Jangan Panik, Lakukan Ini Saat Gas Bocor

Reporter : Mutia Nugraheni
Jumat, 1 November 2019 06:50
Jangan Panik, Lakukan Ini Saat Gas Bocor
Penting bagi Sahabat Dream mengetahui keamanan penggunaan gas elpiji di rumah.

Dream - Mendengar kasus kebocoran gas elpiji apalagi sampai meledak dan menyebabkan kebakaran, kerap membuat kita panik. Penting bagi Sahabat Dream mengetahui keamanan penggunaan gas elpiji di rumah.

Terutama dalam hal mendeteksi kebocoran gas. Menurut Asisten SBM Jakarta Timur Pertamina, Ade Triskanto, langkah pertama yang harus dilakukan saat ada kebocoran gas adalah untuk tidak panik. Setelah itu, ketahui letak sumber kebocoran gas dan lepas selang regulator gas.

" Misalnya ini selang, bocornya di selang nih. Terus di selang sudah ada api, nah kita kan mau madamkan dengan lap basah gak berani, yang bisa kejangkau hanya regulatornya, ya copot aja. Itu nanti akan mati sendiri," ujar Ade di Hotel GranDhika Iskandarsyah, Jakarta, Kamis, 31 Oktober 2019 dalam acara  " Kelihatan Cerdasnya Bersama BrigtGas" DreamXBrightGas.

Dengan melepas selang regulator gas, akan mencegah gas keluar dari tabung dan merambat ke sumber api. Saat selang regulator sudah terlepas, bawa tabung gas ke ruang terbuka dan memasukkannya ke dalam ember berisi air.

Di dalam air, gas akan mengeluarkan gelembung udara sehingga letak kebocoran terdeteksi.

" Karena kita gak tahu bocornya dimana, masukin saja ke ember yang ada airnya nanti akan ada gelembung yang menunjukkan ada gas keluar dari tabung," kata Ade.

1 dari 6 halaman

Beritahu Tetangga

Tak Mau Beli Elpiji Isi Air? Simak Caranya© MEN

Pastikan untuk memberi tahu tetangga sekitar jika gas elpiji di rumah bocor. Hal ini untuk mencegah adanya sumber api di sekitar tabung bocor dan membuat gas merambat yang dapat menyebabkan kebakaran.

" Sifat gas ini kan menyambar ya, karena ada beberapa kejadian ada yang evakuasi di depan rumah tapi dia lupa beri tahu tetangga sekitar dan menyambar gasnya," ungkap Ade.

Penanganan kebocoran ini bisa dilakukan apabila kebocoran bersifat kecil dan belum terjadi kebakaran.

 

 

 

2 dari 6 halaman

Bedakan Bau Gas Bocor dan Habis

Ade mengungkapkan bahwa ada bau yang dikeluarkan dari gas bocor dan saat gas mulai habis. Bau keduanya sangat mirip dan diperlukan kepekaan kita saat mendeteksi aromanya.

Selang regulator yang menentukan kadar gas dalam tabung, menurut Ade, juga tidak bisa menjadi patokan yang konkret mengenai isi gas.

7 Langkah Memasang Gas LPG yang Aman© MEN

" Ada regulator yang bisa mendeteksi habis gas juga kan, tapi itu gak bisa jadi patokan. Kalau ada bau terus gas enteng, berarti tanda-tanda mau habis. Tapi kalau gas masih penuh dan bau, lebih baik tabungnya dievakuasi," ujarnya.

Maka dari itu, bagi Sahabat Dream yang gemar memasak di dapur, pastikanlah mengerti langkah pengamanan ini. Ade menambahkan, jika tidak berani melakukan langkah pengamanan ini, segeralah memberi tahu tetangga dan meminta bantuan.

" Kalau gak berani, keluar aja. Kalau sudah terjadi kebakaran, keluar saja. Nyawa itu lebih penting," ungkapnya.

Laporan: Keisha Ritzska Salsabila

 

 

3 dari 6 halaman

7 Langkah Memasang Gas LPG yang Aman

Dream - Seringkali kita merasa takut untuk memasang tabung LPG (Liquified Petrolium Gas) sendiri. Padahal, memasang tabung gas itu mudah, loh. Bagi Sahabat Dream yang masih takut saat memasang tabung gas, Bright Gas memberikan tujuh langkah mudah agar memasang tabung LPG selalu aman.

Trik aman memasang tabung LPG ini disampaikan oleh Anggi Paramitha, Officer LPG Brand Management Bright Gas di acara " Kelihatan Cerdasnya Bersama Bright Gas"  DreamXBrightGas di Hotel GranDhika Iskandarsyah, Jakarta, 31 Oktober 2019.

Bright Gas© Dream

Yuk, simak trik-trik aman memasang gas LPG.

1. Peralatan LPG Sesuai SNI
Selalu pastikan peralatan LPG yang digunakan sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI), ini termasuk selang dan regulator. Perhatikan juga tabung gas harus memiliki segel resmi dari Pertamina.

 

4 dari 6 halaman

2. Sirkulasi Udara Di Dapur Harus Baik

Sirkulasi udara di dapur harus mengalir dengan baik. Buka semua ventilasi udara untuk mencegah terpapar udara tidak sehat di dalam.

" Kita buka saja sirkulasi, supaya aliran udara lancar dan menghindari udara terpapar di dalam," ujar Anggi.

Memasak Aman dengan Bright Gas© MEN

3. Matikan Sumber Api
Hal ini adalah langkah yang tidak boleh luput dari perhatian. Pastikan pemantik api pada kompor tidak menyala saat memasang tabung gas. Ketika pemantik menyala, ini akan menyebabkan keluarnya api yang sangat besar ketika tabung gas terpasang.

Selain itu, pastikan juga tidak ada yang menyalakan sumber api di sekitar area pemasangan. Sumber api dapat menyebabkan gas tersambar dan meledak.

" Jangan sampai pemantik sudah mati tapi ada yang lupa merokok di samping pemasangan. Pokoknya, jauhkan dari sumber api ya," kata Anggi.

 

5 dari 6 halaman

4. Pemasangan Regulator Gas

Langkah ini cukup mudah untuk dilakukan. Pertama-tama, lepas segel plastik pada tabung LPG. Kemudian, pasang regulator pada katup tabung LPG. Putar knop regulator searah jarum jam dan pastikan selang tidak tertindih atau tertekuk.

Bright Gas© Dream

5. Pemasangan Klem Kompor dan Regulator Gas
Untuk menghindari kebocoran, pastikan pemasangan kedua klem kompor dan regulator gas terpasang dengan erat.

 

6 dari 6 halaman

6. Cek Apabila Terjadi Kebocoran

Saat memasang regulator, Sahabat Dream perlu waspada dan memperhatikan jika terjadi kebocoran. Kebocoran gas terdeteksi dengan suara desis pelan dari gas, serta tercium bau khas dari LPG.

" LPG itu gak ada baunya tapi kita tambahkan zat bau agar bisa mendeteksi kebocoran," ujar Anggi.

Anggi juga menambahkan bahwa kita harus benar-benar memastikan agar tidak ada bau sebelum menyalakan pemantik kompor.

7. Tukar Gas Jika Api Tidak Menyala
Jika sudah memasang tabung gas dengan benar namun api tidak kunjung menyala, tukarkanlah tabung ke agen atau toko LPG terdekat.

Laporan: Keisha Ritzska Salsabila

 

Beri Komentar