10 Kuliner Unik Khas Indonesia yang Wajib Dicoba

Reporter : Siwi Nur Wakhidah
Minggu, 15 September 2019 18:03
10 Kuliner Unik Khas Indonesia yang Wajib Dicoba
Makanan khas Indonesia memiliki keunikan tersendiri, mulai dari cara memasaknya hingga bahan yang digunakan. Seperti 10 kuliner unik khas Indonesia berikut ini.

Dream - Mengulas kuliner Indonesia tak akan ada habisnya. Indonesia memiliki 34 provinsi, di mana setiap daerah memiliki kuliner khas masing-masing. Cita rasa yang dihasilkan juga berbeda-beda.

Seperti daerah Sumatera Barat yang terkenal dengan masakan Padangnya. Cita rasa pedas dan pekat lebih mendominasi. Sedangkan untuk daerah Jawa Tengah, khususnya Jogja dan Solo, lebih dikenal dengan masakan rempah yang didominasi rasa manis.

Kekayaan kuliner ini seirama dengan kekayaan alam dan rempah di Indonesia. Hampir semua masakan Indonesia menggunakan bumbu rempah, yang membuat cita rasanya menjadi khas dan kaya akan rasa.

Tidak hanya itu saja, cara pengolahan makanan khas setiap daerah juga berbeda-beda. Mulai dari kukus, panggang, hingga bakar, atau memadukan semua metode masak.

Dari sekian banyaknya jumlah kuliner khas Indonesia yang unik, ada beberapa kuliner unik yang wajib dicoba saat mengunjungi daerah tempat makanan ini berasal.

1 dari 5 halaman

Kuliner Unik Sate Buntal dan Gudheg

1. Kuliner Unik Sate Buntal

Kuliner sate mungkin sudah tidak asing lagi, tapi kalau sate yang dibuntal? Bagi kalian yang pernah berlibur ke Bali, harusnya sudah merasakan kuliner unik yang satu ini. Sedikit berbeda dengan sate yang umumnya kita temui, sate ini tidak ditusuk tapi dililitkan.

Sate Buntal dibuat dari olahan daging, bisa daging ayam betutu, sapi, atau bisa juga babi. Jadi, harus diperiksa dulu ya saat membeli Sate Buntal di Bali. Tanyakan terbuat dari daging apa terlebih dahulu, sebelum menyantapnya.

2. Kuliner Unik Gudeg Kendhil

 Kuliner Unik


Bagi orang Jawa, gudeg bukanlah makanan yang unik. Namun, bagi orang lain, terutama turis asing, kuliner dengan cita rasa manis ini digolongkan sebagai kuliner unik.

Bagaimana tidak? buah nangka muda (atau dalam Bahasa Jawa disebut Gori) yang belum matang bisa diolah menjadi makanan yang manis.

Rasa kuliner unik satu ini sangat khas dan sangat njawani. Disajikan lengkap dengan nasi hangat, telur rebus, dan sayur pepaya muda, membuat lidah bergoyang, tak tahan untuk segera mencicipi.

2 dari 5 halaman

Kuliner Unik Khas Indonesia dari Mie

3. Kuliner Unik Mie Aceh

Mie mungkin menjadi jenis makanan yang bisa kita temui hampir di seluruh dunia dengan gaya memasak yang berbeda-beda. Dan, yang membuat mie khas Aceh ini unik adalah isian.

Bisa kalian bayangkan, bagaimana rasa campuran daging sapi, daging kambing, kepiting dan cumi-cumi yang dijadikan satu? Duh, sudah bikin menelan ludah saja, nih.

4. Kuliner Unik Mie Bangka

 Kuliner Unik


Masih di kawasan Pulau Sumatra, kali ini tepatnya di Provinsi Bangka Belitung. Ada satu kuliner unik yang terbuat dari mie bernama Mie Bangka.

Hampir sama dengan Mie Aceh, mie ini juga terbuat dari mie telur yang ditumis bersama dengan kaldu dan diberi topping makanan laut dan jeruk nipis.

Kedua kuliner unik mie ini, bisa disajikan dalam dua bentuk, dengan kuah kaldu atau dalam bentuk tumis kering. Tapi yang pasti, dua-duanya memiliki cita rasa sangat khas, dan hanya bisa ditemui di tempat asalnya saja.

