Cara Aman Mengolah Ayam Mentah

Reporter :
Kamis, 20 Juni 2019 12:43
Cara Aman Mengolah Ayam Mentah
Bakteri salmonella pada ayam mentah levelnya sangat tinggi.

Dream - Ayam mentah punya reputasi buruk dalam hal keamanan bahan pangan. Mengapa demikian?

Bakteri salmonella pada ayam mentah levelnya sangat tinggi dan kerap menjadi pemicu kasus keracunan makanan.

Tak hanya itu, bakteri tersebut juga menyebar pada sumber makanan lain. Penting bagi Sahabat Dream mengetahui cara aman untuk mengolah dan menyimpan ayam mentah. Perhatikan 3 hal ini.

Simpan di Suhu Dingin

Saat membeli ayam, cari yang disimpan dalam suhu dingin atau ditaruh di atas es. Setelah membeli, langsung taruh dalam wadah dan simpan dalam freezer jika memang tak ingin langsung diolah.

Akan lebih baik jika menyimpannya dalam freezer. Pastikan suhu freezer stabil karena akan sangat mempengaruhi pertumbuhan bakteri. Direkomendasikan, ayam diolah maksimal dua hari setelah disimpan di freezer.

 

1 dari 5 halaman

Gunakan talenan Khusus

Selalu sediakan dua atau tiga talenan di rumah. Jangan pernah menggunakan talenan yang sama untuk memotong ayam mentah, sayuran atau bumbu.

 Selalu Bersihkan Talenan, Jangan Sampai Jadi Sarang Kuman

 

Ayam mentah mengandung bakteri dan bakal menyebar dengan mudah melalui talenan. Kontaminasi ini juga bisa terjadi melalui pisau. Jadi pastikan gunakan peralatan yang khusus dan terpisah.

(ism, Sumber: The Spruceats)

 

2 dari 5 halaman

Mencairkan Ayam Beku

Untuk ayam yang beku di freezer, ada aturan khusus untuk membekukannya. Jika memang ingin diolah segera turunkan dari freezer ke kulkas bagian bawah pada malam hari.

Pada ayam yang berukuran besar biasanya mencair dalam 2 hari di kulkas. Untuk ukuran kecil dan sedang serta tanpa tulang, waktu semalam sudah cukup bisa mencairkannya.

 Usahakan Tidak Mencuci Daging Ayam Saat Masih Mentah

Jangan mengeluarkannya dari kulkas, biarkan tetap di dalam. Hindari menyiramnya dengan air panas atau memasukkannya di microwave karena membuat bakterinya bakal tersebar. Segera setelah ayam tak beku, olah dengan memasaknya di titik didih 100 derajat celcius untuk mematikan bakteri.

3 dari 5 halaman

Resep Nasi Biryani Ayam Spesial untuk Orang Terkasih

Dream - Hari raya memang saatnya dihabiskan bersama keluarga dan orang-orang terkasih. Tak lengkap rasanya jika di perayaan spesial ini tak ada hidangan yang menggugah selera.

 Resep Nasi Biryani Ayam Spesial untuk Orang Terkasih

Jika sudah jenuh dengan hidangan serba santan, bagaimana kalau membuat sajian khas Timur Tengah, nasi biryani. Intip saja resepnya dari Renny Asti, yang merupakan menang resep Kreasi Greenfields.

Bahan-bahan:
- 1/4 cup beras basmati, rendam 15 menit lalu cuci bersih dan tiriskan
- 1 ekor ayam, potong 6 bagian
- 500 ml air

Bumbu basah:
- 2 lembar daun salam
- 10 butir kapulaga
- 5 butir cengkeh
- 10 butir merica hitam bulat
- 2 batang kayu manis
- 1/2 sendok teh ketumbar
- 1/2 sendok teh jintan
- 1/2 butir pala, diparut
- 1 ruas kunyit diparut
- 4 siung bawang putih
- Garam secukupnya
- 2 cup Greenfields Yogurt Original
- 300 ml Greenfields Milk Low Fat
- 200 ml santan
- 1 buah bawang bombay

