Bikin Dalgona Coffee ala Korea yang Lagi Viral, Yuk!

Reporter : Mutia Nugraheni
Jumat, 3 April 2020 08:12
Bikin Dalgona Coffee ala Korea yang Lagi Viral, Yuk!
Bisa jadi 'teman' yang nikmat untuk bekerja dari rumah.

Dream - Para pekerja sangat identik dengan kopi. Biasanya saat di kantor, kopi jadi minuman wajib pagi hari dan sore hari. Kita bisa memesannya di kedai atau membelinya melalui ojek online.

Dalam kondisi seperti sekarang, tentunya akan lebih baik di rumah saja. Untuk membuat Sahabat Dream lebih semangat saat bekerja di rumah, bagaimana kalau membuat Dalgona Coffee.

Kopi ala Korea sedang hits di media sosial. Kekhasannya adalah buih kopi yang begitu lembut dan bercampur susu. 

Penasaran? Segera coba resep mudahnya berikut:

Bahan:

2 sdm kopi instan (nescafe)
2 sdm gula pasir
2 air panas
satu cangkir susu hangat atau dingin(sesuai selera)

 

 

 

 

 

 

 

1 dari 8 halaman

Cara membuat:

- Campurkan kopi instan, gula pasir dan air panas. Aduk dengan whisk (untuk mengocok telur) secara terus-menerus hingga mengembang dan menjadi krim yang lembut.
- Kocok selama dua menit dengan cepat. Jika ingin mempersingkat waktu bisa juga menggunakan hand mixer
- Setelah mengembang, tekturnya ringan dan lembut, tinggal tuang di atas susu

 Kocok kopi© Shutterstock

Memang akan sedikit memakan waktu untuk mengaduk bahannya, namun hasilnya pasti tak akan mengecewakan dan layak dicoba selagi di rumah saja. Selamat mencoba!

Laporan Febi Anindya/ Sumber: Fimela

 

2 dari 8 halaman

Lihat Video Membuat Dalgona

      View this post on Instagram

A post shared by ????Friendsshoppku. (@nurvirzaelvandi99) on

3 dari 8 halaman

Kopi Kecap Viral yang Bikin Penasaran, Intip Resepnya

Dream - Varian kopi susu seakan tak habisnya. Berbagai kedai berlomba untuk melakukan inovasi untuk membuat varian kopi susu baru yang membuat banyak orang penasaran. Salah satu yang sedang jadi perbincangan adalah Kopi Kecap.

Penasaran seperti apa rasanya? Salah satu akun food reviewer di Instagram @jogjaculinary, mencicipi Kopi Kecap Bango di kedai Senja.Memories yang berlokasi di Gadingsari, Yogyakarta.

 Jogjaculinary© Instagram Jogjaculinary

" Ngopi pagi ini MinJog mau mampir ke salah satu cafe fav MinJog d @senja.memories. Ternyata mereka punya menu baru yg bikin penasaran bgt, es KOPI DUREN BANGO (32k)Awalnya pas mau coba takut2 ga bs bayangin rasanya, ternyata pas sruputan pertama langsung syoookkk krn enak bangetttt...!! duren asli campur kopi campur kecap tnyata uenakkkkk... rasa khas duren, kopi, kecapnya balance, manis gurih jadi satu. Mantap pokoke!!," tulisnya dalam akun Instagram.

Kecap, termasuk kecap Bango memang memiliki cita rasa manis karena terbuat dari kedelai yang difermentasikan. Rasa manis dari kecap ternyata bisa menambahkan cita rasa unik pada kopi.

 

4 dari 8 halaman

Resep Es Kopi Kecap

Bagi Sahabat Dream yang ingin berkreasi membuatnya di rumah bisa mengintip resep Es Kopi Susu Malika yang dibuat oleh tim Unilever Food Solutions. Simak bahan yang perlu disiapkan dan langkah pembuatannya.