3 dari 5 halaman

Kuliner Unik Olahan Ikan Khas Indonesia

5. Kuliner Unik Gulai Patin

Olahan ikan selalu saja berhasil menggoda lidah untuk mencoba. Seperti kuliner unik satu ini yang terbuat dari ikan Patin, jenis ikan air tawar dengan tekstur daging yang lembut. Jenis ikan ini sangat mudah dibudidayakan di Indonesia, terutama di daerah Jambi.

Ikan ini menjadi salah satu bahan dasar membuat kuliner khas Jambi, Gulai Patin. Keunikan dari Gulai Patin ialah kuahnya yang terbuat dari santan kelapa, menghasilkan cita rasa yang unik dan gurih.

Ada cara unik yang lebih tradisional dalam membuat Gulai Patin, yaitu dengan menggunakan potongan durian yang difermentasi. Penasaran?

6. Kuliner Unik Guho Ikan

 Kuliner Unik


Satu lagi, kuliner unik olahan ikan yang hanya bisa ditemui di Indonesia. Nama kuliner ini ialah Gohu Ikan yang berasal dari Ternate, Maluku. Kalau Jepang punya sashimi dan sushi dari daging ikan mentah, Ternate juga punya Gohu Ikan.

Kuliner khas Ternate ini dibuat dari potongan ikan tuna mentah yang dibumbui cabai, bawang, jeruk nipis, dan bumbu rempah lainnya. Penasaran bagaimana rasanya?

4 dari 5 halaman

Kuliner Unik Olahan Ayam dan Bubur

7. Kuliner Unik Ayam Taliwang

Pernah dengan kuliner Ayam Taliwang? Kuliner olahan ayam ini berasal dari Lombok, Nusa Tenggara Barat. Sekilas mungkin olahan ayam ini tak jauh beda dengan olahan ayam lainnya.

Yang membuat kuliner ini unik ialah rasanya yang sangat pedas. Untuk Sahabat Dream yang tidak tahan dengan pedas, jangan coba-coba ya.

8. Kuliner Unik Tinutuan

 Kuliner Unik

Masih di bagian timur Indonesia, kali ini berasal dari Sulawesi Utara. Mungkin namanya sudah tidak asing lagi bagi para pecinta kuliner.

Bubur Manado atau warga lokal menyebutnya dengan nama Tinutuan, merupakan kuliner khas Manado yang sudah terkenal dengan cita rasanya yang kuat.

Tidak hanya memiliki cita rasa yang kuat, Tinutuan mengandung nutrisi yang sehat untuk tubuh. Sekilas, kuliner ini sedikit berbeda dengan bubur pada umumnya, karena warnanya yang sangat pekat, ditambah sayuran dan potongan daging di atasnya.

5 dari 5 halaman

Kuliner Unik Rujak Cingur dan Cetemak

9. Kuliner Unik Rujak Cingur

 Kuliner Unik


Kuliner unik selanjutnya berasal dari Jawa Timur dan sudah sangat melegenda. Namanya Rujak Cingur. Bagi orang awam yang tidak tahu apa arti cingur mungkin tak tahu, kalau kuliner unik ini terbuat dari hidung sapi.

Tapi, jangan salah, rasanya tak kalah enak dengan daging sapi, lho. Belum lagi ditambah dengan sayuran dan bumbu kacang spesial. Bikin perut keroncongan!

10. Kuliner Unik Catemak Jagung

Di Indonesia ada banyak jenis sup, salah satunya yang unik ialah Sup Catemak Jagung dari Nusa Tenggara Timur. Yang membuat sup ini unik ialah perpaduan rasanya sangat gurih. Cita rasa gurih ini diperoleh dari campuran labu, kacang hijau, jagung dan udang. Sudah terbayang bagaimana rasanya?

Selain 10 kuliner unik khas Indonesia di atas, masih banyak lagi kuliner unik Indonesia lainnya. Apa di daerah asal Sahabat Dream, ada kuliner unik juga? (ism, Sumber: Travelfore)

Beri Komentar
Wasiat Terakhir Ustaz Arifin Ilham