Pelengkap:
- Acar timun
- Kacang mete goreng
- Kismis

Cara membuat:
- Campur ketumbar, jintan, pala, kunyit, bawang putih dan garam secukupnya lalu haluskan
- Siapkan penggorengan besar, tuang sedikit minyak, tumis bumbu yang sudah dihaluskan
- Masukkan daun salam, cengkeh, kayu manis, kapulaga dan merica hitam bulat
- Masukkan ayam dan 500 ml air. Masak sambil sesekali diaduk hingga ayam berubah warna dan matang
- Angkat ayam, masukkan beras basmati, bawang bombay, daun salam, kayu manis, kapulaga, cengkeh dan merica bulat, aduk rata
- Tambahkan susu, santan dan yogurt. Aduk rata hingga seluruh beras tercampur rata dengan bumbu 
- Masak hingga setengah matang dan angkat
- Siapkan kukusan. Masukkan beras basmati berbumbu sebagian ayam, lalu kukus selama 30 menit, angkat
- Sebagian ayam juga bisa dipanggang
- Sajikan nasi biryani bersama potongan ayam, tabur kacang mete dan acar

Selamat mencoba! (ism)

[crosslink_1]

4 dari 5 halaman

Olahan yang Bikin Sayur Kol Jadi Lebih Nikmat

Dream - Kol termasuk sayuran yang jarang dikreasikan. Hanya diolah dengan cara yang sama dan membosankan. Biasanya disajikan mentah untuk lalapan, diiris untuk isi sop sayuran atau digoreng.

Sebenarnya kol bisa dimasak dengan cara lain yang membuat rasanya jadi lebih nikmat dan istimewa. Coba saja olah kol dengan cara berikut, dijamin bikin ketagihan.

- Kol panggang
Potong kol yang bulan jadi 7 atau 8 bagian memanjang. Biarkan saja lapisannya. Bilas dengan air dan tiriskan. Panaskan oven atau microwave. Taruh kol dalam loyang, taburi minyak zaitun, garam, lada atau saus asam manis.

Berikan keju parmesan di bagian atasnya. Perpaduan rasa manis, pedas dan gurih akan sangat memanjakan lidah. Kol panggang ini bisa jadi camilan sehat.

- Kol kukus isi daging
Buat tumisan daging dengan saud tomat seperti saus spaghetti. Ambil kol yang lebar lalu isi dengan saus daging tersebut kemudian lipat. Buat 5 hingga 10 buah kemudian kukus 10 menit dan angkat. Sajikan dengan nasi hangat atau makan dengan roti.

 Kol kukus

- Jadi pembungkus daging bakar
Cara ini banyak dilakukan warga Korea. Memanggang daging lalu menaruhnya dalam kol, mencampurnya dengan saus gurih serta sayur kemudian dimakan langsung. Manis kol akan sangat 'kawin' dengan gurihnya daging.

(ism, Sumber: Huffingtonpost)

 

5 dari 5 halaman

Kunci Olahan Pasta Jadi Lebih Gurih dan Lezat

Dream - Pasta merupakan hidangan Italia yang sangat populer. Selain lezat, pasta juga mudah dibuat. Namun ternyata memasak pasta tak sekadar merebusnya saja di dalam air.

Menurut pakar pasta Italia, Giovanni Rana, pasta harus dimasak sesuai dengan petunjuk di bagian kemasan. Hal ini dilakukan karena pasta memiliki tekstur yang berbeda di setiap daerah.

Contohnya pasta dari Italia bagian utara yang cenderung lebih lunak. Sedangkan masyarakat bagian selatan menyukai pasta yang lebih keras.

 Pasta

Selain teknik merebus, Giovanno menyarankan untuk memperhatikan jumlah saus pasta. Sahabat Dream tidak perlu menuangkan terlalu banyak saus ke dalam pasta.

" Ketika Anda membuat pasta, cukup tambahkan minyak zaitun extra virgin dan taburan parmigiana reggiano. Jika ingin lebih meningkatkan rasa, gunakan saus instan tetapi hanya satu sendok kecil saja,” kata Giovanno, dilansir dari Mirror.

Tak perlu teknik khusus untuk merebus pasta sederhana, namun jika ingin membuat pasta isi seperti tortellini dan raviolli, pastikan untuk mengisi pasta dengan jumlah secukupnya.

 Pasta 

Hal ini dilakukan untuk menjaga komposisi rasa. Jangan sampai isian pasta terlalu menutupi cita rasa asli pasta dan saus itu sendiri.

Selamat mencoba, Sahabat Dream!

(Sah, Laporan: Ratih Permata Sari)

 

Beri Komentar
Bukan Pertama Kali, Ini Deretan Kebrutalan Anjing Milik Bima Aryo