20 Makanan Penambah Darah, Tak Hanya Sehat tapi Juga Lezat

Reporter : Siwi Nur Wakhidah
Rabu, 11 September 2019 16:24
20 Makanan Penambah Darah, Tak Hanya Sehat tapi Juga Lezat
Masalah kekurangan sel darah merah atau hemoglobin bisa diatasi dengan mengonsumsi makanan penambah darah berikut ini.

Dream - Makanan penambah darah tidak melulu berasal dari sayuran yang tidak enak disantap dan terasa seperti obat yang pahit. Ada banyak jenis makanan penambah darah yang memiliki rasa yang enak dan bisa dikonsumsi setiap hari.

Beberapa makanan penambah darah ini bahkan sering diolah dan dikonsumsi sebagai pengiring menu makan sehari-hari. Selain berkhasiat menambah darah, banyak makanan yang bisa membantu melancarkan aliran darah.

Yang paling menyenangkan, kamu bisa menemukan makanan penambah darah ini dengan mudah. Tengok saja kulkas atau pergi ke pasar atau warung terdekat. Kamu pasti bisa menemukan bawang bombay, buah-buahan hingga kacang-kacangan.

Mengonsumsi makanan penambah rutin ini secara rutin akan mengurangi risiko penyakit jantung dan menjaga jantung agar tetap sehat.

Berikut makanan penambah darah yang sehat dan lezat itu.

1 dari 6 halaman

Makanan Penambah Darah dari Bumbu Dapur

 Makanan Penambah Darah

1. Cabai Rawit

Makanan penambah darah ini sangat mudah ditemukan di Indonesia. Cabai rawit memiliki kandungan kapsaikin yang membantu memperlancar peredaran dan menurunkan tekanan darah tinggi.

2. Kayu Manis

Hampir sama dengan cabai rawit, kayu manis juga bermanfaat untuk memperlancar aliran darah di dalam arteri dan menyalurkannya ke jantung. Bumbu dapur ini juga mampu mengurangi risiko tekanan darah tinggi dengan memberikan efek relaks pada pembuluh darah.

3. Kunyit

Kunyit sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh terutama menambah darah. Kandungan Curcumin yang ada di kunyit bisa meningkatkan produksi Nitrikoksida yang baik untuk mengurangi stres dan peradangan.

4. Jahe

Bahan dapur yang satu ini dikenal sebagai makanan yang baik untuk meredakan berbagai penyakit dan masalah kesehatan pada tubuh. Salah satunya untuk menambah darah dan mengurangi tekanan darah tinggi.

2 dari 6 halaman

Makanan Penambah Darah Bawang-bawangan

Selain bahan dapur di atas, bawang-bawangan yang sering digunakan untuk memasak juga bermanfaat untuk menambah darah. Seperti jenis bawang berikut ini:

5. Bawang Bombay

Bawang bombay mengandung Flavonoid antioksidan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Dengan kondisi jantung yang sehat, kondisi arteri yang terbuka lebar, membuat aliran darah menjadi lancar dan produksi sel darah merah tidak akan terhambat.

Bawang bombay juga mengandung anti peradangan yang mampu mengatasi berbagai masalah peradangan di sepanjang aliran darah. Membuat bawang Bombay menjadi salah satu jenis bawang yang kaya akan manfaat.

 Makanan Penambah Darah

6. Bawang Putih

Selain bawang Bombay, bawang putih juga memiliki manfaat untuk menambah sel darah merah. Bawang putih menjadi bahan dapur dasar yang selalu ada di berbagai masakan khas Indonesia, membuat bawang putih sangat mudah untuk ditemui.

Bawang putih juga dikenal mengandung Alisin yang mampu meningkatkan aliran darah dan menurunkan tekanan darah tinggi dengan memberikan efek tenang pada pembuluh darah.

3 dari 6 halaman

Makanan Penambah Darah Buah-buahan

7. Buah Delima

 Makanan Penambah Darah

Selain bahan-bahan dapur, makanan penambah darah lainnya berasal dari buah-buahan, salah satunya buah delima. Buah ini mengandung Polipenol antioksidan dan Nitrat yang baik untuk meningkatkan produksi sel darah merah dan memperlancar aliran darah.

8. Buat Bit

Buah bit dikenal sebagai buah yang mengandung banyak manfaat, terutama untuk ibu hamil. Kandungan Nitrikoksida yang ada di dalam buah bit baik untuk memberikan efek tenang pada pembuluh darah dan memperlancar aliran darah.

9. Buah Jeruk

Tidak hanya buah jeruk saja yang baik dikonsumsi sebagai makanan penambah darah. Berbagai jenis buah citrus seperti lemon dan jeruk nipis juga mampu meningkatkan produksi sel darah merah dan memperlancar aliran darah dalam tubuh.

