Rawat Tanaman Rempah, Bisa Jadi Bumbu Segar di Dapur

Reporter : Mutia Nugraheni
Jumat, 5 Juni 2020 12:13
Rawat Tanaman Rempah, Bisa Jadi Bumbu Segar di Dapur
Tertarik untuk merawat tanaman rempah di dapur sebagai bumbu masakan? Simak trik berikut

Dream - Daun rempah dan bumbu jadi andalan kita untuk membuat cita rasa masakan jadi lebih nikmat. Daun basil, thyme, kemangi, rosemarry kerap dijual dalam pot di pusat perbelanjaan.

Jangan ragu untuk membelinya dan menaruhnya di dapur. Tanaman daun rempah yang dijual di toko sangat mudah dirawat. Tertarik untuk merawat tanaman rempah di dapur sebagai bumbu masakan? Simak trik berikut

1. Pisahkan jika sudah lebat
Daun rempah dalam pot yang baru dibeli kerap terlihat penuh, lebat, dan sehat. Nah, kondisi ini terlalu padat, akan lebih baik membagi dan memindahkannya ke pot yang lebih kecil. Taruh beberapa di luar ruangan.

Cara ini akan membuat daun tumbuh lebih banyak. Gunakan satu pot kecil (sekitar empat inci) untuk setiap tanaman, atau pot yang lebih besar jika memiliki ruang untuk menaruhnya.

 

1 dari 5 halaman

Siram dan Panen Teratur

2. Sirami setiap dua hingga tiga hari
Tanaman dalam pot kecil akan mengering sangat cepat. Uji tanah setiap beberapa hari dengan memasukkan jari ke dalam tanah dan periksa kelembapannya. Buat tanah lebih lembap secara konsisten. Jangan biarkan mengering di sela-sela penyiraman, karena ini akan membuat tanaman stres. Lakukan penyiraman tiap dua hari sekali.

 Tanaman rempah di dapur© Shutterstock

3. Panen secara teratur
Agar tanaman rempah hidup lebih lama, harus dipanen secara teratur. Banyak yang cenderung membiarkannya. Padahal semakin banyak dipanen, semakin banyak tanaman yang akan dihasilkan, jadi pastikan untuk memotong beberapa cabang dan batang secara teratur.

2 dari 5 halaman

Resep 3 Bumbu Dasar Andalan Saat 'Social Distancing' Dua Pekan

Dream - Seluruh masyarakat Indonesia diperingatkan untuk melakukan social distancing demi mengurangi risiko penularan corona virus (Covid-19). Itu artinya, sebisa mungkin kita mengurangi dan menghindari ke area yang ramai dikunjungi orang, salah satunya adalah pasar.

Untuk itu tak ada salahnya mulai sekarang Sahabat Dream menyetok bahan bumbu untuk membuat bumbu dasar. Bumbu ini bisa digunakan untuk banyak masakan. Chef Bahtiar, melalui akun Twitternya @tiarbah membagikan resep tiga bumbu dasar yang bisa dikreasikan untuk banyak masakan.

 © Dream

Resep terdiri dari bumbu kuning, bumbu putih, bumbu merah. Pertama bumbu kuning, yang merupakan campuran bawang merah, bawah putih dan kunyit yang dihaluskan. Setelah dihaluskan, tumis, dinginkan dan simpan dalam wadah yang rapat.

 

3 dari 5 halaman

Resep Bumbu Putih dan Bumbu Merah.

Kedua bumbu putih, yang merupakan campuran bawang putih, bawang merah, kemiri, jahe. Haluskan, lalu tumis, dan dinginkan. Simpan dalam wadah yang rapat. Ketiga bumbu merah, campuran dari bawang merah, bawang putih dan cabe merah.

 Cara Mengatasi Diabetes: Bawang Merah© MEN

Simpan dengan baik bumbu-bumbu tersebut. Taruh di kulkas atau frezeer dan keluarkan jika ingin mengolah makanan. Soto misalnya, bisa menggunakan bumbu kuning. Lalu untuk membuat balado dengan bumbu merah.

Selamat mencoba!

4 dari 5 halaman

Resep Lasagna Kukus yang Rasanya Juara!

Dream - Hidangan lasagna ala Italia, sangat mudah membangkitkan selera makan. Lapisannya yang penuh dengan saus daging dan krim keju meleleh, seperti memanggil-manggil untuk segera disantap.

 © Dream

Menu ini sebenarnya sangat mudah dibuat, dan tak selalu membutuhkan oven untuk memanggangnya. Sahabat Dream bisa membuat lasagna versi kukus dan hanya membutuhkan panci untuk mengukus.

Bagaimana caranya? Simak resep mudahnya dan segera praktikkan di rumah.

 

 

5 dari 5 halaman

Bahan:

- 4 lembar lasagna sheet
- 300 gr saus bolognese kemasan
- 200 ml susu full cream
- 100 gr daging sapi giling
- 1 buah bawang bombay, cincang
- 1/2 sdt lada bubuk
- garam dan gula secukupnya
- Keju cheddar dan quick melt secukupnya

Cara Membuat: 

 Lasagna © Pixabay

- Rebus lasagna dengan sedikit minyak dan garam hingga al dente, angkat dan tiriskan
- Tumis bawang bombay hingga harum, masukkan daging giling, tumis hingga daging matang dan tidak berwarna merah
- Masukkan saus bolognese, aduk rata. Masukkan lada bubuk, garam dan gula secukupnya sesuai selera
- Hangatkan susu, masukkan 3 sdm keju cheddar parut, angkat.
- Siapkan wadah tahan panas atau alumunium foil, oles margarin. Letakkan satu lembar lasagna, beri isian daging dan beberapa sendok campuran susu dan keju
- Letakkan lagi satu lasagna dan ulangi langkah-langkah sebelumnya hingga habis. Terakhir beri toping keju quick melt
- Bungkus tutup kukusan dengan kain agar airnya tidak menetes
- Kukus lasagna kurang lebih 15 menit, angkat dan biarkan hingga hangat

 

Beri Komentar