Rempah Kaya Antioksidan, Jangan Lupa Taburi di Makanan dan Minuman

Reporter : Mutia Nugraheni
Senin, 18 Januari 2021 09:48
Rempah Kaya Antioksidan, Jangan Lupa Taburi di Makanan dan Minuman
Setengah sendok teh kayu manis bubuk memiliki antioksidan sebanyak setengah mangkuk raspberry atau stroberi.

Dream - Antioksidan dalam situasi pandemi seperti sekarang sangat dibutuhkan tubuh untuk menjaga imunitas. Dengan memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik, virus dan bakteri tak mudah menginfeksi.

Salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan antioksidan adalah dengan mengonsumsi rempah-rempah alami. Seperti oregano, kayu manis, dan jahe yang diolah menjadi makanan atau minuman. Bisa juga mencari yang bentuk bubuk lalu dijadikan taburan.

Perlu diketahui, setengah sendok teh kayu manis bubuk memiliki antioksidan sebanyak setengah mangkuk raspberry atau stroberi. Lalu, satu setengah sendok teh oregano level antioksidannya sama seperti tiga mangkuk bayam.

Kayu manis dan oregano antioksidannya sebanding dengan buah dan sayuran, termasuk " super food. Selain itu Sahabat Dream juga bisa mengonsumsi secara rutin rempah-rempah kaya antioksidan berikut.

 

1 dari 7 halaman

Kayu Manis
Mulai nikmati kopi pagimu dengan tambahan kayu manis bubuk. Taburkan 1/2 sendok teh di atas kopi bubuk sebelum diseduh.

Rosemary
Sebelum memanggang roti gulung, olesi bagian atasnya dengan minyak zaitun lalu taburi dengan daun Rosemary, serta tambahan garam sebagai perasa saat sebelum dipanggang.

Jahe
Kamu bisa mencoba minum limun Jahe. Tambahkan 1/2 sendok teh jahe bubuk ke dalam 1 liter limun segar atau limun dari campuran.

Oregano© Unsplash

Oregano
Untuk rasa pada keju panggang yang khas, siapkan sandwich dengan irisan keju mozzarella, irisan tomat, dan 1/4 sendok teh Oregano.

Thyme
Kamu bisa coba menambahkan 1/8 sendok teh daun thyme kering pada 2 telur lalu aduk. Langsung mendapatkan protein dan antioksidan sekaligus.

Itu dia beberapa rempah dan herbal alami yang dapat meningkatkan kesehatan dan kebugaran. Walaupun sedikit, cobalah lakukan dengan rutin, maka kamu akan merasakan manfaat maksimal bagi kesehatan.

Laporan Yuni Puspita Dewi/ Sumber: Food Reference

 

Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

2 dari 7 halaman

Ras El Hanout, Rempah Eksotis dari Maroko

Dream - Maroko seperti juga Indonesia, merupakan negara penghasil rempah yang berkualitas dan mendunia. Salah satu racikan rempah Maroko yang sangat terkenal adalah Ras El Hanout.

Merupakan campuran rempah-rempah yang banyak, khas dan aromatik. Masakan Maroko terkenal dengan rasa dan aroma Ras El Hanout. Arti dari Ras el Hanout adalah " kepala toko" , yang menyiratkan bahwa campuran rempah-rempah ini adalah persembahan terbaik di toko rempah-rempah.

Rempah ini biasa digunakan untuk mengolah hidangan domba. Campuran rempah untuk membuat Ras el Hanout sangat banyak, antara lain kapulaga, pala, adas manis, bunga pala, kayu manis, jahe, bubuk berbagai paprika, dan kunyit, dan total 30 hingga 50 bahan atau lebih dapat digunakan dalam jumlah yang bervariasi.

Ras El Hanout, Rempah Eksotis dari Maroko© MEN

Rempah eksotis ini dibuat dengan menggiling bumbu utuh, akar kering, dan daun. Semuanya diolah dan digiling hingga halus. Setelah itu dicampur dengan komposisi tertentu. Ras el Hanout pun siap digunakan dan dipakai untuk berbagai masakan.

Salah satu menu andalan yang menggunakan Ras El Hanout adalah domba dan ayam panggang. Domba atau ayam yang sudah dicuci bersih, kemudian dilumuri minyak dan Ras El Hanout, didiamkan, baru setelah itu dipanggang.

Aroma dan rasanya akan sangat kaya, karena berlimpah rempah di dalamnya. Ingin mencicipi rempah khas Maroko?

 

Sumber: The Spruce

3 dari 7 halaman

Bumbu Lima Rempah Wu Xiang Fen, Rahasia Kelezatan Masakan China

Dream - Bebek peking, ayam tepung ala Taiwan dan daging tumis ala oriental, siapa yang bisa menolaknya? Rasanya sangat kaya, terutama saat digigit. Lapisan rasanya begitu banyak dengan paduan rempah yang bikin penasaran.

