5 Rekomendasi Menu Buka Puasa Bagi Penderita Diabetes

Reporter : Ulyaeni Maulida
Sabtu, 25 April 2020 15:10
5 Rekomendasi Menu Buka Puasa Bagi Penderita Diabetes
Penderita diabates harus tetap memperhatikan pola makan selama berpuasa.

Dream – Penderita diabetes saat berpuasa harus memperhatikan pola makan selama menjalankan ibadah puasa. Segala hal yang berkaitan dengan jenis makanan, jumlah kalori, serta bagaimana agar gula darah tetap terjaga, harus selalu menjadi pertimbangan dalam memilih menu buka puasa.

Dilansir dari laman Diabates UK, sangat penting bagi penderita diabetes untuk mempertahankan pola makan yang seimbang selama menjalankan ibadah puasa.

Kadar glukosa dalam tubuh, sangat penting untuk dijaga. Caranya adalah dengan memperhatikan setiap makanan yang akan menjadi menu buka puasa.  

Berikut adalah menu buka puasa yang direkomendasikan bagi penderita diabetes.

1 dari 5 halaman

Sayuran Hijau

Sayur Hijau© Pixabay.com

Sayuran hijau menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk buka puasa khususnya bagi para penderita diabetes.

Sayuran hijau biasanya mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Kandungan dalam olahan sayur tersebut memiliki dampak yang baik untuk meminimalkan kadar gula darah.

Sayuran hijau seperti bayam, sawi, atau brokoli dapat membantu penderita diabetes karena mengandung antioksidan yang tinggi.

2 dari 5 halaman

Olahan Ikan

Ikan© Pexels.com

Berbagai olahan ikan menjadi salah satu menu buka puasa yang cocok bagi penderita diabetes. Ikan banyak mengandung omega-3 yang sangat penting untuk menjaga fungsi tubuh serta dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dan otak.

American Diabates Association, dengan mengkonsumsi ikan dapat membantu meningkatkan kontrol gula darah pada penderita diabetes.

Untuk mengolah ikan, dianjurkan dengan cara dibakar atau dipanggang. Usahakan untuk tidak menggoreng ikan agar menghindari lemak jenuh dan lemak trans.

3 dari 5 halaman

Makanan berserat tinggi

Gandum© Pixabay.com

Sebagai menu buka puasa, makanan yang mengandung serat tinggi sangat baik sebagai pengganti nasi putih. Seperti, beras merah, roti gandum, ataupun pasta gandum.

Makanan dengan serat tinggi sangat baik untuk memperlambat proses penceranaan sehingga dapat membantu menjaga kadar gula darah lebih stabil.

4 dari 5 halaman

Kurma dan Yogurt

Kurma© Pexels.com

 

Kurma sudah terkenal sebagai makanan pembuka saat berbuka puasa. Selain karena merupakan anjuran dari Nabi Muhammad saw, kurma juga memiliki kandungan yang baik bagi tubuh.

Selain itu, ada juga yogurt yang bisa dijadikan menu buka puasa bagi penderita diabetes. Yogurt mengandung sedikit gula namun mengandung banyak protein yang baik bagi tubuh.

5 dari 5 halaman

Menu pendamping sehat

 

Buah Buahan© Pixabay.com

Selain menu-menu utama yang dijadikan sebagai menu buka puasa, ada juga menu pendamping yang cocok dijadikan camilan sehat bagi penderita diabetes.

Seperti buah-buahan yang kaya akan vitamin. Contohnya, jeruk, anggur, segala jenis buah berry, dan lemon.

Nah, itu dia rekomendasi menu buka puasa yang dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes. Namun, untuk lebih baiknya, dapat berkonsultasi dengan dokter terkait, untuk mengetahui menu buka puasa yang cocok bagi penderita diabetes.

(Dilansir dari berbagai sumber)

Beri Komentar