4 Trik Memasak Agar Hemat Gas Elpiji

Reporter : Mutia Nugraheni
Senin, 8 Juni 2020 11:01
4 Trik Memasak Agar Hemat Gas Elpiji
Penasaran? Yuk kita simak.

Dream - Gas elpiji tentunya wajib ada di rumah selama karantina. Selama pandemi, mungkin Sahabat Dream jadi lebih sering memasak sendiri karena kebersihan dan keamanannya terjamin.

Pemakaian gas elpiji pun jadi lebih banyak dari biasanya. Ada trik memasak yang penting kamu ketahui agar pemakaian gas elpiji jadi lebih irit. Penasaran? Yuk kita simak.

Pastikan alat masak bagian bawah selalu bersih
Nah, ini kerap kali disepelekan. Bagian bawah panci, penggorengan dan alat masak lainnya, pastikan selalu dalam keadaan bersih. Singkirkan kotoran dan residu tebal yang biasanya menghitam. Alat masak yang bersih membuat proses memasak lebih cepat dan efektif serta tak banyak menguras elpiji.

 

1 dari 9 halaman

Takar bahan masakan dengan tepat

 Bahan masakan© Shutterstock

Saat memasak, pastikan jumlah air atau cairan yang ditambahkan sesuai dengan bahan yang dimasak. Jika terus menambahkan bahan, baik yang cair atau padat, memasak akan makin lama dan gas pun cepat habis.

 

2 dari 9 halaman

Bershkan kompor secara rutin

 Kompor Gas Mengilap Seperti Baru, Ini Caranya© MEN

Warna biru api adalah yang ideal. Jika warnanya merah, oranye atau kuning, itu adalah tanda bahwa kompor perlu dibersihkan. Disarankan untuk membersihkan kompor sebulan sekali. Bisa menggunakan air hangat dan sabun cuci piring untuk mengangkat lemak.

Kompor yang kotor membuat nyala api berlebihan dan menguras elpiji. Pastikan juga nyala api ada di bawah alat masak dan bukan di sisi. Lakukan servis kompor berkala sangat dianjurkan untuk menghemat elpiji.

 

3 dari 9 halaman

Gunakan pressure cooker

 Panci presto© Pressure cooker


Bagi kamu yang punya pressure cooker atau panci presti, akan lebih baik menggunakannya untuk memasak beragam masakan. Bisa memasak nasi, mengolah daging, ayam hingga mengukus sayuran. Dengan menggunakan panci prestor hanya butuh waktu masak lebih sedikit, mengkonsumsi lebih sedikit gas dan menjaga nutrisi tetap utuh.

Sumber: Times of India 

 

4 dari 9 halaman

Coba 5 Trik Memangkas Waktu Saat Memasak

Dream - Memasak di rumah memiliki kelebihannya tersendiri. Antara lain dapat menghemat uang, menyesuaikan hidangan sebanyak yang diinginkan, mengasah kemampuan di dapur, dan tentunya lebih sehat.

 © Dream

Terutama dalam kondisi sekarang, karena sangat dianjurkan mengonsumsi makanan sehat demi menjaga imunitas tubuh. Efeknya tentu saja mengurangi risiko terpapar Covid-19.

Banyak yang mengeluh, memasak cenderung sangat menguras waktu dan tenaga. Padahal tak demikian, asalkan kamu tahu triknya, banyak aktvitas atau proses memasak yang dapat dilakukan secara singkat. Beberapa pakar kuliner berbagi tips untuk memasak hemat waktu.

Segera praktikkan di rumah agar proses memasak jadi lebih praktis.

 

5 dari 9 halaman

1. Bekukan rempah dan bumbu

Bumbu dan rempah jadi elemen yang sangat penting untuk membuat masakan jadi kaya rasa. Sayangnya, keduanya mudah layu dan basi karena kondisinya lembap. Nah, ada cara untuk menyiasati dan menyiapkan dengan cepat.

 Bawang Putih dan Kunyit© MEN

Buatlah bumbu banyak lalu bekukan. Tempatkan pada wadah atau plastik cetakan es batu atau wadah lain agar bisa digunakan secukupnya. Misalnya membuat kaldu atau bumbu. Jangan ragu untuk membekukan dan gunakan saat dibutuhkan. Jadi kita tak perlu selalu membuat bumbu. Tinggal celup atau atau tumis sesuai kebutuhan.

 

 

 

6 dari 9 halaman

2. Tepuk-tepuk ikan sebelum dimasak

Mungkin sulit untuk memasak ikan dengan benar, tetapi mulailah dengan menepuk-nepuk pelan daging ikan sebelum menaruhnya di atas kompor. Brian Hinshaw, chef perusahaan eksekutif Ocean Prime, menjelaskan bahwa kelembapan pada makanan laut akan mencegahnya menjadi kecoklatan.

 Ikan segar© Shutterstock

" Jadi, jika ikan tidak basah, kemungkinan besar matangnya akan sedikit lebih cepat," katanya.

 

7 dari 9 halaman

3. Karamelkan bawang dengan cepat

Manis, gurih yang diberikan pada bawang yang dikaramelisasi, memakan waktu yang cukup lama untuk dimasak. Proses karamelisasi bawang seringkali memakan waktu 40 menit atau lebih lama, untuk hasil yang maksimal," kata Julia Kelahan, seorang koki pribadi.

Untuk menyingkatnya, masak bawang di atas api sedang selama 15 menit, hingga kecokelatan, kemudian, tambahkan sedikit cuka balsamik dan madu ke dalam wajan.

 

8 dari 9 halaman

4. Ukur adonan dan pisahkan bahan

Trik memanggang yang sukses biasanya bergantung pada pengukuran yang tepat, waktu yang dibutuhkan untuk membagi bahan-bahan, pada masing-masing adonan dapat memakan waktu yang cukup lama.

 Pancake© Pixabay

Tetapi jika kamu sering membuat roti, ada baiknya lakukan pengukuran sebelum mencampur bahan kering dan asah yang digunakan dalam resep. Sebagian besar resep memanggang membutuhkan menggabungkan bahan-bahan kering dengan bahan-bahan basah.

" Misalnya, jika membuat pancake siapkan bahan-bahan kering lalu taruh di kantong penyimpanan plastik dengan jumlah persis yang dibutuhkan," kata Jumoke Jackson, seorang koki dan blogger.

Dengan begitu saat mengolah adonan, kita tak perlu lagi menakar bahan yang sangat memakan waktu. Lakukan pengukuran sekaligus saja.

 

9 dari 9 halaman

5. Kupas bawang putih dengan cepat

Koki restoran seringkali menggunakan banyak bawang putih yang dikupas setiap hari dan memakan banyak waktu. Untungnya, koki pro seperti Daniel England, koki perusahaan dari OMG Hospitality Group di San Diego, California, tahu bagaimana melakukannya dengan cepat.

 Khasiat Bawang Putih Sembuhkan Penyakit Ternyata Bukan Mitos© MEN

" Rahasianya adalah memecah memisahkan bawang satu-satu, tempatkan ke dalam mangkuk logam, tutup dengan mangkuk logam lainnya dengan goyang dengan kencang" katanya kepada INSIDER.

Nantinya kulit bawang putih akan menempel pada permukaan mangkuk logam. Kita hanya tingga mengelupas bagian kulit yang tersisa.

Laporan Raissa Anjanique/ Sumber: Food Insider

 

Beri Komentar