3 Bahan Makanan yang Tak Boleh Disimpan di Kulkas

Reporter :
Rabu, 4 September 2019 10:48
3 Bahan Makanan yang Tak Boleh Disimpan di Kulkas
Bukan malah membuatnya tetap segar, tapi merusak rasa dan nutrisinya.

Dream - Lemari es atau kulkas tentunya jadi alat rumah tangga yang penting untuk dimiliki di rumah. Bahan-bahan makanan, minuman, termasuk skincare akan lebih tahan lama saat disimpan di dalamnya.

Banyak yang beranggapan, bahan makanan apa pun akan lebih segar dan tahan lama jika disimpan dalam kulkas. Hal ini sebenarnya salah besar. Justru ada beberapa bahan makanan yang tak direkomendasikan untuk ditaruh kulkas.

Sahabat Dream jangan sampai salah. Ketahui apa saja bahan makanan dan minuman yang tak boleh disimpah di kulkas dan alasannya berikut.

1 dari 5 halaman

Tomat

Jangan pernah menyimpan tomat utuh dalam kulkas. Kulitnya yang lembut dan halus, serta rasanya yang segar akan hilang. Tomat malah akan jadi lebih cepat kering dan kulitnya menjadi rusak, keriput.

 5 Manfaat Kesehatan Mengejutkan dari Tomat

Lebih baik simpan di suhu ruangan. Meja dapur atau wadah khusus untuk sayur dan bumbu. Jika memang ingin lebih praktis buatlah puree tomat dan simpan dalam wadah sekali pakai satu porsi lalu masukkan freezer. Saat ingin memasak, tinggal dicampur dengan bumbu.

2 dari 5 halaman

Kentang

Siapkan juga wadah khusus di dapur untuk menaruh kentang. Jangan memasukkannya dalam kulkas.Kentang yang disimpan di suhu dingin akan mengalami proses modifikasi pati, gulanya akan semakin tinggi dan menjadi tidak sehat.

 Menguak Manfaat Kentang untuk Kecantikan

Tak hanya itu, terjadi juga perubahan rasa. Cukup taruh di tempat yang jauh dari sinar matahari, dan gelap. Kentang akan jauh lebih awet.

3 dari 5 halaman

Madu

Cairan kaya gizi satu ini juga jangan ditaruh di dalam kulkas. Suhu dingin yang terus menerus akan membuatnya mengkristal. Memang, saat ditaruh di tempat yang hangat atau didiamkan dalam suhu ruang, kristal tersebut akan hilang.

 Madu yang dipanaskan

Sayangnya, proses tersebut akan merusak nutrisi, rasa dan teksturnya. Belum lagi bahwa udara dingin dapat merangsang pertumbuhan jamur di permukaan madu, yang mungkin saja memicu keracunan makanan dan infeksi usus yang serius.

 

Sumber: Medical-news.

4 dari 5 halaman

Tips Makanan di Kulkas Aman Dikonsumsi Saat Listrik Padam

Dream - Siapa yang tak sebal jika listrik di rumah mengalami pemadaman bergilir? Jika hanya beberapa menit saja mungkin tak mengganggu. Tapi kamu pasti kesal jika pemadaman berlangsung hingga hitungan jam.

Bukan hanya rumah menjadi gelap dan panas, makanan yang disimpan di dalam kulkas juga menjadi rusak karena mesin pendingin tak bisa bekerja.

Saat listrik padam, selain menyalakan lampu darurat, adalah menyelamatkan makanan dan minuman di dalam kulkas. Tujuannya tentu agar makanan itu tak lekas menjadi basi.

Dikutip dari House Beautiful, berikut beberapa tips cara menjaga makanan tak cepat basi dan rusak di kulkas saat listrik padam

5 dari 5 halaman

Catat Tipsnya

Jangan buka tutup

Tutup saja kulkas kamu selama listrik padam. Buka pintu kulkas jika kamu benar-benar memerlukannya. Dengan pintu yang tertutup, makanan di lemari es kamu bisa tetap dingin selama empat jam.

Kamu memiliki lebih banyak waktu luang dengan waktu untuk makanan di dalam freezer, yang bisa tetap dingin hingga 48 jam jika penuh, dan 24 jam jika sekitar setengah penuh.

Gunakan dry ice

Jika kehilangan daya listrik untuk jangka waktu yang lama, gunakan dry ice. Bisa gunakan 50 pon dry ice untuk lemari es tetap dingin selama dua hari.

Periksa temperatur

Sebagian besar makanan memang aman dikonsumsi jika pintu kulkas tertutup. Waspadalah, apapun yang disimpan pada suhu 40 derajat celsius atau lebih, selama lebih dari dua jam, tidak aman untuk dikonsumsi.

Jika kehilangan daya saat panas, makanan harus dibuang setelah satu jam jika terkena suhu 90 derajat celsius atau lebih tinggi.

 Bahaya Simpan Telur di Kulkas

Hati-hati dalam mengkonsumsi makanan

Sekali pun makanan di lemari es masih dingin, harus tetap sangat berhati-hati. Terutama daging, susu, telur, atau ikan. Pastikan semuanya dimasak dalam suhu yang aman untuk memastikan bahwa semua bakteri bawaan makanan dihancurkan.

(Sah, Laporan Ratih Permata Sari)

Beri Komentar
Pengalaman Hidup Berharga Chiki Fawzi di Desa Ronting