Waktu Terbaik untuk Konsumsi Buah, Sudah Tahu?

Reporter : Mutia Nugraheni
Rabu, 10 Juni 2020 12:03
Waktu Terbaik untuk Konsumsi Buah, Sudah Tahu?
Jangan sampai salah agar penyerapan gizi jadi lebih optimal

Dream - Buah-buahan merupakan sumber penting vitamin dan mineral yang sangat baik tubuh. Terutama dalam masa pandemi Covid-19 seperti sekarang. Kita harus ekstra menjaga imunitas tubuh dan salah satu caranya adalah rutin mengonsumsi buah.

Jika Sahabat Dream mengonsumsi buah setiap hari, bisa membantu mengurangi risiko terkena penyakit. Tak hanya itu, buah juga bisa membuat kulit menjadi lebih sehat dan cerah. Tampilan pun lebih memukau.

Untuk itu pastikan selalu ada buah dalam menu harian kamu. Lalu kapan waktu terbaik untuk mengonsumsi buah? Cari tahu segera agar konsumsi buah jadi lebih efektif.

Saat sarapan
Mulailah hari dengan segelas air hangat dan buah. Semangkuk buah untuk sarapan merupakan ide bagus, tetapi pastikan jangan hanya buah manis agar tak kelebihan asupan gula dan kalori. Untuk pagi hari, kamu bisa konsumsi pisang, apel, semangka atau pir.

 

 

1 dari 7 halaman

Camilan Setelah Olahraga

Camilan antara sarapan dan makan siang
Sebagian besar dari kita merasa lapar antara sarapan dan makan siang, jadi camilan buah merupakan pilihan tepat. Sediakan buah dalam bentuk potongan di lemari es, sehingga lebih mudah diambil saat ingin menikmati camilan. Makan buah sambil minum teh akan jadi momen rileks yang sangat menyenangkan.

 5 Jenis Buah Segar untuk Buka Puasa Tanpa Merasa Dosa© MEN

Sebelum dan sesudah latihan
Pastikan sebelum olahraga kamu mengonsumsi buah seperti pisah, apel atau melon. Buah akan membuat dorongan energi yang membuat kamu olahrga lebih bersemangat. Nah, setelah olahraga juga konsumsi saja buah-buahan favorit. Jika ingin istirahat, buah avokad bisa membantu memulihkan energi dan membuat kamu tidur lebih nyenyak.

 

2 dari 7 halaman

6 Cara Menyimpan Buah dan Sayur Tanpa Kulkas, Solusi Saat Stok Makanan Berlimpah

Dream - Cara menyimpan buah dan sayur tanpa kulkas perlu kamu tahu agar bahan makanan terhindar tetap terjaga dari kerusakan atau menjadi busuk. Selama ini kita  mungkin sudah terbiasa menyimpan berbagai jenis buah, sayur, hingga bahan makanan pokok lainnya di kulkas. Suhu kulkas yang dingin dapat membantu menjaga kesegaran makanan jika disimpan di dalam suhu tertentu.

 © Dream

Ada kalanya saat belanja bulanan, kapasitas kulkas sudah terisi penuh dengan berbagai makanan olahan, seperti sayur - sayuran, buah, minuman dingin, bahkan makanan yang sudah dibekukan. Akibatnya kulkas menjadi lebih cepat berbau dan ada beberapa bahan makanan tak bisa disimpan di dalam kulkas. 

Jangan dulu panik Sahabat Dream. Ada beberapa cara menyimpan buah dan sayuran tanpa kulkas yang bisa kamu coba di rumah loh. Dengan menyimpan buah dan sayur dengan tepat, otomatis juga akan membuat makanan lebih awet.

Yuk simak 6 cara menyimpan buah dan sayur tanpa kulkas yang sudah dirangkum oleh Dream dari berbagai sumber. Selamat mencoba.

3 dari 7 halaman

Membeli Buah dan Sayuran Segar

 Manfaat Kulit Pisang untuk Kecantikan Kulit dan Rambut© MEN

Cara menyimpan buah dan sayur tanpa kulkas yang pertama adalah dengan membeli buah dan sayuran yang segar. 

