Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Stres di Rumah Saja? Hindari 3 Asupan yang Bikin Makin Parah

Stres di Rumah Saja? Hindari 3 Asupan yang Bikin Makin Parah Hindari Minuman Tinggi Gula Saat Stres (Foto: Shuttterstock)

Dream - Saat sedang stres, orang-orang pertama kali akan berpikir untuk mengkonsumsi sesuatu yang manis. Tetapi alih-alih memberi dampak baik, gula dapat meningkatkan kortisol atau hormon stres dalam tubuh.

Hampir semua orang bisa merasakan kesenangan saat mengkonsumsi es krim, jika berada dalam situasi stres. Otak melepaskan beberapa bahan kimia ketika seseorang sedang stres yang mengarah pada keinginan untuk mengkonsumsi makanan tersebut.

Orang juga cenderung makan banyak ketika mereka berada di bawah tekanan atau trauma. Kebiasaan makan karena stres dan emosi yang tak stabil ini sangat berdampak buruk bagi kesehatan. Para ahli mengatakan bahwa makanan berlemak tinggi menyebabkan obesitas, masalah terkait jantung dan beberapa masalah lainnya.

Dilansir dari Food NDTV, berikut adalah daftar makanan yang garus dihindari saat stres. Jika dikonsumsi terus-menerus, malah akan meningkatkan level stres dan membut tubuh lebih berisiko mengalami masalah kesehatan.

 

Kafein

Rumus Racikan Espresso Paling Enak, Segera Bikin di Rumah

Kopi sering dikonsumsi untuk meningkatkan energi secara cepat dan berpengaruh pada produktivitas seseorang. Tetapi para ahli mengatakan, asupan kafein yang berlebihan mungkin memiliki efek yang berlawanan dan selanjutnya dapat mengintensifkan perasaan stres dan kecemasan.

 

Makanan manis

Banyak pikiran, pekerjaan menumpuk dan kamu lalu ingin es teh manis, donat atau sepotong kue cokelat? Keinginan untuk makan makanan manis memang cenderung muncul saat orang sedang stres.

 Resep Donat Empuk yang Lezat

 

Tak masalah makan makanan manis, tapi cari yang sehat. Misalnya, irisan melon dingin, pepaya, mangga atau mungkin smoothies dengan campuran berbagai macam buah.

Lebih baik cari sumber manis alami. Mengonsumsi makanan kaya gula putih dapat meningkatkan kortisol, yaitu hormon yang dapat menyebabkan masalah tidur dan penurunan respon imun.

Junk food

Trik Jitu Agar Tak Mudah Tergoda Junk Food

Tidak ada yang bisa menyangkal fakta bahwa junk food tidak memiliki nilai gizi. Karena dapat menyebabkan fluktuasi kadar gula serta tekanan darah, yang selanjutnya dapat meningkatkan risiko inflamasi dan darah tinggi.

Laporan Raissa Anjanique

3 Asupan Penjaga Mood dan Imunitas, Segera Stok di Rumah

Dream - Penerapan social distancing (penjagaan jarak sosial) masih terus diberlakukan dan tampaknya bakal diperpanjang hingga April 2020 mendatang. Sebisa mungkin, Sahabat Dream tidak keluar rumah jika tak mendesak.

Untuk belanja bahan makanan, sebaiknya dilakukan satu kali dalam seminggu atau dilakukan secara online demi mengurangi risiko penularan Covid-19.

Kondisi ini sudah berjalan lebih dari dua pekan. Tak dipungkiri, hanya di rumah saja membuat perasaan jadi bosan, suntuk, bahkan gelisah dan cemas, apalagi dengan banyaknya berita soal Covid1-19.

Dalam kondisi seperti sekarang, penting untuk memperhatikan asupan sehari-hari. Perubahan pola makan atau mengonsumsi makanan tertentu dapat membawa perubahan pada struktur otak kita, baik secara kimia maupun fisiologis.

“Selain mood, kesehatan dan imun tubuh pun juga otomatis akan terpengaruh dari apa yang kita makan karena faktanya adalah 70% sel imun tubuh bersumber dari sistem pencernaan, jadi ketika sistem pencernaan sehat otomatis imun tubuh jadi kuat” ungkap Nourmatania Istiftiani, selaku Scientific dari FibreFirst, dikutip dari rilis yang diterima Dream.

Nah, berikut adalah beberapa jenis makanan yang bisa kamu konsumsi di rumah, selain untuk tingkatkan mood juga untuk tingkatkan imun tubuh.

 

 

Oat atau gandum utuh

Sarapan dengan Oat dapat memperbaiki suasana hati dan meningkatkan mood. Kita dapat mengonsumsinya dengan menambahkan susu atau yogurt, dan beragam kacang-kacangan serta buah-buahan. Dalam 8 sendok makan oat yang belum diolah (80 gram) mengandung 8 gram serat.

Yogurt and Oatmeal

Sebuah studi menunjukkan dengan mengonsumsi 1.5-6 gram serat saat sarapan dapat memiliki mood dan level energi yang lebih baik. Hal ini disebabkan serat dapat menjaga kestabilan kadar gula darah, yang penting untuk menjaga mood dan rasa marah. Selain itu, oat juga mengandung zat besi sehingga membantu mencukupi asupan zat besi dan mencegah anemia defisiensi besi. Saat kita mengalami anemia defisiensi besi, kita akan merasakan gejala seperti kelelahan, lesu, juga gangguan mood.

