Kentang Tak Menghitam Setelah Dikupas, Ketahui Triknya

Reporter : Mutia Nugraheni
Rabu, 11 Desember 2019 07:35
 Kentang Tak Menghitam Setelah Dikupas, Ketahui Triknya
Proses oksidasi membuat kentang yang semula berwarna kuning jadi kehitaman.

Dream - Olahan kentang jadi salah satu menu favorit. Bisa direbus, digoreng, dipanggang atau dibuat menjadi mashed potato. Kentang jadi sumber karbohidrat yang sangat mengeyangkan.

Menu satu ini juga kerap dijadikan pengganti nasi. Dalam mengolahnya, butuh trik khusus. Pasalnya, setelah dikupas kentang sangat mudah berubah warna. Proses oksidasi membuat kentang yang semula berwarna kuning jadi kehitaman.

Tampilannya pun jadi kurang menarik. Nah, untuk menhindarinya ada beberapa cara yang bisa dilakukan saat mengolah kentang. Pastikan melakukan hal berikut saat Sahabat Dream mengolah kentang.

 

1 dari 5 halaman

Rendam air garam

 Cuma Makan Kentang Setahun, Astaga! Lihat yang Terjadi...Cuma Makan Kentang Setahun, Astaga! Lihat yang Terjadi... © © MEN


Setelah mengupas kentang, segera masukkan ke dalam air yang sudah dicampur garam secukupnya. Gosok permukaannya sebentar untuk menghilangkan tanah yang tidak sengaja menempel, dan lanjutkan mengupas kentang lainnya.

Diamkan saja di dalam air sampai proses pengolahan selanjutnya. Rendaman air akan mencegah terjadinya proses oksidasi.

 

2 dari 5 halaman

Rendam dalam air lemon/cuka

Jika tak ingin merendamnya di dalam air garam, bisa diganti dengan air lemon atau cuka. Tuang air lemon secukupnya ke dalam wadah air bersih dan langsung masukkan kentang yang sudah dikupas ke dalamnya.

 Yuk Buat Kentang Goreng Rendah LemakYuk Buat Kentang Goreng Rendah Lemak © © MEN

Cukup direndam sebentar saja. Sesuaikan takarannya agar kentang tidak berubah asam setelah direndam.

 

3 dari 5 halaman

Rendam air es

 KentangKentang © © MEN


Bisa juga menggunakan es untuk mencegah kentang jadi kehitaman. Jika menggunakan air biasa, perlu diganti ketika airnya keruh agar kentang lebih bersih, sedangkan jika menggunakan air es, kentang akan lebih tahan lama. Pastikan saja semua kentang terendam.

 

4 dari 5 halaman

Rebus sebentar dalam air mendidih

Merebus kentang selama kurang lebih 1-2 menit saja mampu menghancurkan enzim peroksidase dan katalase yang terkandung dalam kentang sehingga tidak akan mengalami oksidasi yang menyebabkan kentang mudah berubah warna saat terkena udara.

 Spesies Kentang Purba dari 10.900 Tahun Lalu DitemukanSpesies Kentang Purba dari 10.900 Tahun Lalu Ditemukan © © MEN

Kuncinya adalah langsung rendam kentang di dalam air segera setelah dikupas agar tidak berubah warna jika ingin dikupas dulu. Semoga bermanfaat.

Laporan Febi Anindya Kirana/ Sumber: Fimela.com

5 dari 5 halaman

Kentang Bisa Jadi Jadi Penawar Masakan yang Terlalu Asin?

 Dream - Salah satu 'insiden' yang sering terjadi saat memasak adalah terlalu banyak menaruh garam. Hasilnya, masakan menjadi sangat asin.

Banyak yang mengira, untuk mengoreksi rasa asin tersebut bisa dengan memasukkan potongan kentang atau wortel.

 5 Manfaat Tersembunyi Kentang, Bisa Bantu Cerahkan Wajah5 Manfaat Tersembunyi Kentang, Bisa Bantu Cerahkan Wajah © © MEN

Harapannya, garam akan terserap oleh dua sayuran tersebut. Dikutip dari The Spruce Eat, ternyata trik ini kurang tepat. Wortel dan kentang tak bisa menyerap level garam dalam masakan.

Keduanya justru hanya menyerap kuah atau air dalam masakan. Jadi, rasa masakan tetap asin hanya saja kuah asinnya berkurang.

Untuk menyiasati hal ini sebenarnya, ada cara paling mudah, yaitu tambahkan saja air.  Ini merupakan cara terbaik untuk memperbaiki saus atau sup yang terlalu asin.

Pastikan jangan coba menguranginya dengan mendidihkan air lebih lama. Hal tersebut hanya akan menguapkan air yang ditambahkan dan akhirnya masakan kembali asin.

(ism, Laporan: Tri Yuniwati Lestari)

Beri Komentar
Babak Baru Daus Mini Vs Daus Mini ‘KW'