10 Menu Makanan yang Harus Dihindari Saat Hamil

Reporter : Siwi Nur Wakhidah
Selasa, 16 Juli 2019 14:50
10 Menu Makanan yang Harus Dihindari Saat Hamil
Hati-hati memilih menu makanan saat hamil!

Dream - Kehamilan adalah saat-saat yang paling membahagiakan. Termasuk saat-saat yang vital, serta sensitif bagi seorang perempuan.

Tidak hanyak soal mental, namun juga masalah fisik. Seperti kebutuhan nutrisi yang lebih.

Penting bagi perempuan yang sedang hamil untuk mendapatkan nutrisi yang lebih dibandingkan dengan saat belum hamil.

Ibu hamil juga harus berhati-hati dalam memilih makanan dengan nutrisi yang tepat. 

Tidak hanya itu, ada beberapa menu makanan yang harus dihindari oleh perempuan yang sedang hamil karena bisa membahayakan bayi yang sedang dikandung.

Berikut 10 menu makanan yang harus dihindari oleh ibu hamil:

1 dari 10 halaman

Makanan yang Harus Dihindari Saat Hamil: Ikan yang Tinggi Merkuri

 Olahan Swordfish

Tidak hanya berbahaya bagi kulit, merkuri adalah unsur yang sangat beracun dan berbahaya bila dikonsumsi. Paparan merkuri bisa muncul dan terjadi di dalam air yang tercemar.

Apabila seseorang mengonsumsi ikan yang mengandung merkuri, maka akan menyebabkan banyak masalah kesehatan.

Pencemaran air yang terjadi di laut mengakibatkan banyak biota laut yang ikut tercemar dan terpapar merkuri, khususnya ikan laut yang besar seperti Hiu, Ikan Cucut, Ikan Makarel, dan bahkan Tuna.

Untuk membedakan ikan yang bermerkuri dan tidak memang sulit, namun bisa dihindari dengan mengonsumsi jenis ikan lain, atau tetap mengonsumsi tuna namun tidak terlalu sering.

2 dari 10 halaman

Makanan yang Harus Dihindari Saat Hamil: Ikan Mentah Atau Belum Matang

Menu makanan mentah memang jadi pantangan bagi ibu hamil. Hal ini disebabkan karena menu makanan mentah seperti sushi dan sashimi, dapat menyebabkan infeksi, karena virus, bakteri hingga parasit.

 Sushi dan Sashimi


Infeksi tersebut tidak baik bagi perkembangan bayi, karena saat infeksi, kesehatan ibu akan menurun, dehidrasi dan lemas. Dan, dapat menyebabkan bayi dalam kandungan akan kekurangan nutrisi yang ia butuhkan.

3 dari 10 halaman

Makanan yang Harus Dihindari Saat Hamil: Daging Mentah, Setengah Matang, dan Daging Olahan

 Daging Setengah Matang

Tidak hanya menu makanan dari ikan mentah yang jadi pantangan bagi ibu hamil. Menu makanan yang terbuat dari daging mentah, setangah matang dan daging olahan, juga harus dihindari oleh ibu hamil.

Sama seperti menu makanan ikan mentah, daging mentah juga dapat meningkatkan resiko infeksi, seperti toksoplasma, Salmonela, dan Listeria. Bakteri-bakteri ini bisa mengancam kesehatan bayi yang belum lahir.

4 dari 10 halaman

Makanan yang Harus Dihindari Saat Hamil: Telur Mentah

Perempuan yang sedang hamil juga harus berhati-hati ketika mengonsumsi menu makanan yang berasal dari olahan telur yang belum matang. Telur yang masih mentah dapat terkontaminasi Salmonella dengan mudah.

 Telur


Infeksi yang disebabkan oleh infeksi Salmonella seperti kram rahim, kelahiran anak premature hingga kelahiran dalam kondisi bayi yang sudah tidak bernyawa.

5 dari 10 halaman

Makanan yang Harus Dihindari Saat Hamil: Jeroan

 Jeroan

Bagi para perempuan yang menyukai menu makanan dari daging organ atau jeroan, sebaiknya mulai sekarang dikurangi.

Walau sebagian daging organ mengandung nutrisi yang bagus, namun terlalu banyak mengonsumsi daging organ atau jeroan juga tidak baik.

Daging organ mengandung vitamin A. Apabila mengonsumsi terlalu banyak vitamin A, perempuan atau ibu hamil, bisa mengalami keracunan, hingga bisa menyebabkan cacat lahir.

6 dari 10 halaman

Kafein

Menu makanan yang mengandung kafein juga harus dihindari perempuan yang sedang hamil. Kafein adalah zat psikoaktif yang sangat mudah diserap dalam plasenta dan janin. Padahal janin belum memiliki metabolisme untuk menangani kafein.

 kopi


Oleh sebab itu, konsumsi kafein yang berlebih bisa membatasi pertumbuhan bayi yang metabolisme sempurna.

7 dari 10 halaman

Kecambah Mentah

 Kecambah

Kecambah dan kacang-kacangan memang dikenal baik untuk meningkatkan kesuburan, namun apabila cara memasaknya salah, justru akan berbahaya bagi perempuan yang sedang hamil.

Menu makanan dari kecambah yang masih mentah dapat terkontaminasi Salmonela, dan jenis bakteri ini agak sulit dibersihkan dari kecambah.

Cara satu-satunya untuk bisa mengonsumsi menu makanan dari kecambah, adalah dengan mengolahnya terlebih dahulu.

8 dari 10 halaman

Olahan Susu dan Jus Buah yang Belum Disterilkan

Susu, keju, dan jus buah-buahan memang memiliki banyak nutrisi yang baik bagi ibu hamil. Namun, untuk bisa mengonsumsi menu makananan dari bahan-bahan tersebut, haruslah disterilkan terlebih dahulu.

 Olahan Susu dan Keju


Cara sterilisasi yang dilakukan bisa dengan dipasteurisasi, yang mampu membunuh sejumlah bakteri berbahaya yang terkandung dalam bahan-bahan tersebut.

9 dari 10 halaman

Alkohol

 Alkohol

Sudah bukan rahasia lagi, kalau alkohol juga tidak baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Mengonsumsi alkohol atau menu makanan yang dicampur dengan alkohol bisa meningkatkan resiko keguguran pada bayi, dan bisa mengganggu perkembangan otak bayi.

Selain itu, alkohol juga bisa menyebabkan kelainan jantung, cacat intelektual, dan gangguan lainnya yang bisa dialami bayi saat lahir.

10 dari 10 halaman

Junk Food

Saat hamil, perempuan memerlukan banyak nutrisi seperti kebutuhan kalori yang meningkat dua kali lipat, protein, folat dan zat besi.

Nutrisi ini yang sulit didapatkan dari menu makanan junk food, yang biasanya rendah kalori, tinggi gula, dan lemak tambahan.

 Junk Food


Selain itu, menu makanan junk food juga beresiko menambah berat badan, bahkan bisa memicu diabetes dan penyakit jantung. (ism, sumber: Health Line)

Beri Komentar
Adu Akting dengan Betari Ayu, Alvin Faiz Ceritakan Respon Sang Istri