Bekas Gudang Rudal Jadi Tempat Tinggal Dijual Rp8,1 miliar

Reporter : Mutia Nugraheni
Senin, 27 Juni 2022 14:12
Bekas Gudang Rudal Jadi Tempat Tinggal Dijual Rp8,1 miliar
Cocok sebagai rumah perlindungan.

Dream - Gudang rudal milik bekas pasukan Amerika Serikat punya fasilitas tempat tingga bawah tanah yang tentunya tidak biasa. Siapa sangka kalau gudang tersebut yang sudah terbengkalai dan tak lagi dipakai kini dijual ke publik.

Rumah bekas gudang rudal© Banc Wise Realty

Foto: Banc Wise Realty via Zillow.com

Berlokasi di bawah tanah, tempat ini dari luar terlihat hanya berupa pintu beton, namun bagian dalamnya merupakan rumah perlindungan. Dikutip dari Zillow.com, luas gudang ini sekitar 116,6 meter persegi.

Rumah bekas gudang rudal© Banc Wise Realty via Zillow.com

Foto: Banc Wise Realty via Zillow.com

 

1 dari 5 halaman

Lihat Bagian Dalamnya yang Sangat Menarik

Rumah bekas gudang rudal© Banc Wise Realty via Zillow.com


Di dalamnya terdapat dapur yang cukup lengkap. Mulai dari kompor, peralatan makan, kitchen island dengan konsep terbuka dan penataan yang cukup rapi. Tak ketinggalan ruang makan.

Meja makan© Banc Wise Realty

Ada juga ruang tidur yang sangat nyaman. Begitu juga kamar mandi yang dilengkapi bath up dengan air panas. Cocok untuk untuk mereka yang mencari hunian untuk perlindungan.

Rumah bekas gudang rudal© Banc Wise Realty

Bekas gudang ini dijual seharga US $550.000 atau Rp8,1 miliar. Dengan ketebalan dinding beton bertulang setebal 2,5 kaki, gudang ini bisa jadi tempat tinggal dengan perlindungan maksimal.

2 dari 5 halaman

Dari Luar Rumah Tampak Kecil, Isinya Seperti Kastil

Dream - Sebuah rumah di kawasan Mount Washington, Pennsylvania dari luar tampak begitu mungil dan tua. Seperti hunian lawas yang membuat orang mengira rumah ini tak terurus.

Siapa sangka bagian dalamnya seperti kastil mini. Interiornya bernuansa Kerajaan klasik dengan banyak furnitur berdesain mewah. Rumah ini memiliki tiga kamar tidur, dan tiga kamar mandi.

Rumah kastil© Zillow

Foto: Zillow

Dibangun pada 2003, tapi memasuki rumah ini seperti masuk kapsul waktu dan berada di abad pertengahan. Kursi-kursi besar dengan banyak ukiran, lampu gantung, tirai beludru membuat rumah seperti kerajaan kecil.

Rumah kastil© Zillow

Foto: Zillow

 

3 dari 5 halaman

Detail Memukau

Rumah kastil© Zillow

Nuansa kayu tampak mendominasi. Meja batu marmer juga sangat menonjolkan aksen kemewahan.

Rumah kastil© Zillow

Meja dan lemari kayu ditempat di beberapa sudut yang modelnya cukup klasik. Lampu pun dipilih yang memiliki desain senada.

Rumah kastil© Zillow

Tak ketinggalan kamar tidur yang dilengkapi dengan wallpaper motif etnik dengan karpet motif binatang. Seperti tidur di kamar Raja.

Rumah ini rupanya dijual seharga U$ 1.699.900 atau sekitar Rp24,5 miliar. Ingin membelinya, Sahabat Dream?

Sumber: Zillow

4 dari 5 halaman

Lebar Rumah Hanya 4 Meter, Bagian Dalamnya Seperti Resort

Dream - Rumah toko (ruko) identik dengan bangunan sempit, penuh barang, dan tak nyaman untuk ditinggali. Hal ini tak sepenuhnya tepat. Bangunan bisa jadi fungsional dan nyaman dengan penataan yang tepat.

Seperti sebuah ruko di kawasan Dien Bien Phu, Vietnam. Dari luar, tampak seperti bangunan kaku tapi dengan banyak pepohonan di tiap lantainya. Ruko ini dirancang oleh tim dari Ho Khue Architects.

Garden House© Hiroyuki Oki

Foto: Hiroyuki Oki via Archdaily

 

5 dari 5 halaman

Banyak Bukaan

Bagian bawahnya merupakan toko cat, sementara di bagian atas adalah hunian yang memiliki banyak bukaan serta tanaman. Lebar rumah hanya 4 meter, hal ini membuat arsitek harus putar otak agar bangunan tetap memiliki sumber cahaya dan ventilasi udara yang memadai.

Garden House© Hiroyuki Oki

Foto: Hiroyuki Oki via Archdaily

Hasilnya dibuat skylight sehingga tiap sudut rumah mendapat cahaya matahari. Tiap ruangan juga memiliki partisi berlubang agar udara bisa mengalir optimal dan tak terasa pengap.

Garden House© Hiroyuki Oki

Foto: Hiroyuki Oki via Archdaily

Dibuat taman mungil di beberapa sudut. Tanaman juga ditaruh di tiap lantai agar rumah terasa segar. Desainnya mengusung tema modern tropis yang praktis. Hasilnya, ruko ini tampak berkesan seperti resort tersembunyi di tengah kota.

Sumber: Archdaily

Beri Komentar