Cara Tepat Menyimpan Keju Agar Tahan Lama

Reporter : Cynthia Amanda Male
Selasa, 3 September 2019 12:48
Cara Tepat Menyimpan Keju Agar Tahan Lama
Jangan sampai keju yang masih banyak terbuang begitu saja.

Dream - Cara menyimpan makanan bisa mempengaruhi rasa dan kualitasnya. Salah satu bahan makanan yang perlu disimpan dengan cara tertentu untuk menjaga kualitasnya adalah keju.

Chef Degan Septoadji menyarankan untuk selalu menyimpan keju di kulkas. Jika kejunya berbau, simpanlah di area kulkas yang tertutup.

" Lebih baik disimpan di kulkas karena keju itu kan dairy. Di kulkas biasanya ada satu bagian yang ada tutupnya di bagian atas, kalau di Eropa itu buat keju karena di sana kejunya bau," katanya dalam acara Keju Kraft Perkaya Cita Rasa Kuliner Nusantara di Almond Zucchini, Jakarta Selatan, Senin 2 September 2019.

Keju disimpan di tempat tertutup agar baunya tidak menyebar ke seluruh kulkas. Selain itu, keju sebaiknya disimpan dalam sebuah wadah.

" Kalau sudah dibuka, harus dipindahkan ke container yang tertutup. Namanya juga simpan barang di kulkas harus tertutup, secara hygiene," ujarnya.

1 dari 5 halaman

Wadah tertutup

Sahabat Dream bisa menyimpan keju dengan menutupnya menggunakan plastic wrap. Bisa juga menggunakan wadah dengan penutup.

Tidak perlu pakai aluminium foil. Menyimpan keju dengan benar akan mempengaruhi masa berlakunya.

 Kekhasan Tiga Jenis Keju Italia

" Masa berlaku tergantung jenis keju dan suhu kulkasnya, ada yang 2 dan 8 derajat. Kalau disimpan dengan baik, bisa sampai 2 minggu. Kalau sudah dibuka, seminggu pun bisa asal kulkasnya bersih supaya nggak terkontaminasi dengan kuman," katanya.

2 dari 5 halaman

Jika keju berubah warna

Ketika menyimpan keju, mungkin kamu pernah menemukannya dalam keadaan sudah berwarna kuning gelap dan mengeras. Keju yang sudah berubah warna dan tekstur sebaiknya jangan dikonsumsi dan diolah.

 Misteri Mengapa Keju Swiss Berlubang Terkuak

" Jangan. Kalau nggak yakin untuk dipakai, jangan. Apalagi kalau simpannya salah. Kadang, hal kayak gitu nggak kelihatan tapi sudah terkontaminasi," ungkap Chef Degan.

3 dari 5 halaman

Pilihan Jenis Keju Nikmat bagi yang Sedang Diet

Dream - Keju biasanya dihindari oleh mereka yang sedang menjaga atau menurunkan berat. Olahan susu satu ini dianggap tinggi kalori dan garam, yang bisa merusak diet.

 Rahasia di Balik Keju Termahal Dunia

Sebenarnya, ada banyak keju yang sehat dan rendah kalori. Bisa dijadikan taburan salad, olahan masakan atau menu lain yang tak merusak diet. Penasaran Sahabat Dream?

4 dari 5 halaman

1. Keju Mozzarella

Ini adalah salah satu varietas keju populer yang tersedia di seluruh dunia. Mozzarella adalah keju yang keras dan lentur saat terkena panas, jadi taburan wajib pada pizza.

 Vegetable Cheese Pasta, Sehat dan Bikin Kenyang untuk Sahur

Bisa dibuat dari susu dari sapi, kerbau, domba, atau kambing. Untuk lebih sehat, pilih mozzarella organik. Kandungan kalorinya hanya 280 kalori per 100 gram dan juga rendah sodium. Keju ini juga sangat kaya kalsium dan karenanya, dapat membantu penurunan berat badan.

5 dari 5 halaman

Dua Keju Lainnya

2. Keju Feta

Ini adalah keju tradisional Yunani yang terbuat dari susu domba atau kambing. Remah keju feta bisa jadi taburan dalam sayuran dan salad buah. Rasanya sangat tajam perpaduan dari asin dan agak asam. Porsi 100 gram keju feta mengandung 14 gram protein dan 264 kalori.

3. Cottage Cheese

Salah satu keju paling sehat yang berasal dari dadih segar. Teksturnya lembut dengan rasa susu yang sangat ringan. Sangat populer bagi penyuka makanan sehat karena jumlah kalorinya terendah di antara semua keju. Porsi 100 gram cottage cheese hanya memiliki 98 kalori.

Sumber: Food NDTV

Beri Komentar
Adu Akting dengan Betari Ayu, Alvin Faiz Ceritakan Respon Sang Istri