Cetakan Kue Bersih Bebas Karat, Simak 4 Cara Membersihkannya

Reporter : Mutia Nugraheni
Jumat, 3 Juli 2020 12:12
Cetakan Kue Bersih Bebas Karat, Simak 4 Cara Membersihkannya
Pastikan bekas adonan terangkat dan loyang bersih kembali.

Dream - Loyang dan cetakan, tentunya sangat dibutuhkan untuk membuat kue. Pastikan kondisinya selalu bersih, karena jika kotor akan mudah karat dan tak bisa lagi digunakan.

Banyak yang malas membersihkan loyang dan cetakan sehingga membuatnya rusak. Seperti yang kita tahu, adonan kue terdiri dari mentega dan telur serta bahan lain yang memang sulit dibersihkan.

Jika ingin pembersihan optimal, pastikan Sahabat Dream melakukan trik ini setelah selesai menggunakan loyang dan cetakan kue.

1. Rendam air panas
Segera setelah mengeluarkan semua kue dan roti, rendam cetakan dengan air. Jika adonan susah dibersihkan hanya dengan air dingin, rendam cetakan dengan air hangat atau panas selama 30 menit.

Pastikan dulu bahannya tidak mudah leleh atau berubah jika terkena air panas. Setelah merendam, sisa adonan atau kue yang menempel bisa langsung dibersihkan menggunakan sabun cuci biasa.

 

1 dari 4 halaman

2. Gosok dengan baking soda

 loyang© Shutterstock

Jika tidak bisa menggunakan air panas, gunakan baking soda sebagai bahan mencuci. Misalnya pada loyang atau cetakan plastik, taburi baking soda secukupnya, oles merata dan gosok menggunakan kain basah agar adonan bisa dengan mudah dibersihkan. Bilas bersih dan keringkan setelahnya.

 

2 dari 4 halaman

3. Gosok dengan besi cuci piring

Jika ada besi cuci piring, bisa juga digunakan. Untuk loyang-loyang atau cetakan kue yang susah dibersihkan, menggosok dengan besi cuci piring akan sangat membantu membersihkannya. Pastikan jika goresan yang kemungkinan timbul tidak akan mengganggu ketika cetakan digunakan lagi.

4. Olesi minyak
Setelah mencuci cetakan kue hingga bersih, pastikan mengolesi dengan minyak untuk menjaga cetakan atau loyang tidak karatan dan simpan dalam plastik agar tidak terkena debu.

Laporan Febi Anindya Kirana/ Sumber: Fimela.com

3 dari 4 halaman

Kue Lapis Dikomplain Mahal, Penjual Malah Ungkap Cara Membuatnya

Dream - Sajian kue lapis biasanya selalu ada di acara-acara keluarga dan saat hari spesial seperti pernikahan. Kue ini memiliki citarasa yang sangat kaya. Perpaduan rasa manis, gurih, bertekstur lembut dan creamy.

Tampilannya juga sangat apik, tak heran kalau selalu disajikan di hari istimewa. Salah satu kue lapis yang terkenal adalah kue lapis Sarawak asal Malaysia. Kue ini terdiri dari beragam warna.

Kombinasinya warna juga sangat apik dan rasanya nikmat. Harganya bisa mencapai Rp500 ribu hingga Rp1 juta per loyang, tergantung jenisnya. Seorang penjual kue lapis Sarawak, curhat di Twitter soal pelanggannya yang kerap mengeluh kalau harga kue ini sangat mahal.

Akun @ruffleseed menulis " People always ask why kek lapis Sarawak is so expensive. This is my mom planning her next bake" . Artinya " banyak orang selalu menanyakan kenapa kue lapis Sarawak sangat mahal. Ini penjelasan ibuku soal pembuatannya" .

 

4 dari 4 halaman

Seperti rumus Matematika

Ia kemudian mengunggah langkah-langkah pembuatan kue yang memang sangat rumit. Dipanggang tiap lapis, lalu dipotong, kemudian ditutup adonan lagi dan dipanggang kembali. Begitu banyak tahapan yang harus dilakukan agar tampilan kue jadi terlihat apik.

 Rumus kue lapis© Twitter

(Foto: Twitter @ruffleseed)

Jika dilihat, tahapan pembuatan kue ini malah seperti rumus matematika. Tak heran kalau harganya cukup mahal. Bagaimana menurut Sahabat Dream?

Beri Komentar