Hebohnya Bawaan Anak SD Jepang di Hari Pertama Sekolah

Reporter : Mutia Nugraheni
Senin, 26 September 2022 13:12
Hebohnya Bawaan Anak SD Jepang di Hari Pertama Sekolah
Penasaran apa saja yang dibawa?

Dream - Jepang dikenal dengan sistem pendidikannya yang sangat disiplin dan berkualitas. Anak-anak sejak usia di bawah lima tahun (balita) sudah dilatih untuk mandiri. Memasuki sekolah dasar (SD) mereka pun sudah terbiasa mengatur dan merapikan barang-barangnya sendiri.

Terutama saat di sekolah di mana guru dan pendamping hanya mengawasi dan mengarahkan. Aktivitas anak tingkatan SD selain mendapat materi pelajar tapi juga ditekankan pada kemandirian. Hal ini membuat mereka membawa banyak peralatan dan perlengkapan ke sekolah di hari pertama sekolah.

Rupanya di hari pertama ke sekolah, murid di Jepang bawaannya cukup heboh. Hal ini digambarkan oleh akun Instagram @bale_tenun, orang Indonesia yang tinggal di Jepang.

Anak SD Jepang© Instagram @bale_tenun

Lewat sebuh video ia memperlihatkan anak lelakinya yang bersekolah di salah satu SD Jepang. Tampak sang putra membawa tas punggung, dengan tas yang juga dijinjing di tangan kanan dan kiri.

Anak SD Jepang© Instagram @bale_tenun

Termasuk juga botol minum yang digantung di leher, lalu tas mungil yang diikat di tas punggung terlihat bergelantungan. Penasaran apa saja yang dibawa?

 

1 dari 5 halaman

Daftar Barang yang Harus Dibawa

Pemilik akun Instagram @bale_tenun menuliskan barang-barang yang harus dibawa putranya ke sekolah di hari pertama. Bukan hanya buku, pensil dan alat tulis lain, tapi juga beberapa barang yang memang cukup banyak.

Anak sekolah Jepang© Instagram @bale_tenun

Berikut daftarnya.

1. Tas punggung khusus bernama Randsel/Randoseru berisi buku cetak, buku tulis, alat tulis.
2. Tas buku dan alat musik (pianika, suling recorder)
3. Tas alat lukis (cat warna, kuas, lap, palet)
4. Tas buku perpustakaan yg harus dikembalikan
5. Tas alat kaligrafi (kertas gulung, kuas, tinta, besi penahan)
6. Tas/kantung baju olahraga
7. Tas/kantung topi&celemek untuk tugas menyiapkan makan siang
8. Tas/kantung sepatu indoor umum dan sepatu indoor khusus lapangan olahraga (di Kansai dibedakan, di Kanto tidak)
9. Tas khusus bantalan duduk yang juga sebagai alat pelindung kepala saat bencana
10. Tas bekal makan siang bagi yag Muslim karena sekolah di Jepang umumnya tidak menyediakan makanan halal

2 dari 5 halaman

Lihat Sibuknya Anak SD di Jepang Hari Pertama Sekolah

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Bale Tenun (@bale_tenun)

3 dari 5 halaman

Farel Prayoga ke Sekolah Naik Private Jet Crazy Rich Batulicin

Dream - Penyanyi cilik asal Banyuwangi, Jawa Timur, Farel Prayoga saat ini sangat sibuk. Ia banyak mendapat tawaran bernyanyi di berbagai kota di Indonesia. Salah satunya ke daerah Kalimantan.

Sejak tampil di Istana Negara pada perayaan 17 Agustus 2022 lalu, nama Farel memang makin melejit. Banyak yang penasaran ingin melihat dan mendengar suara indah Farel secara langsung.

Kesibukan menyanyi, tak lantas membuat Farel meninggalkan bangku sekolah. Ia tetap bersekolah dan berusaha datang tepat waktu.

Untuk membantu Farel tak telat datang ke sekolah, Haji Isam yang terkenal sebagai crazy rich Batulicin turun tangan. Pengusaha batubara itu meminjamkan jet pribadinya untuk mengantarkan Farel pulang ke Banyuwangi. 

Jet Pribadi© Instagram

Hal ini diketahui dari unggahan akun Instagram @zidniyazidni, salah satu kerabat Haji Isam. Ia mengunggah foto dirinya saat mengantar Farel pulang ke Banyuwangi. Farel bahkan sudah mengenakan seragam sekolah.

 

4 dari 5 halaman

Duduk Manis di Jet

Farel© Instagram

Farel pun tampak girang dan duduk manis di jet pribadi yang mengantarkannya langsung ke rumah agar bisa sekolah. Siapa sangka, bocah yang sebelumnya mengamen di jalan ini kini naik private jet untuk ke sekolah.

5 dari 5 halaman

Farel Lapor ke Jokowi

Akun Instagram @zidniyazidni juga mengunggah video Farel yang melaporkan aktivitasnya pada Presiden Jokowi. Farel mengungkap kalau ia tetap mengutamakan sekolah dan berterimakasih pada Haji Isam yang membantunya ke sekolah tepat waktu. Berikut videonya.

Beri Komentar