Para Orangtua, Ini 5 Kunci Memiliki Anak yang Saleh

Reporter : Mutia Nugraheni
Rabu, 21 Februari 2018 15:57
Para Orangtua, Ini 5 Kunci Memiliki Anak yang Saleh
Sebagai orangtua dan muslim yang baik, tentunya Sahabat Dream berharap memiliki keturunan yang saleh.

Dream - Tanggung jawab menjadi orangtua begitu besar. Tentunya sebagai orangtua kita ingin mendidik putra-putri kesayangan agar memiliki akhlak yang baik dan kelak bisa menjadi 'penyelamat' yaitu menjadi amal yang tak terputus.

Hal tersebut berdasarkan sabda Nabi shallallahu dari hadits Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu:

" Jika seorang hamba telah meninggal dunia maka terputuslah seluruh amalannya kecuali tiga perkara : sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat atau anak saleh yang mendoakannya” (HR Muslim no.1631)

Oleh karena itu para Nabi dan orang-orang saleh terdahulu memiliki perhatian khusus dalam perkara ini, karena didalamnya terdapat kebaikan yang sangat besar. Seperti dikutip dari Al-atsariyyah.co, Allah SWT berfirman dalam surah Al-Imran ayat 38:

“ Di sanalah Zakariya berdoa kepada Tuhannya seraya berkata: “ Ya Tuhanku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar do’a" .

Sebagai orangtua dan muslim yang baik, tentunya Sahabat Dream berharap memiliki keturunan yang saleh. Bukan hanya anak tapi juga cucu, cicit dan keturunan selanjutnya. Ada lima kunci demi mendapat keturunan yang saleh, yaitu:

1. Berdoa kepada Allah
Allah SWT telah memerintahkan hamba-hambaNya untuk berdoa dan meminta kepadaNya, serta memberi jaminan akan mengabulkan doa mereka :

“ Dan Tuhanmu berfirman: “ Berdo’alah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari berdoa kepada-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina”. (Al-Mu’min : 60).

2. Memperbaiki diri
Setelah menjadi orangtua, teruslah mencoba memperbaiki diri. Setelah memiliki keluarga tugas orangtua adalah menjaga anak-anaknya dari api neraka. Anak tentunya akan menjadikan orangtua contoh. Jangan sampai menjadi contoh yang buruk.

3. Memilih istri/ suami yang saleh
Barangsiapa yang ingin memiliki hasil panen yang baik dan berkualitas maka hendaknya ia mencari tanah yang baik dan berkualitas pula. Di antara hikmah yang besar dari sebuah pernikahan adalah untuk menghasilkan keturunan yang saleh yang hanya menyembah Allah Ta’ala dan berbakti kepada kedua orang tuanya.

Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda : “ Wanita itu dinikahi karena empat perkara : karena harta, nasab, kecantikan dan agamanya, maka pilihlah yang memiliki agama pasti kalian akan beruntung.” (HR Al-Bukhary dan Muslinm no.5090)

Selengkapnya baca di sini.

Sumber: al-atsariyyah.com

Beri Komentar