 

Yoghurt

Produk olahan susu ini dibuat dengan cara fermentasi dan mengandung probiotik, yang termasuk bakteri baik di sistem pencernaan dan dapat meningkatkan hormon serotonin. Peran hormon serotonin sangat penting dalam mengelola mood atau suasana hati, termasuk mencegah depresi.

Ini Keuntungan Konsumsi Yogurt Saat Sahur

Faktanya, 90% hormon serotonin diproduksi oleh kumpulan bakteri baik di pencernaan dan banyaknya bakteri baik juga menjadi indikator untuk pencernaan yang sehat. Selain itu, bakteri baik di pencernaan juga berperan penting dalam kesehatan otak dan menurunkan tingkat depresi. Studi menunjukkan Jadi dapat dikatakan bahwa pencernaan yang sehat akan memberikan efek yang positif terhadap mood.

 

Buah dan sayuran

Konsumsi buah dan sayuran berhubungan dengan penurunan tingkat depresi. Meskipun mekanismenya belum diketahui secara pasti, namun konsumsi makanan yang tinggi antioksidan membantu untuk mengurangi peradangan yang berhubungan dengan timbulnya depresi dan gangguan mood.

5 Trik Agar Lebih Banyak Makan Buah dan Sayur

Selain itu, karena buah dan sayuran juga tinggi akan serat yang dapat mengontrol kadar gula darah dan meningkatkan kesehatan pencernaan karena dapat menjadi prebiotic yang dapat meningkatkan jumlah bakteri baik di pencernaan. Saat sistem pencernaan sehat, mood akan menjadi lebih baik, dan imun tubuh pun akan secara optimal membuatmu kebal terhadap penularan virus atau penyakit.

Pastikan konsumsi sayur dan buah dan buah setiap hari untuk memenuhi kebutuhan serat. Bisa juga menambah asupan suplemen serat seperti FibreFirst yang mengandung serat premium.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
4 Alasan yang Sering Bikin Sulit Tidur Padahal Tubuh Sangat Lelah

4 Alasan yang Sering Bikin Sulit Tidur Padahal Tubuh Sangat Lelah

Kondisi ini tentunya sangat menyiksa, bukan hanya fisik tapi juga mental.

Baca Selengkapnya
Kenali Narsistik Terselubung, Gejala Mental yang Sering Terjadi namun Jarang Diketahui

Kenali Narsistik Terselubung, Gejala Mental yang Sering Terjadi namun Jarang Diketahui

Kenali gejala-gejala narsistik terselubung agar terhindar. Yuk, simak lebih lengkap!

Baca Selengkapnya
Susah Tidur Malam Walau Lelah, Ini Sebabnya

Susah Tidur Malam Walau Lelah, Ini Sebabnya

Tubuh yang lelah tidak menjamin kamu lebih mudah tertidur di malam hari. Kondisi mental ternyata bisa jadi penyebab kamu sulit tidur meski sudah lelah.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Awas! Mental Drop Usai Pemilu Bisa Perparah Penyakit Bawaan

Awas! Mental Drop Usai Pemilu Bisa Perparah Penyakit Bawaan

Pemilu ternyata bisa berdampak besar pada kesehatan mental dan fisik. Kondisinya yang buruk juga bisa memperparah penyakit bawaan.

Baca Selengkapnya
Ketahui, 5 Masalah Kesehatan yang Bermunculan Akibat Stres

Ketahui, 5 Masalah Kesehatan yang Bermunculan Akibat Stres

Stres bukan hanya membuatmu lebih sulit fokus, tapi bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan lainnya.

Baca Selengkapnya
Masalah Mental Pasca Hasil Pemilu Juga Mengintai Para Pendukung

Masalah Mental Pasca Hasil Pemilu Juga Mengintai Para Pendukung

Masalah mental biasanya dimulai dengan rasa stres yang dapat berkembang menjadi cemas, depresi, bahkan gangguan psikosis jika tidak ditangani dengan baik.

Baca Selengkapnya
4 Tanda Stres Bisa Muncul Saat Tidur, Kita Sering Tak Sadar

4 Tanda Stres Bisa Muncul Saat Tidur, Kita Sering Tak Sadar

Mari kita telaah beberapa gejala stres yang muncul ketika sedang tidur, yang mungkin sering terabaikan.

Baca Selengkapnya
Puasa Bikin Sehat Mental, Simak Penjelasan Dokter Jiwa

Puasa Bikin Sehat Mental, Simak Penjelasan Dokter Jiwa

Manfaatkan momen puasa Ramadan ini untuk membuat mental kamu lebih sehat.

Baca Selengkapnya
13 Arti Mimpi Melihat Kuburan di Dalam Rumah, Cerminan Rasa Takut dan Kegelisahan

13 Arti Mimpi Melihat Kuburan di Dalam Rumah, Cerminan Rasa Takut dan Kegelisahan

Arti mimpi kuburan di dalam rumah dapat menggambarkan kondisi psikologis si pemimpi, seperti gambaran ketakutan dan kegelisahan.

Baca Selengkapnya