Si Kecil Keluhkan Sakit Kepala, Kapan Harus ke Dokter?

Reporter : Mutia Nugraheni
Sabtu, 16 Juli 2022 15:31
Si Kecil Keluhkan Sakit Kepala, Kapan Harus ke Dokter?
Banyak hal yang bisa memicu anak mengalami sakit kepala. Ada yang butuh penanganan medis segera atau hanya butuh istirahat.

Dream - Sakit kepala merupakan gejala yang sering dialami orang dewasa. Anak-anak juga bisa mengalaminya tapi kadang mereka tak bisa menjelaskannya dengan baik sehingga kita tak tahu kondisinya secara detail.

Saat anak mengeluhkan pusing atau sakit kepala, mungkin akan menimbulkan sedikit kekhawatiran. Banyak hal yang bisa memicu anak mengalami sakit kepala. Ada yang butuh penanganan medis segera atau hanya butuh istirahat.

Penting bagi orangtua untuk mencari tahu penyebabnya. Dikutip dari KlikDokter.com, berikut beberapa penyebab anak mengeluhkan sakit kepala.

1. Faktor Genetik
Menurut penelitian, 3,5-5 persen anak pernah mengalami migrain, dan faktor yang berperan adalah genetik. Anak yang mengalami migrain memiliki setidaknya satu anggota keluarga dengan riwayat serupa.

2. Mata Lelah
Terlalu lama di depan layar gadget, ponsel maupun televisi, apalagi dengan posisi kepala yang salah seperti menunduk terlalu lama, dapat menyebabkan sakit kepala.

3. Pola Makan
Anak yang tidak sarapan atau belum makan dapat mengalami sakit kepala. Selain itu, kandungan pada bahan makanan seperti zat pengawet, pemanis buatan, atau kafein juga bisa menjadi pencetus.

 

1 dari 3 halaman

Ketahui Waktu yang Tepat ke Dokter

4. Dehidrasi
Saat dehidrasi, otak kekurangan asupan oksigen sehingga pembuluh darah di otak melebar sebagai cara untuk memenuhi kebutuhannya. Namun, hal ini malah dapat mengakibatkan nyeri kepala.

5. Infeksi
Beberapa proses infeksi dapat memicu sakit kepala, seperti flu, sinusitis, dan infeksi pada telinga. Selain itu, infeksi selaput otak (meningitis) atau radang otak (ensefalitis) merupakan kondisi serius yang menyebabkan sakit kepala pada anak.

Pada sebagian besar kasus, sakit kepala pada anak tidak berbahaya. Namun, segeralah bawa si Kecil ke dokter apabila sakit kepala disertai gejala-gejala seperti muntah, gangguan penglihatan, kejang, demam, penurunan kesadaran/ banyak tidur atau kondisinya semakin memburuk. Penjelasan selengkapnya baca di sini.

2 dari 3 halaman

Musim Hujan Datang, Beri 4 Minuman Penangkal Sakit untuk Si Kecil

Dream - Cuaca dingin, angin kencang dan hujan bisa terjadi kapan pun. Musim hujan seperti sekarang, biasanya anak-anak mudah terserang penyakit. Mulai dari flu, batuk hingga diare.

Penting bagi orangtua untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh buah hati. Bisa dengan memberikan vitamin tambahan atau menyiapkan minuman khusus kaya vitamin yang bisa menjaga imunitasnya.

Ada minuman yang bisa diberikan pada anak demi menjaga kesehatannya. Apa saja?

1. Yogurt
Selain susu, Sahabat Dream juga bisa memberikan yogurt. Minuman satu ini mengandung banyak bakteri baik untuk sistem pencernaannya. Bakteri tersebut akan melindungi ususnya secara lebih intensif.

Pilih yogurt tawar lalu tambahkan buah-buahan manis untuk mendapat asupan gizi maksimal. Bisa dijadikan camilan di antara jam makan. Anak-anak cenderung lebih suka disajikan dingin.

 

3 dari 3 halaman

2. Shakes dan smoothie

Beberapa anak tidak suka rasa susu dan membuat alasan untuk menghindarinya, untuk itu smoothie dan shakes bisa menjadi pilihan. Ibu dapat membuat shake buah yang cepat dan mudah dengan sedikit gula dan lebih banyak susu atau smoothie buah yang bagus menggunakan kacang dan madu yang sehat.

3. Air kelapa

Air kelapa tidak hanya menjaga keseimbangan elektrolit yang sempurna tetapi juga membuat anak-anak terhidrasi sepanjang hari. Disarankan untuk minum air kelapa segar jika anak mengalami gangguan pencernaan.

4. Jus buah dan sayuran

Jus buah segar dan sayuran merupakan cara terbaik untuk mengisi kembali nutrisi yang hilang adalah. Kandungan vitamin dan mineralnya akan sangat baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Sehingga tak mudah sakit saat musim hujan datang.

Laporan Anisha Saktian Putri/ Sumber: Fimela.com

Beri Komentar