Memilih buah dan sayuran segar akan membuat keduanya lebih awet dan tidak mudah busuk ketika disimpan. Kamu bisa memilih buah dan sayur berkualitas baik di pasar, atau swalayan terdekat. Pastikan saat membeli buah dan sayur periksa kondisinya, misal dengan memastikan kulit atau daunnya masih halus. Keawetan bahan makananmu tergantung dari kesegaran makanan yang kamu beli.

4 dari 7 halaman

Jangan Langsung Cuci Buah dan Sayur

Kedua, cara menyimpan buah dan sayur tanpa kulkas adalah dengan tidak langsung mencuci buah dan sayuran segar setelah dibeli. 

Kamu bisa mencuci buah dan sayur ketika memang sudah ingin diolah atau dikonsumsi. Hal ini perlu diperhatikan, karena kondisi buah dan sayuran yang dicuci, akan menjadi lebih lembab. Apalagi jika diletakkan tanpa kulkas. Hal itu akan membuat buah dan sayuran lebih cepat mengalami proses pembusukan jika langsung disimpan setelah dicuci. 

Perlu diingat juga sebelum mencuci buah dan sayuran, pastikan keduanya disimpan dengan baik, dan jauhkan dari tempat yang lembab ya, Sahabat Dream. 

5 dari 7 halaman

Buang Bagian yang Busuk

 Cara Tepat Menyimpan Kentang Agar Tak Cepat Busuk© MEN

Ketiga, cara menyimpan buah dan sayur tanpa kulkas agar tetap segar yaitu dengan memisahkan buah dan sayur dari bagian yang telah busuk.

Hal ini perlu diperhatikan karena buah dan sayur yang masih segar jika tercampur dengan satu saja buah yang busuk, maka akan penyebabkan buah dan sayur lainnya juga ikut cepat membusuk.

Pastikan semua bagian sayur dan buah sebelum disimpan, apakah ada yang busuk atau tidak. Jika ada yang sudah membusuk, buang bagian yang busuk agar tidak " menular" ke buah dan sayur lain yang masih segar.

6 dari 7 halaman

Lapisi dengan Kertas atau Tisu

Keempat, cara menyimpan buah dan sayur tanpa kulkas agar tetap segar adalah dengan melapisi buah dan sayur dengan kertas atau tisu.

Ambillah beberapa lembar tisu, atau kertas yang kering untuk membungkus buah dan sayur. Dengan melapisi buah dan sayur, kamu bisa mencegah kondisi yang lembap, dan berisiko membuat proses pembusukan lebih cepat. 

Tips ini bisa diterapkan ke berbagai jenis buah dan sayur, seperti apel, tomat, cabai, dan sebagainya.

 

7 dari 7 halaman

Simpan di Tempat Kering

 ilustrasi sayuran hijau© shutterstock

Kelima, cara menyimpan buah dan sayur tanpa kulkas agar tetap terjaga kesegarannya adalah dengan menyimpan keduanya di tempat yang bersih, kering dan tidak lembab. 

Karena kulkas sedang penuh, kamu bisa menyiapkan wadah seperti kotak, plastik, atau keranjang khusus. Pastikan juga sirlukasi udaranya baik agar menjaga kesegaran sayur dan buah. Kamu bisa memisahkan buah dan sayur menurut jenisnya. Beri ruang di wadah tempat sayur dan buah agar tidak terlalu penuh.

Cara sederhana lain yang bisa kamu coba yaitu dengan menyimpan buah dan sayur dalam kantong plastik bening. Masukkan buah dan sayuran sesuai dengan jenisnya, dan usahakan jangan terlalu penuh. Lalu, beri beberapa lubang di bagian plastik untuk memberikan sirkulasi udara dan kelembaban buah akan terjaga.

Jangan lupa untuk meletakkan wadah penyimpanan buah dan sayur di tempat yang memiliki suhu ruang yang stabil. Jauhkan penyimpanan wadah di tempat yang cenderung lembap, seperti di pojok ruangan.

Beri Komentar