10. Buah Anggur

Buah anggur mengandung antioksidan dan zat anti peradangan alami yang baik untuk memperlancar aliran darah dalam tubuh. Minuman dari buah anggur atau fermentasi anggur juga baik untuk produksi sel darah merah.

 Makanan Penambah Darah

11. Buah Berry

Selain keempat buah di atas, buah jenis berry seperti stroberi, blueberry dan berry lain, juga bisa dikonsumsi sebagai makanan penambah darah yang efektif. Selain itu, rasanya yang manis, membuat siapa saja menyukai jenis buah ini.

4 dari 6 halaman

Makanan Penambah Darah dari Sayuran

12. Bayam

Selain buah, ada beberapa jenis sayuran yang baik untuk memperlancar aliran darah, seperti sayur bayam. Bayam memang dikenal sebagai sayuran yang mengandung zat besi yang tinggi, disamping itu kandungan zat besi dalam bayam juga baik untuk meningkatkan produksi sel darah merah.

 Makanan Penambah Darah


13. Tomat

Sayuran selanjutnya yang bisa dikonsumsi untuk menambah darah ialah tomat. Sayuran ini mampu mengurangi ACE (angiotensin converting enzyme) yang menyebabkan pembuluh darah tidak bisa mengontrol aliran darah dengan baik. Dengan kemampuan ini, tomat mampu memperlancar aliran darah dan meningkatkan produksi darah dalam tubuh.

14. Brokoli

Sayuran hijau selain bayam yang baik untuk menambah darah ialah brokoli. Sayuran ini mengandung asam folat, zat besi, dan vitamin C yang berperan penting dalam memproduksi sel darah merah dan memperlancar aliran darah dalam tubuh.

5 dari 6 halaman

Makanan Penambah Darah dari Daging

15. Ikan Salmon

Makanan penambah darah tidak melulu sayuran dan buah-buahan, tapi juga bisa berupa daging yang lezat. Contohnya daging ikan salmon yang kaya akan nutrisi dan memiliki cita rasa yang enak. Ikan salmon dikenal dengan kandungan asam lemak omega-3 yang mampu meningkatkan sirkulasi darah.

 Makanan Penambah Darah

16. Daging Ayam

Daging ayam yang sering kita konsumsi dan mudah sekali ditemui ternyata juga termasuk dalam makanan penambah darah yang cukup efektif. Bagian dari daging ayam yang baik untuk sirkulasi darah ialah bagian daging yang rendah lemak dan tanpa kulit, seperti dada ayam.

17. Daging Merah

Daging ayam termasuk dalam jenis daging merah yang mampu meningkatkan produksi dan sirkulasi darah dalam tubuh. Selain ayam, daging sapi dan domba juga termasuk dalam jenis daging merah yang baik untuk meningkatkan produksi sel darah merah.

18. Jeroan Hati

 Makanan Penambah Darah

Tidak semua jeroan baik dikonsumsi, ya Sahabat Dream. Namun ada beberapa jenis jeroan seperti hati yang baik untuk meningkatkan sirkulasi darah. Organ hati mengandung vitamin B12 dan fosfor yang baik untuk meningkatkan kadar zat besi dalam tubuh.

6 dari 6 halaman

Makanan Penambah Darah dari Kacang-kacangan

 Makanan Penambah Darah

Siapa bilang konsumsi kacang dapat menyebabkan jerawatan? Faktanya mengonsumsi kacang sebagai camilan, sangat baik untuk kesehatan tubuh, salah satunya untuk meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Terutama jenis kacang berikut ini:

19. Walnuts

Kacang walnuts mengandung banyak nutrisi bermanfaat seperti I-arginin, alpha lipoic acid, dan vitamin E. Yang mana kandungan nutrisi ini mampu mengurangi risiko tekanand darah tinggi, memperlancar sirkulasi darah dan mengurangi risiko peradangan di pembuluh darah.

Dengan sirkulasi darah yang lancar, tekanan darah dan produksi sel darah merah dalam tubuh menjadi lebih lancar dan berpengaruh  baik bagi kesehatan tubuh.

20. Almond

Selain kacang walnuts, jenis kacang yang satu ini juga memiliki manfaat yang sama baiknya dengan walnuts. Kacang almond dikenal sebagai salah satu jenis kacang yang tergolong mewah, walau begitu banyak manfaat yang bisa kita peroleh dengan rutin mengonsumsi kacang almond.
Sama seperti walnuts, almond mengandung banyak nutrisi baik yang bermanfaat untuk kesehatan jantung dan memperlancar sirkulasi darah. Tidak hanya itu, almond juga sangat baik untuk menjaga kesehatan dan kecerdasan otak.

Sumber: Healthline dan berbagai sumber lainnya

Beri Komentar
Pengakuan Mencengangkan Aulia Kesuma, Dibalik Rencana Pembunuhan Suami dan Anak Tirinya