaahu wa iyyaakum minal 'aaidiin wal faaiziin."  Ada juga yang menambahi dengan " Wal maqbuulin kullu 'ammin wa antum bi khair."

Jika dirangkai, maka lafalnya berbunyi " Taqabbalallaahi minnaa wa minkum taqabbal yaa kariim, wa ja'alanaallaahu wa iyyaakum minal 'aaidin wal faaiziin wal maqbuulin kullu 'ammin wa antum bi khair."

Artinya, " Semoga Allah menerima (amal ibadah Ramadlan) kami dan kamu. Wahai Allah Yang Maha Mulia, terimalah! Dan semoga Allah menjadikan kami dan kamu termasuk orang-orang yang kembali dan orang-orang yang menang serta diterima (amal ibadah). Setiap tahun semoga kamu senantiasa dalam kebaikan."

Jika terlalu panjang, cukup menggunakan kalimat 'Taqabbalallahu minna wa minkum.' Bukan dengan 'Minal aidzin wal faidzin.'

Ibnu Hajar Al Asqalani dalam kitab Fathul Bari berpendapat demikian.

" Jika Para sahabat Rasulullah saling bertemu di hari raya, sebagiannya mengucapkan kepada sebagian lainnya, 'Taqabbalallahu minnaa wa minkum'."

Selengkapnya...

(ism) 

Beri Komentar