Makanan Tak Tercemar Bakteri, Pastikan Microwave Selalu Bersih

Reporter :
Senin, 9 September 2019 18:48
 Makanan Tak Tercemar Bakteri, Pastikan Microwave Selalu Bersih
Sisa-sisa makanan di yang menempel di microwave tak boleh dianggap sepele.

Dream - Keracunan makanan jadi hal yang tentu saja sangat membahayakan. Banyak hal jadi pemicunya, salah satunya karena kondisi microwave yang kotor. Bagi Sahabat Dream yang selalu mengandalkan microwave untuk menghangatkan dan mengolah makanan, penting untuk membersihkannya secara teratur.

Sisa-sisa makanan di yang menempel di microwave tak boleh dianggap sepele. Jika didiamkan akan memicu tumbuhnya bakteri bahkan jamur yang bisa meracuni makanan. Untuk itu bersihkan microwave dengan cara mudah berikut.

1 dari 5 halaman

Bersihkan bagian dalam microwave

 Microwave

Perlengkapan yang harus disiapkan:

1. Gelas ukur atau wadah kecil lainnya yang microwave-safe
2. Jeruk lemon
3. Spons atau serbet
3. Kain lap yang bersih dan kering

2 dari 5 halaman

Langkah membersihkan

 Letak Microwave Terbaik Agar Terlihat Apik dan Aman

1. Campurkan dua cangkir air dan dua sendok makan perasan jeruk lemo dapur ke dalam gelas ukur atau wadah kecil lainnya yang aman untuk di tempatkan dalam microwave

2. Taruh wadah ke dalam microwave dan panaskan dengan suhu tinggi sampai mendidih

3. Biarkan selama tiga menit. Ini untuk membiarkan uap melelehkan semua kotoran yang ada di dalam microwave

4. Setelah terangkat semua, keluarkan wadah tersebut perlahan. Angkat juga alas piring yang ada di dalam microwave (jika ada)

5. Bersihkan semua kotoran mulai dari langit-langit microwave hingga ke seluruh sisinya menggunakan spons atau serbet.

6. Bersihkan alas piring microwave dan taruh lagi di dalamnya

7. Langkah terakhir, bersihkan kembali seluruh bagian dalam microwave dan alas piringnya dengan kain lap yang bersih dan kering.

3 dari 5 halaman

Bersihkan bagian luar microwave

 Microwave

Bagian dalam microwave telah bersih, jangan sampai lupa membersihkan bagian luarnya. Yuk, simak langkah berikut.

Perlengkapan:
1. Sikat pembersih atau sikat gigi
2. Spons atau serbet
3. Perasan jeruk lemon
4. Kain pembersih (seperti microfiber) atau paper towel
5. Rubbing Alcohol
6. Baking soda

4 dari 5 halaman

Langkah membersihkan bagian luar microwave

 Daftar Makanan yang Tak Boleh Dihangatkan di Microwave


1. Gunakan sikat pembersih untuk membersihkan karet atau perekat yang ada pada ujung pintu. Bersihkan dari segala makanan kering yang menempel di sana. Gunakan air atau campuran air dan perasan lemon jika membutuhkan pembersihan yang ekstra

2. Gunakan spons yang basah untuk membersihkan pintu bagain dalam. Jika ingin membersihkan bagian yang sangat berlemak, basahi spons ke dalam campuran lemon dan air. Atau lakukan pemanasan microwave seperti cara membersihkan microwave sebelumnya

3. Buat campuran dari setengah air dan setengah rubbing alcohol. Basahi kain atau paper towel dengan campuran itu. Lalu, seka semua bagian luar microwace. Hati-hati dalam menyekanya, pastikan jangan ada larutan yang masuk ke dalam mesin microwave

4. Jika noda membandel masih menempel pada pintu kaca microwave, campurkan baking soda dan air kemudian oles ke seluruh bagian pintu. Biarkan campuran selama beberapa jam, lalu bersihkan kembali menggunakan spons atau lap.

 

Laporan: Keisha Ritzska Salsabila/ Sumber: Apartment Therapy

5 dari 5 halaman

Jangan Masukkan Alat Makan Anak Berbahan Plastik ke Microwave

Dream - Microwave memang jadi alat elektronik yang sangat praktis untuk menghangatkan makanan dan minuman untuk anak. Hanya tinggal dimasukkan dan tunggu selama 3 hingga 5 menit, makanan hangat siap disantap.

 Jangan Masukkan Alat Makan Anak Berbahan Plastik ke Microwave

Penting diketahui saat menghangatkan makanan anak di microwave. Pastikan wadah untuk menghangatkannya bukan alat makan milik anak yang berbahan palstik. Lebih baik gunakan wadah kaca yang tahan panas dan memang aman untuk digunakan di dalam microwave.

American Association of Pediatrics (AAP), seperti dikutip dari Fatherly, baru saja mengumukan kalau alat makan plastik yang banyak dipakai anak-anak bisa membahayakan jika dimasukkan ke microwave. Hal ini karena zat seperti Bisphenols (BPA), phthalates, dan nitrates bisa terlepas karena panas.

Zat tersebut lalu mengontaminasi makanan dan minuman yang bisa berdampak buruk pada kesehatan anak. " Panas bisa melepaskan BPA dan phthalates pada makanan, hindari menghangatkan makanan dan minuman (termasuk susu formula dan ASI) dalam plastik," tulis pernyataan AAP.

Zat-zat berbahya tersebut diketahui berhubungan erat dengan autisme, obesitas, ADHD serta meningkatkan risiko menghambat perkembangan otak. Pastikan juga alat makan dan minum anak serta bayi bebas dari Bisphenols (BPA), phthalates, dan nitrates. Jika memang ingin menghangat di microwave pindahkan dulu ke wadah kaca.

Beri Komentar
Pengakuan Mencengangkan Aulia Kesuma, Dibalik Rencana Pembunuhan Suami dan Anak Tirinya