Lezatnya Nasi Campur Khas Jawa Timur, Dijamin Bikin Ketagihan

Reporter : Mutia Nugraheni
Senin, 3 Februari 2020 09:01
Lezatnya Nasi Campur Khas Jawa Timur, Dijamin Bikin Ketagihan
Jika Sahabat Dream jalan-jalan ke daerah-daerah di Jawa Timur, jangan lupa mencicipi deretan menu nasi nikmat berikut.

Dream - Nasi tak bisa dilepaskan dari lidah masyarakat Indonesia. Berbagai daerah memiliki sajian nasi dengan rasa yang khas. Salah satu yang sangat terkenal adalah nasi campur ala Jawa Timuran.

Nasi hangat yang dimasak di dandang disiram atau ditaburi dengan bumbu kaya rempah, sayuran serta tumpukan lauk menggoda. Nasi campur ini disajikan kapan pun, baik sarapan, makan siang, maupun makan malam.

Jika Sahabat Dream jalan-jalan ke daerah-daerah di Jawa Timur, jangan lupa mencicipi deretan menu nasi nikmat berikut.

Nasi Pecel

Nasi Pecel mungkin sudah sering kamu coba, tapi pastikan mencoba nasi pecel yang banyak disajikan di Jawa Timur. Salah satu yang terkenal adalah nasi pecel khas Madiun.

Nasi putih disajikan di pincuk, ditemani ragam sayuran yang dikukus lalu disiram bumbu pecel. Lauknya juga beragam, ada bakwan, rempeyek dan juga telur.

 

1 dari 4 halaman

Nasi Serpang

 Nasi Serpang© Liputan6

Sajian nasi selanjutnya adalah nasi Serpang khas Madura. Merupakan adalah olahan nasi yang dicampur dengan berbagai lauk pendamping antara lain telur asin, bakwan jagung, udang, soun bumbu kecap, sambal, dan rempeyek.

Jika ingin merasakan di Surabaya, kamu bisa datang ke warung Nasi Serpang Ibu Choirul Anam yang terletak di Jalan Raya Mulyosari 212, Surabaya, Jawa Timur. Nasi Serpang ini dijual dengan harga Rp22 ribu per porsinya.

 

2 dari 4 halaman

Nasi Krawu

Nasi Krawu merupakan makanan khas Gresik. Nasi Krawu terdiri nasi putih yang ditaburi potongan daging sapi yang sudah dibumbui yang kemudian ditambahkan sambal terasi dan serundeng serta lauk pauk lainnya.

Nama Krawu diambil dari krawu kelapa. Serundeng kelapa dan bumbu manggut yang ada menjadikan rasanya khas dan berbeda dari olahan nasi yang lain.

Selengkapnya baca di sini.

3 dari 4 halaman

Sajian Nasi Jamblang ala Cafe, Coba Yuk!

Dream - Kota Cirebon memiliki daya tarik kuliner yang begitu menggoda. Salah satu menu khasnya yang begitu terkenal adalah Nasi Jamblang, yaitu nasi yang dibungkus menggunakan daun jati dan menyajikan lauk beragam dengan rasa khas kota pesisir Cirebon.

 Sajian Nasi Jamblang ala Cafe, Coba Yuk!© MEN

Salah satu tempat makan nasi jamblang yang bisa Sahabat Dream datangi adalah Nasi Jamblang Ibu Hj Lili. Lokasinya berada di jalan kabupaten No: 18-20 Kota Cirebon Jawa Barat. Kedai makan ini dikemas secara modern menyerupai cafe.

" Nasi jamblang kan biasanya identik dengan ‘rakyat jelata’ kami ingin mengubah citra itu bahwa nasi jamblang juga bisa dinikmati di tempat yang nyaman,” kata Arief Safari pemilik usaha Nasi Jamblang Ibu Hj Lili, saat ditemui di kedainya.

Arief bercerita nama Nasi Jamblang Ibu Hj Lili diambil dari nama ibunya. Ia bercerita kalau dahulu tempat makan tersebut merupakan rumah tempat kumpul keluarga besarnya. Sang ibu sering memasak nasi jamblang untuk disajikan.

" Hingga sekarang resepnya menjadi turun menurun hingga dibukanya tempat makan Nasi Jamblang Ibu Hj Lili," kata Arief.

 

4 dari 4 halaman

Kedai Nasi Jamblang ala Cafe

Rumah Arief sekarang sudah berubah jadi tempat makan kekinian. Konsepnya memadukan unsur modern dan tradisional. Banyak hiasan mural yang bisa jadi spot-spot foto Instagramable.

 Nasi Jamblang Haji Lili© Dream

Untuk menu yang tersedia, seperti lauk Nasi Jamblang pada umumnya. Antara lain, sambal goreng, ikan asin, sate telor puyuh atau pun paru goreng.

Terdapat juga menu rekomendasi yang menjadi menu khas yaitu Balakutak, cumi berpotongan besar berlumur tinta hitam berbumbu gurih. Tekstur daging cumi begitu empuk, dengan bumbu yang menyerap.

Penasaran berapa harganya? Arif mengatakan untuk harga sekitar Rp15 ribu hingga Rp20 ribu. Bisa jadi tujuan wisata kuliner saat datang ke Cirebon.

Laporan Diah Tama Yanti

Beri Komentar
Babak Baru Daus Mini Vs Daus Mini ‘KW'