4 Langkah Penting Mengolah Daging Agar Rendah Kolesterol

Reporter :
Senin, 9 September 2019 08:36
4 Langkah Penting Mengolah Daging Agar Rendah Kolesterol
Bagi mereka yang memiliki level kolesterol tinggi, penting untuk menerapkan hal ini.

Dream - Daging sapi selalu jadi hidangan spesial. Baik itu diolah dengan dipanggang, digoreng, atau pun dicampur dengan bahan masakan lain. Aromanya pasti akan memancing kita untuk makan lebih banyak.

Sayangnya, bagi mereka yang memiliki kolesterol tinggi, mengonsumsi olahan daging tidak terlalu dianjurkan. Daging mengandung lemak jenuh yang bisa meningkatkan kolesterol jahat dalam darah.

Selain perlu memastikan konsumsinya tak berlebihan, daging juga perlu diolah dengan baik untuk mengurangi potensinya meningkatkan kolesterol. Berikut beberapa tips sederhana yang bisa diikuti untuk mengolah daging supaya rendah kolesterol.

1 dari 6 halaman

1. Bagian Kulit Tak Ikut Dimasak

Dilansir dari everydayhealth.com, untuk menyiapkan olahan daging yang lebih rendah kandungan kolesterolnya, bagian kulitnya tak perlu ikut dimasak. Seperti pada daging ayam, kulitnya tak perlu ikut diolah dalam masakan yang akan dibuat.

 Tips Memasak Ayam Agar Cepat Matang

Rania Batayneh, MPH, ahli gizi di San Fransisco menyebutkan dengan cara ini maka setidaknya separuh dari kandungan lemak jenuhnya akan berkurang.

2 dari 6 halaman

2. Buang Air Rebusan Pertama

 3 Cara Memasak Daging Sapi dengan Metode Memasak yang Sehat

Proses perebusan bisa bantu melunturkan lemak pada daging. Disarankan daging direbus selama 2-3 kali. Pada proses perebusan pertama, buang air rebusannya. Lalu, ganti dengan air baru kemudian rebus kembali.

3 dari 6 halaman

3. Bumbu secukupnya

Kadang kita tak sadar telah menggunakan bumbu yang berlebihan seperti aneka saus yang malah meningkatkan kandungan lemak pada olahan daging yang kita buat.

 7 Cara Rahasia Memasak Daging Lezat ala Chef Bintang Lima

Untuk itu, selain memperhatikan pemilihan daging yang tanpa lemak, bumbu yang digunakanya sebaiknya tidak sampai berlebihan.

4 dari 6 halaman

4. Diolah dengan Kuah Bening

Penambahan santan pada olahan daging akan meningkatkan kadar lemak jenuhnya. Daging sebaiknya diolah menjadi masakan berkuah bening seperti olahan sup. Ditambah dengan aneka sayuran, olahan daging pun jadi lebih sedap dan sehat.

 Resep Masakan Daging Sapi, Sehat dan Praktis

Menjaga kolesterol darah agar tidak naik memang perlu lebih disiplin dalam menjaga pola makan dan kebiasaan hidup sehat. Saat makan daging, selain memperhatikan proses pengolahannya, batasi juga konsumsinya dengan tidak sampai berlebihan, ya.

Laporan Endah Wijayanti/ Sumber: Fimela.com

5 dari 6 halaman

Cara Menyimpan Daging Mentah dengan Aman di Lemari Es

Dream - Keracunan makanan bisa terjadi kapan saja. Bukan hanya saat makan di luar rumah, tapi juga bisa terjadi ketika mengonsumsi makanan yang dimasak di rumah. Salah satu penyebabnya, karena memasak dengan menggunakan daging yang sudah tidak segar.

Penting bagi Sahabat Dream mengetahui cara aman dan tepat untuk menyimpan daging mentah. Terutama yang hanya berbelanja bahan masakan satu kali dalam sebulan dan mengandalkan lemari es untuk menyimpan semua bahan makanan.

 Cara Menyimpan Daging Mentah Agar Bebas Bakteri Jahat

Untuk ayam misalnya, jika tak segera dimasak, cari ayam yang memang sudah dibersihkan dan dikemas dalam plastik vakum. Untuk melindunginya, masukkan lagi ke dalam palstik kemudian taruh di freezer.

Ayam mentah bisa bertahan empat bulan di freezer. Pastikan menulis keterangan di dalam plastik kapan ayam tersebut dibeli. Jika ditaruh di bagian bawah lemari es, ayam hanya bisa bertahan dua hari.

Untuk daging sapi atau kambing, pilih yang sudah dipotong. Taruh dalam plastik tertutup rapat. Sertakan juga keterangan tanggal membelinya. Daging sapi atau kambing yang ditaruh di freezer bisa bertahan lima bulan, namun jika ditaruh di bagian bawah hanya tahan tiga hari.

6 dari 6 halaman

Pastikan Dulu

Sementara untuk ikan, jika tak segera dimasak, beli yang berupa irisan atau fillet dan dikemas vakum. Jika memang ingin membeli ikan utuh, bersihkan terlebih dulu, baru bekukan. Bisa bertahan empat bulan di freezer dan hanya 2 hari jika letaknya di kulkas bawah.

 Daging Halal-2

Sebelum mengolah, pastikan dulu bahan mentah tidak mengeluarkan bau busuk. Jika warnanya sudah membiru, aromanya sangat amis, segera buang. Mengolahnya menjadi masakan bisa berakibat fatal. 

Beri Komentar
Pengakuan Mencengangkan Aulia Kesuma, Dibalik Rencana Pembunuhan Suami dan Anak Tirinya