Bahan: 
- Espresso 25 gr
- Creamer 2 gr
- Susu cair 60 gr
- Kecap Bango 13 gr
- Es Batu 50 gr
- Whipping Cream Foam 
- Buah Ceri
- Daun Mint

 Es Kopi Malika© Unilever

Cara membuat
- Campurkan espresso, creamer, susu segar, dan Kecap Bango
- Kocok sampai tercampur rata
- Sajikan di dalam gelas saji yang berisi es batu 
- Beri whipping cream foam di atasnya. Hiasi dengan daun mint dan buah ceri

5 dari 8 halaman

Daftar Orderan Kopi yang Kerap Bikin Kesal Barista

Dream - Mendatangi kedai kopi, pastinya kita ingin mendapatkan sajian kopi dengan rasa yang mantap. Sajian tersebut merupakan buah karya dari peracik kopi atau barista.

Para barista ini sebelumnya tentu sudah melewati tahap pelatihan dan mendapat sertifikat profesional sebelum meracik kopi bagi pelanggan.

 © Dream

Terutama barista yang bekerja di kedai-kedai kopi ternama. Rasa, suhu kopi dan penyajian adalah hasil karya utama barista. Seringkali para konsumen datang, ingin dibuat racikan tertentu sesuai selera mereka.

Para barista ini pun mau tak mau membuatkannya, karena ingin menyenangkan pelanggan. Padahal sebenarnya permintaan pelanggan kerap 'menyalahi aturan' perkopian. Seperti apa permintaan yang kerap bikin geleng-geleng para barista?

 

6 dari 8 halaman

Meminta latte atau cappuccino ekstra panas

Kita semua memiliki preferensi dalam hal minuman. Beberapa di antara kita lebih suka kopi panas yang sangat panas daripada yang suhunya suam-suam kuku. Master barista, Giorgio Milos mengatakan bahwa ada minuman kopi tertentu hanya boleh disajikan pada suhu tertentu.

 Kini Ada Cappucino Berbalut Saus Jeruk di Starbucks© MEN

" Ini menggangguku ketika peminum latte atau cappuccino meminta minuman mereka 'ekstra panas' tanpa mengetahui bahwa mengukus susu di atas 155 hingga 160 derajat akan membakarnya, yang mengganggu rasa keseluruhan," kata Milos.

Saat susu tersiram air yang sangat panas dan digunakan untuk membuat minuman kopi, rasanya bisa membuat kopi berkualitas tinggi terasa tidak enak atau hambar. Jika menginginkan minuman super panas, Milos menyarankan memesan minuman yang tidak mengandung susu.

  

7 dari 8 halaman

Harga yang lebih mahal

Garrett Oden, barista dan ahli kopi di JavaPresse Coffee Co., mengatakan bahwa salah satu hal paling menjengkelkan yang bisa dilakukan pelanggan adalah keberatan dengan harga kopi yang tertera. Untuk yang satu ini semua bermula dari kualitas biji kopi.

 biji kopi luwak© merdeka.com

" Sebenarnya ada banyak pilihan kedai kopi, jika harganya lebih tinggi coba perhatikan kualitas kopinya. Hal ini sering tak disadari para pelanggan, mereka menganggap kopi hanya sekadar minuman ringan saja," kata Oden.

 

8 dari 8 halaman

Menganggap espresso bisa dibuat dalam waktu singkat

Beberapa orang berpikir bahwa espresso selalu tersedia dan siap untuk dikonsumsi. Dianggap hanya bubuk kopi yang hanya disiram air panas, jadi sangat sederhana.

 Berapa Gelas Kopi Sebaiknya Diminum Dalam Sehari?© MEN

Faktanya, dibutuhkan waktu untuk menyiapkannya selama beberapa menit. Biasanya, hanya barista dengan 'jam terbang tinggi' yang bisa membuatnya dengan sempurna.

Sumber: Insider

Beri Komentar