Bikin Sendiri Kremesan Gurih di Rumah, Intip Resep Mudahnya

Reporter : Mutia Nugraheni
Selasa, 4 Februari 2020 11:12
Bikin Sendiri Kremesan Gurih di Rumah, Intip Resep Mudahnya
Dimakan hanya dengan nasi hangat dan sambil dijamin bikin ketagihan.

Dream - Taburan kremes di ayam goreng selalu bisa membangkitkan nafsu makan. Rasanya yang gurih serta tekstur yang garing membuat panganan satu ini sudah cukup nikmat jika hanya dinikmati dengan nasi hangat.

Biasanya, kremesan di sajian ayam goreng restoran hanya jadi taburan. Jika ingin dalam porsi banyak, bagaimana kalau membuatnya sendiri di rumah. Tak terlalu sulit, Sahabat Dream.

Persiapkan saja bahan-bahan berikut dan ikuti langkahnya.

Tepung tapioka atau kanji

Komposisi paling banyak saat membuat kremes adalah tepung tapioka atau kanji, bisa juga menggunakan tepung sagu. Tepung jenis inilah yang akan menghasilkan kremes kering dan renyah.

Tepung beras
Selain tepung tapioka, terkadang juga dicampurkan dengan tepung beras karena tepung tapioka terkadang akan liat jika digoreng terlalu tebal. Fungsi tepung beras dalam adonan kremes adalah menyeimbangkan adonan, membuat kremes padat dan renyah.

Air dan kaldu ayam
Adonan kremes tentu memerlukan air, akan lebih baik jika menggunakan kaldu ayam karena rasanya lebih gurih meski tak menggunakan ayam. Jika tidak ada kaldu ayam cair, bisa mencampurkan air biasa dengan kaldu ayam bubuk.

Baking powder
Fungsi baking powder sangat penting dalam membuat kremes karena membuat kremes tidak terlalu keras ketika dimakan.

 

1 dari 6 halaman

Resep Kremes Gurih


- 100 gr tepung tapioka
- 260 ml air kaldu (bisa juga menggunakan bumbu sisa mengungkep ayam)
- 3 sdm tepung beras
- 1 sdt baking powder
- garam secukupnya

Cara membuat:
- Campur semua bahan pastikan adonan tidak terlalu kental
- Panaskan minyak cukup banyak, dan pastikan benar-benar panas
- Tuang satu sendok sayur adonan sedikit demi sedikit dengan arah memutar sehingga merata di permukaan minyak
- Goreng hingga matang sambil sesekali disirami dengan minyak panas. Ketika sudah keras dan tampak matang krispi, angkat.

Segera bikin di rumah ya!

Laporan Febi Anindya Kirana/ Sumber: Fimela.com

2 dari 6 halaman

4 Ayam Bakar Favorit di Surabaya, Mau Coba?

Dream - Ada banyak sekali masakan nikmat berbahan ayam khas Indonesia. Mulai dari opor, rendang ayam, ayam goreng, ayam penyet, hingga ayam bakar. Salah satu menu yang sangat disukai banyak orang adalah ayam bakar.

 © Dream

Varian dari ayam bakar ini juga sangat beraga. Ada ayam bakar kecap, ayam bakar kuning, ayam bakar rujak dan masih banyak yang lainnya. Nah, bagi Sahabat Dream penyuka ayam bakar dan sedang berada di Surabaya, ada rekomendasi kedai ayam bakar yang terkenal kenikmatannya.

Dengan adanya aneka racikan bumbu kecap manis yang meresap ke dalam daging ayam, ditambah dengan proses masak dengan cara dibakar ini membuat aromanya begitu wangi dan tentunya menggiurkan.

Yuk, intip daftarnya seperti dikutip dari Pergikuliner.

 

3 dari 6 halaman

Jong Java

Ayam bakar biasanya tersaji dengan banyak kecap dan terasa lengket. Di Jong Java, ayam bakar memiliki bumbu meresap tapi tidak lengket. Manisnya pas dan tak terlalu banyak kecap.

 Jong Java© PergiKuliner

(Foto @mooniquelie via PergiKuliner)

Rasa gurihnya juga tetap terasa. Tekstur ayam cukup empuk. Sangat memanjakan lidah. Lokasinya ada di Pakuwon Mall, Lantai 2, Food Society, Jl. Puncak Indah Lontar No. 2, Wiyung, Surabaya. Yuk, cobain.

 

 

 

4 dari 6 halaman

Ayam Bakar Rejosari

Untuk di kedai ini, ayam bakar dijual per ekor, yang bisa disantap 7 hingga 8 org. Ukuran ayamnya cukup besar, meski demikian bumbunya meresap hingga ke dalam. Dagingnya pun sangat empuk dengan sambal yang mantap.

 Ayam Bakar Rejosari© PergiKuliner

(Foto: Adinda Firdaus Zakiah via PergiKulier)

Bisa jadi santapan andalan saat berkumpul bersama. Lokasi Ayam Rejosari ini ada di Jl. Nginden Semolo No. 74A, Semolowaru, Surabaya

5 dari 6 halaman

Sriwedari

Menu ayam bakar favorit di sini adalah ayam kremes. Tekstur ayam begitu lembut, dengan bumbu gurih. Sebelum dibakar, ayam dibumbui lebih dulu kemudian dipresto.

 Ayam Bakar Sriwedari© PergiKuliner

(Foto: @mamiclairedoyanmakan557 via PergiKuliner)

Layak dicoba. Selain ayam bakar, ada sapo tahu, sambal pencit dan sup asparagus.

 

 

6 dari 6 halaman

Lombok Ijo

Restoran ini juga punya menu ayam bakar yang mantap. Untuk yang paket, berisi ayam bakar, telur dadar, urap, dan lalapan. Sangat mengenyangkan.

 Ayam bakar Lombok Ijo© Pergi Kuliner

(Foto: Lavi via PergiKuliner)

Ayamnya sendiri memang bukan ayam kampung tapi teksturnya sangat empuk, bumbunya pun meresap. Untuk sambalnya, kalian bisa memilih sambal bawang atau sambal ijo. Lokasinya ada di Jl. Raya Menur No. 42, Gubeng, Surabaya.

 

Beri Komentar
Babak Baru Daus Mini Vs Daus Mini ‘KW'