Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Aman Mengolah Ayam Mentah, Jangan Sampai Jadi Keracunan

Aman Mengolah Ayam Mentah, Jangan Sampai Jadi Keracunan Ayam Mentah/ Shutterstock

Dream – Ayam memiliki reputasi yang buruk pada keamanan pangan. Hal ini karena ayam mentah membawa bakteri salmonela yang dapat menyebabkan seseorang keracunan makanan.

Untuk menghindari keracunan makanan, sebaiknya berhati-hati dalam memilih dan mengkonsumsi ayam. Ada 4 hal penting yang harus dijadikan kebiasaan saat mengolah ayam mentah. Tentunya demi kesehatan dan keamanan seluruh anggota keluarga.

1. Simpan ayam di tempat dingin
Ayam segar harus dijaga tetap dingin agar umur penyimpanan lebih lama dan mencegah pertumbuhan bakteri berbahaya. Jangan terlalu lama membiarkan ayam yang dibeli terlalu lama di suhu ruangan.

Simpan ayam di kulkas bersuhu dingin atau freezer dan tutup rapat jika memang tak mau langsung diolah. Sebisa mungkin untuk langsung mengkonsumsi ayam di hari yang sama saat pembelian, maksimal penyimpanan di kulkas selama 2 hari.

2. Cairkan ayam beku dengan tepat
Jangan pernah mencairkan ayam beku di microwave karena gelombang mikro di microwave menghasilkan panas yang dapat mendorong pertumbuhan bakteri. Cara ini sangat tidak dianjurkan karena menggabungkan suhu yang berbahaya.

Cara yang tepat untuk mencairkan ayam beku adalah dengan menurunkannya dari freezer sehari sebelum pemakaian. Taruh ayam di kulkas bawah agar tidak terjadi pembekuan terus-menerus.

 

3. Cegah pertumbuhan bakteri berbahaya
Sama seperti daging, ikan atau produk makanan hewani lainnya, ayam mentah mengandung bakteri. Cara untuk mencegah bakteri berkembang dengan 2 cara yaitu mendinginkan atau memanaskan.

Pembekuan pada daging tidak membunuh bakteri melainkan hanya membuatnya dingin, bila ingin membunuh bakteri harus memasaknya dengan suhu panas hingga matang secara menyeluruh.

Ayam mentah

4. Hindari kontaminasi silang
Kekhawatiran ini juga menjadi perhatian, kontaminasi silang, misalnya ayam mentah di potong di atas talenan dan setelahnya talenan tersebut dipakai untuk memotong tomat tanpa dicuci terlebih dahulu. Tomat tersebut dapat terkontaminasi bakteri dari ayam. Kemudian tomat dimakan secara mentah dalam salad, bisa saja yang memakannya jadi keracunan makanan.

Kontaminasi juga dapat terjadi di lemari es. Ayam mentah bisa bocor dan cairan yang menetes mencemari barang sekitarnya, maka dari itu simpanlah ayam dalam keadaan tertutup rapat dan atau disimpan di rak paling bawah.


Laporan Josephine Widya/ Sumber: The Spruce Eats

Berapa Harga Semangkuk Mi Ayam di New York, Amerika Serikat?

Dream - Mi ayam termasuk makanan yang disukai banyak orang. Rasanya nikmat, bikin kenyang, mudah ditemui di mana pun dan bisa didapatkan dengan harga terjangkau. Di Indonesia, harga mi ayam mulai dari Rp10.000 saja.

Jika Sahabat Dream tinggal di New York, Amerika Serikat tentu tak semudah itu bisa mendapatkan semangkuk mi ayam. Jika ada harganya pun pasti agak mahal. Wahyu Ichwandardi, ilustrator asal Indonesia yang bekerja di New York menceritakan pengalamannya mencari mi ayam di New York.

Melalui akun Twitter @pinotski, ia bercerita kalau baru saja membeli mi ayam keriting. Harganya ternyata cukup terjangkau untuk ukuran New York yaitu US $2,2 atau sekitar Rp30ribu.

Bakmi Aloi

"Terberkatilah penyedia mie keriting Indonesia di AS ini. Rasanya sungguh otentik, ngobatin kangen makan mie keriting di Pertok (Fitria) Pondok Indah. Harga juga affordable (setara dng Rp 30 ribuan)," tulisnya.