Masakan China terkenal dengan citarasa gurih yang kaya. Kuncinya ternyata ada di bubuk lima rempah atay Wu Xiang Fen atau ada juga yang menyebutnya Ngo Hiong. Bumbu ini banyak dijual di pasaran dalam kemasan botolan atau plastik.

Bumbu Lima Rempah Wu Xiang Fen, Rahasia Kelezatan Masakan China© MEN

Isi di dalamnya terdiri dari adas bintang, biji adas, kulit kayu manis (cassia), cengkeh dan lada Sichuan. Bumbu Lima Rempah rupanya memiliki filosfi tersendiri. 
Dalam kosmologi China, angka lima berhubungan dengan lima elemen dasar, api, tanah, logam, air, dan kayu.

 

4 dari 7 halaman

Simbolisme ini sangat penting dalam masakan China. Menurut ajaran pengobatan tradisional Tiongkok, campuran ini merangsang setiap organ di dalam tubuh. Bukan hanya membuat rasa masakan nikmat dan seimbang tapi juga baik bagi kesehatan tubuh.

Aslinya di China, meskipun bubuk 5 bumbu selalu terdiri dari bahan yang sama, jumlahnya masing-masing di tiap daerah. Juga berbeda di tiap juru masak. 

Campuran bumbu bisa mengandung lebih banyak rempah-rempah seperti kayu manis Ceylon, kulit jeruk kering (jeruk keprok atau jeruk), lada putih, adas hijau, pala atau jahe bubuk.

Bumbu lima rempah© Shutterstock

Bumbu lima rempah dapat digunakan untuk melumuri daging, ayam atau bebek yang akan diolah. Bisa juga dicampur ke dalam kuah dan taburan di atas hidangan tumisan. Pernah coba masak dengan bumbu ini, Sahabat Dream?

Sumber: 196flavors

 

5 dari 7 halaman

Tambahkan Si Rempah Kuno yang Bikin Masakan Lebih Sehat

Dream - Sahabat Dream pernah mengolah masakan menggunakan saffron? Rempah ini merupakan rempah kuno, yang diperkirakan sudah berumur 3.000 tahun. Dulunya, bumbu dapur ini hanya dimiliki kalangan kerajaan dan masyarakat elit.

Banyak digunakan oleh masyarakat Yunani, India, Iran dan Timur Tengah. Bumbu ini juga digunakan oleh beberapa peradaban untuk manfaat pengobatannya. Penasaran apa keistimewaan saffron?

Tambahkan Si Rempah Kuno yang Bikin Masakan Lebih Sehat© MEN

Dari sisi kuliner, saffron bisa menonjolkan rasa manisan hingga menambahkan aroma dan warna yang kaya pada hidangan lezat seperti nasi biryani, kari, hingga cream soup. Menurut konsep Ayurveda, dipercaya bahwa hanya beberapa helai saja sudah cukup untuk tubuh dan pikiran yang sehat.

" Kumkuma atau saffron adalah salah satu rempah-rempah termahal yang digunakan dalam Ayurveda. Ini menyeimbangkan Vata, Pitta dan Kapha doshas dalam tubuh kita. Saffron memiliki antioksidan yang meningkatkan kekebalan dan memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-jamur," kata Meghna Krishna, seorang ahli nutrisi klinis, seperti dikutip dari Times of India.

 

6 dari 7 halaman

Membantu Kekebalan Tubuh

Sejak berabad-abad, saffron telah digunakan karena khasiat kesehatannya yang luar biasa dan dapat mencegah serta menyembuhkan beberapa masalah kesehatan. Terlepas dari itu, Saffron telah menjadi bumbu yang hebat untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah penyakit musiman.

Saffron© Pixabay

Saat dunia berjuang melawan pandemi paling mematikan Covid-19, kebutuhan untuk tetap bugar dan sehat menjadi semakin penting. Karenanya, menambahkan 'bumbu kekebalan' yang meningkatkan aspek kesehatan ke dalam makanan sehari-hari dapat membantu.

 

7 dari 7 halaman

Tambahkan Pada Makanan dan Minuman.

Cobalah untuk menambahkannya pada makanan yang sehari-hari diolah. Seperti saat memasak opor ayam, soto kuning atau membuatnya menjadi minuman. Salah satu minuman yang dianjurkan adalah mencampur sedikit saffron pada susu hangat atau teh yang diminum. Bisa juga sekadar menaruh tiga helai saffron pada air putih yang kamu minum.

Petualangan Mencari Rempah Termahal di Dunia© MEN

“ Saffron memiliki manfaat luar biasa dan tidak hanya digunakan sebagai zat pewarna makanan atau untuk menambah rasa dalam masakan seseorang. Kualitas antioksidan yang tinggi bisa membantu meredakan keluhan flu dan pilek," kata Tanya S Kapoor.

Beri Komentar