Legitnya Soes dan Bika Ambon untuk Camilan Sore, Pesan Yuk!

Reporter : Mutia Nugraheni
Jumat, 1 Oktober 2021 09:35
Legitnya Soes dan Bika Ambon untuk Camilan Sore, Pesan Yuk!
Penasaran mau coba?

Dream - Bisnis makanan jika ditekuni dengan baik bisa sangat menjanjikan. Terutama bagi mereka yang baru memulai berbisnis. Seperti cerita Ria Romdani.

Ia dirumahkan setelah perusahaan tempatnya dulu bekerja melakukan pengurangan karyawan. Dengan keahliannya mengolah bahan makanan, Ria merintis Dapoer Boendarr. Nama itulah yang menjadi salah satu seller di ManisdanSedap.com.

Ria menceritakan saat merintins Dapoer Bandarr, ia mengaku iseng karena tidak bisa beraktivitas seperti di kantor. Alhasil, ia mengulik masakan di media sosial dan usahanya membuatnya ketagihan.

“ Mama saya memang dulu tukang buat kue, peralatan kue memang nurun dari beliau dan tinggal saya sedikit-sedikit melengkapi loyang,” ujarnya.

Makanan yang dibuatnya adalah Soes dan Bisa Ambon yang ternyata disukai banyak orang. Rasanya legit, cocok untuk camilan sore. Nama Dapoer Boendarr yang dipilihnya juga memiliki filosofi tersendiri.

“ Saya ibu dari dua orang anak yang memanggil saya bunda, saya memilih nama Dapoer Boendarr dan bundar itu kan tidak putus,” ceritanya saat ditanya arti nama usaha kuliner rumahannya.

 

 

1 dari 4 halaman

Ria merintis usahanya ini masih sangat baru, kurang dari setahun. Dalam waktu tersebut, ternyata para pelanggan merespons positif, terutama yang berdomisili di Depok.

Bika Ambon© Manisdansedap.com

Bika Ambon ternyata banyak dipesan oleh pelanggan setia Dapoer Boendarr. Ia pun memajang jualannya di platform ManisdanSedap.com untuk memperluas area pemasarannya.

Merupakan bagian dari KLY (KapanLagi Youniverse) sebagai Digital Media Network yang juga menaungi Liputan6.com, Merdeka.com, KapanLagi.com, Dream.co.id, Brilio.id, Fimela.com, Bola.com, Bola.net, dan Otosia.com, platform ini dikhususkan untuk membantu penggemar kuliner dalam menemukan beragam kuliner pre-order dari seluruh Nusantara.

Menjadi etalase yang memajang jualan para pemilik UMKM, ManisdanSedap.com dilengkapi fitur tombol yang langsung menghubungkan calon pembeli ke nomor WhatsApp Seller. Mudah dan praktis berinteraksi dengan seller, pembeli pun bisa melakukan transaksi terpisah dari platform tanpa tambahan biaya apapun. Mendukung promosi usaha kuliner rumahan, saatnya bergabung dengan ManisdanSedap.com dan bikin laris produkmu!

 

Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!

 

2 dari 4 halaman

Belajar Masak dari YouTube, Fia Bikin Menu Ayam Menggugah Selera

Dream - Berjualan makanan tentunya tak langsung berhasil dan laris. Ada saja tantangan dan kesulitan yang dihadapi, terutama di masa pandemi seperti sekarang.

Seperti yang dialami Fia, pemilik Flofrozenfood. Sebelum membuka usaha frozen food, Fia adalah seorang sales di sebuah pusat perbelanjaan. Ia lalumemutuskan membuka usaha kulinernya sendiri, berbekal hobi memasak dan hasil belajar dari Youtube, ditambah ilmu yang didapat dari temannya yang berprofesi sebagai chef.

Sebelum memberi nama Flofrozenfood, Fia mengaku sempat berganti nama. Brand Qaqa Berkah Jaya ini akhirnya diberi nama Flofrozenfood di platform penjualan online. Berganti nama, namun muncul masalah baru. Produknya ditiru orang lain.

Belajar Masak dari YouTube, Fia Bikin Menu Ayam Menggugah Selera© MEN

" Suka dukanya jualan ini banyak banget. Pernah rugi puluhan juta karena penjualan sepi. Waktu penjualan ramai juga diiriin orang," kata Fia saat berbincang dengan ManisdanSedap.com.

 

3 dari 4 halaman

Usahanya yang kini memasuki tahun keempat itu berhasil dia kembangkan cukup banyak rintangannya. Hasil penjualannya pun tak hanya dinikmatinya sendiri. Fia melakukan kegiatan sosial Sedekah Jumat untuk berbagi dengan sesamanya.

Setiap hari Jumat, Fia melakukan bagi-bagi nasi ke beberapa panti asuhan atau yayasan. Sedekah Jumat yang sudah berjalan 3 tahunan ini dia yakini bisa membuka jalan rezekinya.

4 Ayam Bakar Favorit di Surbaya, Mau Coba?© MEN

" Sebenarnya, orang-orang banyak yang kaget melihat jualan saya yang pas-pasan tapi bisa bagi-bagi nasi setiap Jumat. Mulai dari itu usaha saya ramai pembeli, baik orang pesantren atau orang-orang sekitar," kata Fia yang kini juga bergabung menjadi seller di ManisdanSedap.com.

Sedekah Jumat ini dilakukan secara bergiliran ke yayasan atau panti asuhan yang berbeda. Walaupun Flofrozenfood berada di Depok, Sedekah Jumat yang dilakukan Fia sampai ke daerah lain, seperti Lebak Bulus, Cinere, hingga Bogor.

Fia juga punya mimpi dan rencana besar untuk dirinya dan orang-orang sekitarnya. Dia ingin membuat rumah produksi olahan ayam beku yang terkenal di seluruh Indonesia. Sehingga dia bisa memiliki kios-kios frozen food dan rumah makan ayam bakar.

" Saya juga punya mimpi semoga ke depannya saya bisa punya pesantren yatim, biar terus bisa berbagi," katanya.

 

4 dari 4 halaman

Saat ini, menu andalan Flofrozenfood adalah ayam bakar bumbu rempah sambal ijo dan alpukat kocok. Ayam bakar tersebut diolah menggunakan bumbu rempah secara tradisional. Sedangkan alpukat kocoknya, dibuat menggunakan alpukat mentega kualitas super.

Menu Flofrozenfood saat ini bisa dipesan melalui ManisdanSedap.com. Sebagai etalase bagi para pelaku UMKM, para pecinta kuliner bisa menemukan berbagai menu manis dan sedap di website ini.

ManisdanSedap.com sendiri adalah bagian dari KapanLagi Youniverse (KLY). Merupakan Digital Media Network, KLY menaungi media seperti Liputan6.com, Merdeka.com, Kapanlagi.com, Fimela.com, Dream.co.id, Brilio.id, Bola.com, Bola.net, dan Otosia.com.

 

Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!

Beri Komentar