 

 

Mi ayam tersebut bukan dijual dalam keadaan setengah matang. Dikemas per bungkus untuk dihangatkan. Menurut Wahyu rasanya otentik dan bisa mengobati rindunya pada mi ayam di Indonesia.

Twitter @pinotski

Bakmi keriting itu dari kemasannya terlihat bermerek Aloi, yang kedainya banyak tersebar di Jakarta Barat dan Utara. Siapa sangka bakmi ini ternyata sudah 'go international'.

Sensasi Baru Makan Bakmi di Sedjuk, Hidden Gem Baru yang Viral

Dream - Menikmati hangatnya bakmi disusul dengan dinginnya kopi jadi kombinasi baru yang bisa kamu jadikan referensi ketika wisata kuliner nanti.

Belum lagi sajian bakmi yang beragam seperti di Sedjuk Bakmi & Kopi. Yup, tempat makan di kawasan Tulodong dan Cinere ini menyajikan varian rasa bakmi yang sayang banget dilewatkan Sahabat Dream.

Biasa makan bakmi cuma disajikan dengan irisan ayam, bakso, dan pangsit, di Sedjuk Bakmi & Kopi kamu bisa nikmati isian bakmi seperti ayam oven sambal matah, salted egg, gochujang, dan lainnya.

Bahkan di beberapa menu spesial seperti kolaborasi teranyarnya dengan musisi Iga Masardi, Bakmi Iga Membara mampu jadi menu yang ramai dicari pengunjung.

Bakmi Iga Membara

Tonton Ngobras bareng sang empunya yuk

Restoran ini memiliki dua cabang, yaitu berada di Tulodong dan Cinere, dan nantinya akan membuka cabang baru di Cikeas pada 2021 mendatang.

Para netizen di dunia maya kerap menyebut Sedjuk Bakmi & Kopi sebagai ‘Hidden Gem’ di dunia perkulineran.

Berkesempatan untuk ngobrol-ngobrol langsung bersama Founder Sedjuk Bakmi & Tulodong, Muhammad Kautsar atau yang akrab dipanggil Igor pada Senin, 14 Desember 2020 kemarin, Igor bercerita banyak mengenai cara menjalankan bisnis, proses pembuatan suatu menu, dan tentu tentang Sedjuk Bakmi & Tulodong.

Buat Sahabat Dream yang ketinggalan langsung saja tonton siaran ulangnya di IGTV @dreamcoid yuk!

      View this post on Instagram      

A post shared by Dream.co.id (@dreamcoid)

 

Laporan: Shania Suha

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
4 Makanan dan Minuman yang Ternyata Nggak Direkomendasikan Buat Penderita Asam Lambung, Apa Saja Ya?

4 Makanan dan Minuman yang Ternyata Nggak Direkomendasikan Buat Penderita Asam Lambung, Apa Saja Ya?

Meskipun memiliki rasa yang enak, tapi beberapa makanan dan minuman ini wajib dihindari oleh penderita asam lambung.

Baca Selengkapnya
Resep Ayam Semur Santan Gurih untuk Hidangan Istimewa Keluarga

Resep Ayam Semur Santan Gurih untuk Hidangan Istimewa Keluarga

Semur ayam memiliki cita rasa yang khas, kombinasi lezat antara gurih dan manis. Proses pembuatannya pun tidak sulit.

Baca Selengkapnya
Penyuka Pedas, Dokter Ingatkan Risiko Luka di Lambung

Penyuka Pedas, Dokter Ingatkan Risiko Luka di Lambung

Makanan pedas bisa sangat berbahaya untuk kesehatan pencernaan jika konsumsinya tidak dikontrol. Dampak buruknya tidak hanya pada lambung saja.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Resep Bumbu Minyak Ayam Serbaguna, Bisa Buat Masak Dadakan

Resep Bumbu Minyak Ayam Serbaguna, Bisa Buat Masak Dadakan

Salah satu bahan rahasia masakan lezat dari nasi goreng, tumisan atau masakan lainnya adalah minyak ayam yang mudah dibuat sendiri di rumah.

Baca Selengkapnya
Simpan dengan Tepat Ayam yang Sudah Dimarinasi, Masak Jadi Lebih Praktis

Simpan dengan Tepat Ayam yang Sudah Dimarinasi, Masak Jadi Lebih Praktis

Bisa jadi trik jika ingin menyetok bahan makanan yang siap masak.

Baca Selengkapnya