Jangan Cuci Perabot Masak Ini Pakai Sabun Cuci Piring

Reporter : Mutia Nugraheni
Kamis, 29 Juli 2021 09:35
Jangan Cuci Perabot Masak Ini Pakai Sabun Cuci Piring
Sabun tersebut memiliki formula yang keras.

Dream – Biasanya kita membersihkan beragam alat masak menggunakan sabun cuci piring. Formulanya memang sangat ampuh mengangkat lemak dan bisa menghilangkan aroma amis dan rempah masakan yang biasanya menempel.

Hal itu karena bahan kimia di dalamnya lebih keras ketimbang sabun lainnya seperti sabun cuci tangan. Selalu ingat, kalau tidak semua alat masak boleh dicuci dengan sabun cuci piring, salah satunya yaitu wajan besi cor atau cast iron.

Cast Iron© Shutterstock

Andy Fajar Handika, founder @kulina.id yang juga seorang food influencer membagikan trik merawat wajan cast iron. Ia menjelaskan dalam akun Instagram @talkinandy, bahwa keluhan yang kerap dirasakan setelah menggunakan alat masak cast iron adalah permukaannya menjadi lengket.

 

1 dari 5 halaman

Untuk mencucinya tak boleh menggunakan sabun. Agar lapisannya tak rusak ikuti trik dari Andy berikut:
1. Guyur wajan dengan air panas dan gosok dengan spatula kayu untuk menghilangkan sisa makanan yang menempel
2. Lap dengan tisu dapur hingga kering
3. Tuangkan minyak, grapeseed oil menjadi pilihan terbaik
4. Panaskan di atas api sambil mengoleskan minyak ke seluruh permukaan wajan dengan tisu dapur

“ Rahasianya ya kalau nyuci jangan pakai sabun, dipakai sering agar lebih cepat seasoned. Pakai oil yang polyunsaturated fat nya tinggi, jadi saya pakai grapeseed oil,” tulis Andy dalam caption videonya. Lihat videonya.

      View this post on Instagram

A post shared by Andy Fajar Handika (@talkinandy)

2 dari 5 halaman

Saking Panasnya, Warga Qatar Bisa Masak Telur Tanpa Kompor

Dream - Qatar termasuk negara Timur Tengah yang suhunya berkisar 40-45 derajat celcius saat siang hari. Bagi warganya, saat siang lebih baik menghabiskan waktu di dalam rumah dan mereka memilih beraktivitas di luar ruangan di malam hari.

Kondisi panasnya Qatar, digambarkan salah satu warganya melalui unggahan video di Instagram. Melalui akun @ghadirbenderofficial, ia memperlihatkan cuaca siang yang begitu terik di Qatar dari apartemennya.

Masak telur di balkon© Instagram @ghadirbenderofficial

Untuk menunjukkan cuaca panas Qatar yang ekstrem, si pemilik akun lalu mengambil wajan dan menaruhnya di balkon. Setelah beberapa menit, dituang sedikit minyak dan ia menggoreng telur di wajan tersebut.

3 dari 5 halaman

Hasilnya, telur matang dalam hitungan menit seperti memasak di atas kompor. " Orang yang tinggal di Qatar yang bisa mengerti," tulis @ghadirbenderofficial dalam video berikut.

4 dari 5 halaman

Uniknya Pizza yang Dimasak di Batu Vulkanik Aktif

Dream - Oven bata merupakan perlengkapan penting untuk memasak pizza klasik khas Italia. Bisa juga membuat pizza di oven listrik atau microwave. Ada banyak cara untuk memasak pizza, tapi pernah Sahabat Dream membayangkan memasaknya di lava vulkanik yang aktif?

David Garcia, pria asal Guatemala membuat pizza di gunung dengan lava aktif. Ia membuat kedai pizza ekstrem di atas gunung Pacaya, yang memang jadi tujuan wisata vulkanik.

Ide Garcia ini rupanya membuat banyak orang penasaran. Terbukti sejumlah wisatawan datang berbondong untuk menyantap pizza yang dimasak di atas batu vulkanik membara. Lewat akun Instagram @pizzapacayadedavid, Garcia memperlihatkan aksinya menguleni adonan, menggulung pizza dan menyusun topping.

Pizza Pacaya© Pizza Pacaya De David

Dia kemudian menaruh pizza di atas piring logam yang tahan terhadap suhu 1.000 derajat Celcius dan ditempatkan di atas lava, dengan menggunakan roda gigi pelindung.

 

 

5 dari 5 halaman

Tak ketinggalan Garcia juga membagikan foto beberapa tamu tersenyum bahagia menikmati pizza dibuat menggunakan teknik unik ini.

" Senang untuk mencoba dan kamu akan terkejut betapa enak pizzanya dan kaya rasa," ujar salah satu pengunjung.

Pizza Pacaya© Pizza Pacaya De David

Gunung berapi Pacaya di Guatemala aktif sejak Februari 2021. Penduduk dan pihak berwenang tetap waspada dengan kondisi gunung dan Garcia tampaknya memanfaatkan dengan baik.

Laporan Radhika Nada/ Sumber: FoodNDTV

Beri Komentar